RANCAH POST – Cara menginstal aplikasi dari sumber tidak dikenal di hp Samsung tidaklah serumit dengan apa yang kamu bayangkan. Sebab untuk melakukan hal ini sudah tersedia fitur khusus yang bisa kamu aktifkan dari menu Pengaturan.

Ya, berbeda dengan menginstal aplikasi dari Google Play Store, untuk dapat memasang aplikasi yang diunduh dari luar Play Store kamu wajib mengaktifkan yang nama fitur unknown sources alias sumber tidak dikenal.

Perlu diketahui bahwa pada saat pertama kali hp Android yang kamu miliki dinyalakan atau setelah di reset ke pengaturan pabrik, fitur unknown sources secara default berada dalam keadaan nonaktif.

Nah, di beberapa hp Android Samsung keluaran terbaru setelan untuk menginstal aplikasi dari sumber tidak dikenal bukan lagi di menu Keamanan, melainkan sudah dipindahkan ke menu perizinan di tiap-tiap aplikasi.

Cara Menginstal Aplikasi Dari Sumber Tidak Dikenal Samsung

Dari Google Chrome

Jika kamu berniat untuk menginstal aplikasi yang didownload dari Google Chrome, tinggal klik file aplikasi yang sudah kamu download > Klik Open.

Nantinya akan muncul jendela pop up bertuliskan “Demi keamanan, ponsel Anda tidak diizinkan menginstal aplikasi yang tidak dikenal dari sumber ini”, kamu hanya tinggal mengklik tombol Settings.

Pengaturan Sumber tidak dikenal Samsung
Pengaturan Sumber tidak dikenal Samsung. (SS)

Kemudian secara otomatis kamu akan dibawa ke halaman Instal Aplikasi yang Tidak Dikenal, disini kamu hanya perlu mengklik tombol slider yang berada di samping kanan menu Izinkan Dari Sumber Ini.

Install unknown apps
Install unknown apps. (SS)

Setelah itu, kamu bisa kembali ke menu sebelumnya klik Instal aplikasi tadi dan secara otomatis aplikasinya akan diinstal.

Dari File Manager

Lalu apa jadinya jika aplikasi yang ingin dipasang filenya tersimpan di File Manager? Permasalahan ini biasanya kerap dialami oleh pengguna yang hobi berbagai aplikasi via Bluetooth.

Caranya sedikit beda dengan yang pertama, dimana kamu harus masuk dulu ke menu Pengaturan > Apps > klik icon titik tiga di pojok kanan atas layar.

Setelan Sumber tidak dikenal Samsung
Setelan Sumber tidak dikenal Samsung. (SS)

Pilih Special Access > Install Unknown Apps > Cari aplikasi My Files > lalu aktifkan tombol di samping menu Allow From This Source.

Cara instal aplikasi dari sumber tidak dikenal
Cara instal aplikasi dari sumber tidak dikenal. (SS)

Selesai, kini kamu tinggal mencari letak file aplikasi yang ingin diinstal dari File Manager.

Jika kamu ingin menginstal aplikasi dari sumber lain contohnya dari SHAREit, tinggal lakukan proses yang sama seperti di atas.

BACA JUGA: Cara Sadap WA Jarak Jauh Tanpa Aplikasi

Itulah cara menginstal aplikasi sumber tidak dikenal di hp Samsung, semoga penjelasannya mudah dimengerti dan bermanfaat.

Share.

Leave A Reply