Aplikasi identifikasi tanaman dibutuhkan oleh orang-orang yang ingin mengetahui jenis tanaman. Untuk itu, kalian harus menginstall aplikasi tersebut di smartphone.

Cukup dengan foto atau scan saja, kita pun bisa mendeteksi tanaman secara mudah. Hal tersebut karena adanya teknologi machine learning atau kecerdasan buatan (AI).

Sehingga jika sekarang kamu melihat sekuntum bunga dan ingin mengetahui jenis tanamannya, bisa banget mengandalkan aplikasi untuk mengidentifikasi tanaman.

Aplikasi tersebut tersedia untuk smartphone Android dan iOS. Kita pun hanya perlu memilih salah satu aplikais sesuai dengan keinginan.

Tapi jika masih bingung, Rancah Post telah menyiapkan beberapa rekomendasinya pada artikel ini.

Daftar Aplikasi Identifikasi TanamanĀ  di HP Android dan iPhone

Langsung saja, berikut ini beberapa aplikasi yyang bisa digunakan untuk mengidentifikasi tanaman secara praktis dan mudah.

Google Lens (Android)

Google Lens Android
Google Lens. (IST)

Aplikasi yang pertama ini memiliki banyak fitur terbaik, mulai dari pindai dan terjemahkan teks, identifikasi hewan dan tumbuhan, jelahahi tempat di sekitarmu dan lainnya.

Nama aplikasi tersebut adalah Google Lens. Salah satu fiturnya memungkinkanmu mengidentifikasi jenis tumbuhan yang ingin kamu ketahui.

Cara penggunaannya sangat mudah, kamu cukup mengambil gambar dan Google Lens pun akan menampilkan hasilnya disertai foto, daftar konten terkait hingga gambar serupa.

PictureThis – Aplikasi Identifikasi Tanaman (Android dan iOS)

PictureThis Aplikasi Identifikasi Tanaman Android dan iOS
PictureThis – Plant Identifier. (IST)

PictureThis – Plant Identifier dapat digunakan di smartphone Android dan iOS dalam versi gratis atau berbayar.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, dinavigasi, dan menampilkan hasil pencarian yang sangat baik. Sehingga kamu bisa mencari tahu terkait informasi jenis tanaman yang kamu tidak ketahui.

Ketika kamu menggunakannya dalam versi premium, maka kamu bisa mengidentifikasi tanaman tanpa batas dan tanpa adanya iklan yang mengganggu.

BACA JUGA: Aplikasi Desain Furniture Android yang Dilengkapi Fitur Canggih

PlantSnap (Android dan iOS)

PlantSnap Android dan iOS
PlantSnap. (IST)

Ketika kamu ingin mneggunakan PlantSnap untuk mengidentifikasi tanaman, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengambil foto tanaman tersebut.

Setelah itu, aplikasi ini akan mengidentifikasi secara otomatis foto telah diambil. Berbagai informasi terkait tanaman tersebut pun akan tampil.

Mulai dari nama, dan informasi lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk kamu yang mau mempelajari tanaman tersebut.

Plant Identification ++ – Aplikasi Identifikasi Tanaman iPhone

Plant Identification Aplikasi Identifikasi Tanaman iOS
Plant Identification ++. (IST)

Plant Identification ++ sangat praktis dan mudah untuk digunakan mengidentifikasi tanaman. Caranya cukup dengan memotret tanaman atau mengambil dari album foto.

Setelah itu, aplikasi akan mencari basis datanya dan menampilkan hasilnya secara akurat. Foto yang sudah diambil tadi akan disimpan di bagian My Collections.

Plant Identification ++ dapat digunakan secara gratis dan premium. Untuk versi premium pastinya kamu bisa mengakses secara lebih leluasa.

Leafsnap (Android dan iOS)

Leafsnap Android dan iOS
Leafsnap. (IST)

Kesulitan menentukan genus bunga liar yang indah? Jika iya, silakan cari tahu informasi tersebut dengan menggunakan aplikasi bernama Leafsnap.

Aplikasi ini memiliki kemampuan mengenali 90% dari semua spesies tanaman dan pohon yang mencakup hampir semua spesies yang kamu temui.

Leafsnap dilengkapi dengan fitur mengenali ribuan tanaman, bunga, buah, dan pohon dengan mengandalkan kecerdasan buatan yang canggih.

Untuk pengguna yang ingin menggunakannya, bisa langsung mendownload Leafsnap melalui Google Play Store secara gratis.

iNaturalist (Android dan iOS)

iNaturalist Android dan iOS
iNaturalist. (IST)

iNaturalist merupakan aplikasi identifikasi tanaman dan hewan yang juga tak kalah bagus untuk digunakan.

Menariknya, di aplikasi ini kamu bisa bergabung dengan komunitas yang terdiri dari 400 ribu ilmuwan dan natularis, di mana mereka akan membantumu belajar tentang alam.

Terdapat fitur utama di aplikasi ini, seperti temukan spesies-spesies yang belum pernah kamu lihat, catat observasimu dan bagian dengan kumintas, dan masih banyak yang lainnya .

NatureID: Plant Identification (iPhone)

NatureID Plant Identification iOS
NatureID: Plant Identification. (IST)

Aplikasi terakhir yang dibahas ada NatureID: Plant Identification. Ketika kamu mengidentifikasi bunga dengan gambar, aplikasi ini menarik kartu ID di atasnya.

Dan kartu ID itu berisi nama tanaman, taksonomi, daftar subspesies, budidaya dan penggunaan praktis untuk tanaman, dan informasi serta bagian tambahan jika diperlukan.

BACA JUGA: Aplikasi Pencari Gambar Terbaik yang Recommended Digunakan

Itulah beberapa aplikasi identifikasi tanaman yang memiliki fitur terbaik dan beragam. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply