Ingin mengetahui kecepatan internet di HP kamu? Jika iya, kamu bisa melakukannya dengan mudah menggunakan aplikasi cek kecepatan internet.

Biasanya seseorang ingin mengetahui kecepatan internet saat akan bermain game, browsing, membuka aplikasi media sosial atau aktivitas lain yang membutuhkan koneksi internet yang bagus.

Selain itu, mengecek kecepatan internet juga kerap dilakukan oleh pengguna untuk keperluan-keperluan tertentu.

Nah, buat kamu yang masih bingung mau menggunakan aplikasi apa saat akan mengecek kecepatan internet, kali ini kami telah menyiapkan rekomendasinya.

Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa aplikasi di bawah ini untuk di-download di smartphone Android-mu.

Daftar Aplikasi Cek Kecepatan Internet di HP Android

Berikut ini beberapa aplikais tes kecepatan internet terbaik yang dapat diinstall secara mudah dan graris di HP.

Meteor: Speed Test for 3G, 4G, 5G Internet & WiFi

Meteor Speed Test for 3G 4G 5G Internet WiFi
Meteor: Speed Test for 3G, 4G, 5G Internet & WiFi. (IST)

Sesuai namanya Meteor: Speed Test for 3G, 4G, 5G Internet & WiFi merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek kecepatan internet di berbagai jaringan.

Mulai koneksi jaringan 3G, 4G LTE, 5G, hingga untuk kecepatan WiFi. Aplikasi ini dapat menampilkan kecepatan download, detail kecepatan upload dan ping.

Kemudian, Meteor: Speed Test for 3G, 4G, 5G Internet & WiFi juga dilengkapi dengan fitur ekstra yang akan menampilkan apakah sejumlah aplikasi terpilih seperti Chrome, Maps, dan YouTube dapat berjalan secara maksimal pada koneksi internetmu.

Speedtest – Aplikasi Cek Kecepatan Internet

Speedtest Aplikasi Cek Kecepatan Internet
Speedtest oleh Ookla Test Internet Speed. (IST)

Kamu bisa menggunakan Speedtest untuk uji koneksi kurang dari 30 datik hanya dalam satu sentuhan saja, tentunya hasil yang ditampilkan pun akurat.

Selain kecepatan internet pada data seluler, aplikasi besutan Ookla ini mampu mengecek kecepatan pada jaringan WiFi.

Speedtest dapat digunakan untuk mengecek kecepatan, download, ping, hingga mengetahui resolusi ideal untuk streaming. Untuk dapat bekerja secara maksimal, aplikasi ini nantinya akan meminta akses lokasi, dan lainnya.

Menariknya lagi, tersedia layanan VPN gratis dengan limit 2GB/bulan. Kalau mau mengakses unlimited, maka kamu harus berlangganan terlebih dahulu.

BACA JUGA: Aplikasi Pengunci Sinyal 4G LTE, Main Gim Bebas Lag!

Simple Speedcheck

Simple Speedcheck
Simple Speedcheck. (IST)

Berikutnya ada Simple Speedcheck, dari namanya saja kita bisa tahu jika aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam penggunaannya.

Aplikasi berukuran 17 MB ini memiliki fitur ping monitor, di mana dapat membantu pengguna memantau ping sekaligus mengetahui ketika ada masalah pada koneksi.

Selain itu, terdapat juga fitur riwayat untuk melihat hasil pengecekan yang sudah dilakukan. Kamu bisa menggunakan Simple Speedcheck secara gratis dan berbayar.

SPEEDCHECK – Aplikasi Cek Kecepatan Internet

SPEEDCHECK Aplikasi Cek Kecepatan Internet
SPEEDCHECK – Speed Test – Tes kecepatan. (IST)

Selain tiga aplikasi tadi, kamu juga bisa menggunakan SPEEDCHECK untuk mengecek kecepatan internet dan mengukur kinerja internet di perangkatmu.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pemeriksaan otomatis, bahkan bisa menjadwalkan tes kecepatan secara berkala untuk memonitor kecepatan internet.

SPEEDCHECK dapat digunakan sebagai pengukur kecepatan internet untuk koneksi seluler (LTE, 4G, 3G) dan WiFi.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Jika tertarik, silakan unduh sekarang juga di perangkat Android-mu.

Internet Speed Test

Internet Speed Test
Internet Speed Test. (IST)

Tak kalah bagus dari beberapa aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya, Internet Speed Test juga memiliki kemampuan untuk menguji kecepatan koneksi internet, baik 2G, 3G, 4G, 5G, maupun WiFi.

Aplikasi ini dilengkapi juga dengan antarmuka yang modern dan intuitif sehingga tak heran jika sudah banyak pengguna yang mendownload-nya.

Internet Speed Test pun sangat praktis, sehingga kamu tak perlu melakukan pengujian secara berulang untuk mengetes koneksi data atau kecepatan download.

Pasalnya, aplikasi ini memberikan kemudahan dengan pengujian koneksi data sekaligus kecepatan download cukup dalam satu kali sentuhan.

Wifi analyzer & tes kecepatan – SpeedTest Master

Wifi analyzer tes kecepatan SpeedTest Master
Wifi analyzer & tes kecepatan – SpeedTest Master. (IST)

Aplikasi cek kecepatan internet yang berikutnya ada Wifi analyzer & tes kecepatan – SpeedTest Master. Kamu bisa menggunakannya untuk tes kecepatan WiFi, 2G, 3G, 4G, dan lainnya.

Cukup dengan sekali klik, hasil tes pun akan tampil dalam waktu kurang dari 30 detik. Aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan mengetes kecepatan unduhan dan ping.

Kemudian, tes sinyal, analisa WiFi, dan lain sebagainya. Kamu pun bisa membagikan hasil tesnya pada teman dengan cara yang mudah.

Speedcheck

Speedcheck
Speedcheck. (IST)

Aplikasi terakhir ada Speedcheck. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengatur unit default, misalnya ingin memakai kecepatan kb/s atau Mb/s.

Tidak hanya itu, kamu pun dapat menetapkan panjang pengujian untuk mengunggah atau mengunduh. Pengaturan jumlah maksimal koneksi pun dapat ditetapkan secara manual ketika melakukan pengecekan.

BACA JUGA: Aplikasi Penguat Sinyal WiFi Terbaik Anti Lemot

Itulah beberapa aplikasi untuk cek kecepatan internet, baik data seluler atau WiFi. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply