RANCAH POST – Cara jualan di Akulaku sebenarnya tak jauh berbeda dengan Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli ataupun situs jual beli online lainnya. Tertarik untuk jualan online di Akulaku? Makanya silahkan Anda simak dengan seksama artikel ini hingga tuntas.

Konsepnya hampir mirip dengan e-commerce lain, sebelum bisa berjualan Anda harus mendaftar jadi merchant Akulaku terlebih dahulu.

Lalu apa saja syarat yang diperlukan untuk bisa daftar merchant Akulaku? Anda wajib memiliki KTP, NPWP serta rekening atas nama Anda pribadi.

Cara Daftar Merchant Akulaku

Anda tidak bisa melakukan pendaftaran merchant melalui aplikasi melainkan harus menggunakan laptop atau komputer.

1. Buka aplikasi browser yang ada di laptop atau komputer Anda dan langsung saja kunjungi laman https://merchant.akulaku.com/.

2. Setelah menekan tombol register, Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan untuk menjadi penjual lokal (Local seller) atau penjual internasional (Merchant cross-border). Pilih Local seller dan tekan tombol Register Now.

Cara membuka toko di Akulaku
Cara membuka toko di Akulaku. (SS)

3. Berikutnya Anda akan diminta untuk memasukan sejumlah data-data penting dimulai dari alamat email dan membuat password.

4. Setelah itu, masukkan nama merchant atau nama toko Anda beserta alamatnya. Agar lebih mudah, Anda bisa mengatur alamat toko sesuai dengan alamat yang tertera di KTP.

5. Tahap selanjutnya, isi formulir data diri Anda mencakup nama lengkap, nomor hp yang masih aktif untuk keperluan verifikasi, foto KTP dan foto selfie sambil memegang KTP.

6. Cara daftar seller Akulaku yang berikutnya adalah memberikan informasi rekening mulai dari memilih nama bank lengkap beserta nomor rekening dan nama pemiliknya.

7. Terakhir masukkan nomor kartu NPWP Anda, nama yang tertera di NPWP, alamat di NPWP serta mengupload foto kartu NPWP. Periksa kembali semua data yang Anda isi tadi, jika dirasa sudah benar baru klik tombol Submit.

Cara buka toko di Akulaku
Cara buka toko di Akulaku. (SS)

Sekarang Anda hanya perlu menunggu notifikasi ditolak atau diterima pengajuan merchant Anda yang nantinya akan dikirim melalui email hingga 2 x 24 jam.

Jika pengajuan di acc, maka Anda akan menerima email seperti pada gambar berikut ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Agar Pengajuan Merchant Akulaku Diterima

  • Harus mendaftar menggunakan laptop / PC.
  • Satu KTP hanya boleh mendaftarkan satu akun.
  • Merchant reguler tidak diperbolehkan menggunakan nama brand dan menggunakan nama merchant dengan kata “Official Store” dan “Mall”.
  • Alamat harus lengkap (nama jalan, nomor rumah, RT, RW, dan kode pos).
  • Wajib memiliki NPWP.
  • Nama kontak harus diisi lengkap sesuai dengan KTP, NPWP, dan penerima rekening yang beratas namakan identitas yang sama.
  • Nomor telepon harus aktif dan memiliki kontak WhatsApp.
  • Foto KTP, Foto selfie memegang identitas, dan NPWP harus jelas.
  • Penerima rekening harus sesuai dengan data di KTP.

Cara Jualan di Akulaku

Jika pengajuan merchant telah disetujui, bukan berarti Anda bisa langsung berjualan. Sebab, produk yang diupload akan diverifikasi terlebih dahulu oleh pihak Akulaku dalam 1 x 24 jam.

1. Kunjungi laman https://merchant.akulaku.com/ di laptop atau komputer Anda, lalu masukkan alamat email dan password sesuai dengan yang didaftarkan sebelumnya.

Daftar Merchant Akulaku
Daftar Merchant Akulaku. (SS)

2. Gulir ke bawah dan carilah menu Buat Produk Baru.

3. Setelah itu, tinggal pilih kategori dari produk yang hendak Anda jual lengkap nama produk, merek, harga, gambar, deskripsi dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Cara Bayar Tagihan Akulaku Lewat Aplikasi DANA

Demikianlah pembahasan mengenai cara jualan di Akulaku. Sangat mudah bukan?

Share.

Leave A Reply