RANCAH POST – Jajaran iPhone 13 resmi diperkenalkan ke publik pada bulan September lalu. Sama seperti pendahulunya, seri iPhone 13 juga sudah dipastikan bakal diboyong oleh Apple ke pasar Indonesia.

Sebelumnya keempat line up iPhone 13 yang terdiri dari iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max telah mengantongi sertifikat TKDN, dan sekarang kempat ponsel tersebut sudah mejeng di situs Postel.

Di situs Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) ada empat perangkat yang diajukan oleh PT. Apple Indonesia mulai dari A2628, A2633, A2638, dan A2643. Kempat perangkat iPhone tersebut dinyatakan telah lolos uji sertifikasi dan kompak mengantongi nilai TKDN sebesar 30%.

iPhone 13 TKDN
iPhone 13 TKDN. (SS)

Lembar sertifikat yang diterbitkan oleh website TKDN Kemenperin memang tidak mengungkap secara detail nama (brand) dari masing-masing nomor model di atas.

Tapi keempat nomor model yang tercantum dalam sertifikat bernomor 10422/SJ-IND.8/TKDN/9/2021 itu sesuai dengan iPhone 13 Mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max yang telah dijual terlebih dahulu di pasar Eropa.

Hal ini kemudian dibuktikan oleh situs Postel Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang mencatat secara gamblang bahwa keempat nomor model tadi memang benar merupakan milik dari iPhone 13 Series.

iPhone 13 Postel
iPhone 13 Postel. (SS)

Sayang, meski keempat model iPhone 13 Series ini sudah lolos uji sertifikasi TKDN dan Postel, masih belum diketahui kapan iPhone 13 akan diluncurkan di Indonesia.

Berkaca dari iPhone 11 dan iPhone 12 Series, jajaran iPhone 13 juga kemungkinan baru akan rilis di Indonesia pada bulan Desember mendatang atau tepat dua bulan setelah diluncurkan secara global.

Sekedar informasi, iPhone 12 pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober 2020 dan baru masuk Indonesia pada pertengah bulan Desember di tahun yang sama.

Menyoal desain dan spesifikasi, keempat model iPhone 13 memiliki desain bisa dibilang sangat mirip satu sama lain, dimana bingkainya sama-sama dibuat datar dengan ujung agak menyiku.

Layarnya juga kompak menggunakan panel berjenis Super Retina XDR Display. Hanya saja, masing-masing model memiliki ukuran yang berbeda. iPhone 13 mini punya ukuran layar 5.4 inci, iPhone 13 dan 13 Pro mengusung layar 6.1 inci sedangkan iPhone 13 Pro Max punya layar lebih luas yang mengukur diagonal 6.7 inci.

BACA JUGA: Apple Siapkan iPhone SE Generasi Ke-3, Sudah 5G dan Pakai Chip A15 Bionic

Selain itu, keempatnya juga sama-sama dipersenjatai prosesor terbaru bikinan Apple sendiri, yakni A15 Bionic.

Share.

Leave A Reply