RANCAH POST – Apple digadang-gadang sedang menggarap iPhone SE generasi ke-3, informasi mengenai keberadaan suksesor dari iPhone SE 2020 tersebut pertama kali ditulis oleh blog Apple asal Jepang, Mac Otakara.

Laporan terbaru menyebut bahwa iPhone SE generasi ke-3 akan hadir dengan dukungan internet 5G dan chipset Apple A15 Bionic seperti jajaran iPhone 13. Namun spesifikasi lain yang dibawanya tidak mengalami peningkatan yang terlalu besar.

Berkaca dari iPhone SE generasi pertama yang mengcopy desain iPhone 5s pada tahun 2016 serta iPhone SE 2020 yang mengusung desain iPhone 6. iPhone SE generasi terbaru ini juga disinyalir bakal punya kemiripan desain dengan seri iPhone terdahulunya.

Dilansir laman 9to5mac, Senin (11/10/2021), iPhone SE gen-3 dikatakan masih akan menggunakan layar Retina HD 4.7 inci alias mirip dengan iPhone SE 2020. Bahkan, perangkat ini masih akan mengadopsi Touch ID (tombol Home) di bagian depan.

Meski begitu, iPhone SE 3 disebut bakal membawa chipset A15 Bionic. A15 Bionic adalah prosesor terbaru Apple yang saat ini menjadi otak pacu di seri iPhone 13.

iPhone SE 3 mungkin akan menjadi hp 5G Apple termurah untuk tahun depan, mengingat label harga dari kedua seri pendahulunya yang cukup terjangkau.

Sumber mengatakan bahwa iPhone SE 3 akan diproduksi mulai akhir Desember tahun ini, sedangkan peluncurannya baru akan dilakukan pada musim semi di tahun 2022. Krisis pasokan chip global yang sedang terjadi saat ini diharapkan tidak berimbas pada penundaan peluncuran iPhone SE 3.

Di Tengah ketidakpastian itu, semua seri iPhone 13 sudah menunjukan tanda-tanda kehadirannya di Indonesia setelah situs TKDN menerbitkan sertifikat bernomor 10422/SJ-IND.8/TKDN/9/2021.

Dalam sertifikat tersebut ada empat perangkat yang didaftarkan, yaitu Apple iPhone model A2628, A2633, A2638 dan A2643. Keempat perangkat tersebut sama-sma mendapat nilai TKDN sebesar 30%.

Setelah ditelusuri, keempat nomor model tersebut merupakan milik dari iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Hal ini menandakan bahwa keempat ponsel itu sudah siap untuk dijual kepada konsumen di Indonesia.

Selain TKDN, perangkat tersebut juga harus lebih dulu memiliki sertifikat Postel dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

BACA JUGA: Resmi! Inilah Daftar Harga Apple iPhone 13 Series

Namun sayang, sertifikat Postel untuk jajaran iPhone 13 ternyata belum muncul. Besar kemungkinan bahwa keempatnya masih dalam tahap proses pengujian.

Share.

Leave A Reply