RANCAH POST – Sempat dibocorkan oleh sejumlah leaker gadget kondang, Oppo akhirnya resmi memperkenalkan smartphone premium terbarunya, yaitu Oppo Find X3 Pro Photographer Edition hasil kerja samanya dengan Kodak.

Ya, desain Oppo Find X3 Pro Photographer Edition terinspirasi dari kamera legendaris Kodak 35 Rangefinder pabrikan tahun 1983.

Bodi belakang ponsel ini terbuat dari bahan kaca metalik dan kulit. Bagian metalik dibuat menggunakan proses Fog AG sehingga memberikan tekstur logam dengan cat perak, sedangkan bagian kulit didesain berbutir yang membuat terasa jadi makin premium serta nyaman dalam genggaman.

Desain Oppo Find X3 Pro Photografer Edition
Desain Oppo Find X3 Pro Photografer Edition. (IST/Oppo)

Akan tetapi, meskipun Find X3 Pro Photographer Edition dikatakan sebagai jelmaan dari Kodak 35 Rangefinder, tidak ada peningkatan yang mencolok pada sektor kameranya.

Kamera ponsel ini masih sama seperti Find X3 Pro reguler, dimana untuk kamera belakang Oppo membekalinya dengan sistem Quad Camera yang terdiri dari kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX766.

Sementara itu, ketiga kamera sisanya adalah ultrawide 50 MP (Sony IMX766), lalu kamera telephoto 13 MP dan kamera macro 3 MP. Begitu pun kamera depannya yang masih beresolusi 13 MP.

Dikutip dari Gizmochina, Jumat (17/09/2021), kamera Oppo Find X3 Pro Photographer Edition mendukung pemotretan long-exposure dan menyediakan pemotretan format super RAW.

Sedangkan untuk urusan perekaman video, terdapat mode film format log yang dikombinasikan dengan warna 10 bit sehingga dapat mempertahankan dynamic range tinggi. Selain itu, kamera hp ini juga mampu digunakan untuk melakukan perekaman video 4K dan HDR.

Di sektor jeroan, Find X3 Pro Photographer Edition dipacu oleh prosesor Snapdragon 888 yang dipasangkan dengan RAM LPDDR5 16 GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 berkapasitas 512 GB.

Soal catu daya tertanam baterai dual cell berdaya tampung 2.200 mAh dan 2.250 mAh (total 4.7500 mAh) yang dilengkapi teknologi pengisian daya cepat SuperVOOC 2.0 65W. Perusahaan asal China tersebut mengklaim jika SuperVOOC 2.0 65W bisa mengisi daya hingga 40 persen hanya dalam waktu 10 menit.

Smartphone yang memiliki ketebalan bodi 9.10 mm dan bobot 196 gram ini berjalan di sistem operasi Color0S 12 berbasis Android 11.

BACA JUGA: Spesifikasi dan Tanggal Peluncuran Oppo K9 Pro Mulai Terendus

Perihal harga, Find X3 Pro Photographer Edition dijual di China dengan banderol 6.499 yuan (sekitar Rp 14.3 juta). Belum diketahui apakah ponsel ini akan tersedia secara global atau tidak.

Share.

Leave A Reply