RANCAH POST – Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung, secara diam-diam telah meluncurkan smartphone seri Galaxy M terbarunya di Jerman yang bernama Samsung Galaxy M22.

Dilihat dari penamaannya, ponsel ini tampaknya dihadirkan sebagai suksesor dari Galaxy M21 yang memulai debutnya di kancah global pada Maret tahun lalu.

Urusan spek, Galaxy M22 hadir dengan layar Super AMOLED seluas 6.4 inci yang memberikan resolusi HD+ (720 x 1.600 piksel) dan refresh rate 90 Hz.

Layar ponsel ini memiliki poni berbentuk huruf U atau yang bisa disebut Samsung dengan julukan Infinity-U Display. Dalam poni tersebut bersemayam sensor kamera tunggal berkekuatan 13 MP dengan bukaan f/2.2 yang siap memenuhi kebutuhan selfie dan video call pengguna.

Beralih ke sisi belakang, Galaxy M22 memiliki bodi dengan motif garis-garis vertikal. Di pojok kiri atasnya ada sebuah modul persegi yang menampung empat buah kamera dengan konfigurasi 48 MP f/2.0 untuk kamera utama, 8 MP f/2.2 ultrawide, 2 MP f/2.4 macro dan 2 MP f/2.4 depth sensor.

Soal jeroan, hp Samsung M22 ditanami prosesor MediaTek Helio G80 yang merupakan chipset berfabrikasi 12 nm dan menawarkan clock speed hingga 2.0 GHz.

Untuk memberikan kinerja yang optimal, chip tersebut diramu dengan RAM 4 GB yang dikawinkan dengan memori internal 128 GB. Tak lupa, Samsung juga telah menyematkan slot kartu microSD yang memungkinkan pengguna untuk melakukan ekspansi penyimpanan hingga 1 TB.

Di departemen catu daya, ponsel ini dibekali baterai berkapasitas jumbo, yakni 5.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 25W lewat kabel USB Type-C 2.0.

Perangkat dengan dimensi bodi 159.9 x 74 x 8.4 mm dan bobot 186 gram ini menjalankan sistem operasi Android 11 yang berlapis antarmuka One UI Core 3.1.

Spesifikasi penting lain yang dibawanya mencakup slot dual SIM (nano) dengan jaringan 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS, NFC dan jack audio 3.5 mm. Di Jerman, ponsel dilepas dengan banderol 240 euro atau setara Rp 4 jutaan.

Kabar baiknya, Samsung juga dipastikan akan memboyong Galaxy M22 ke pasar Tanah Air. Indikasinya adalah kemunculan sertifikat TKDN dan Postel untuk perangkat bernomor model SM-M225FV yang tak lain dan tak bukan adalah milik Galaxy M22.

BACA JUGA: Masuk Indonesia, Harga Samsung Galaxy A52s 5G Dibanderol Segini

Kendati begitu, pihak Samsung Indonesia belum mengumumkan kapan ponsel tersebut akan diresmikan.

Share.

Leave A Reply