RANCAH POST – Sistem operasi pengganti Android bikinan Huawei, yaitu HarmonyOS telah dirilis sejak beberapa bulan lalu. Namun pada kenyataannya, sistem operasi tersebut belum tersedia di semua wilayah termasuk Indonesia.

Sekarang, penantian panjang para penggemar Huawei di Tanah Air akhirnya berbuah manis setelah perusahaan asal China itu mengkonfirmasi bahwa mereka akan menggulirkan HarmonyOS 2.0 untuk pengguna hp Huawei di Indonesia.

“Akhir tahun ini atau awal tahun depan pengguna smartphone Huawei di Indonesia sudah bisa merasakan HarmonyOS”, kata Developer Support Manager Huawei Device Indonesia, Steven Pongidin.

Steven Pongidin menjelaskan bahwa HarmonyOS dipastikan akan menyambangi perangkat flagship Huawei yang sudah rilis di Indonesia terlebih dahulu, seperti P40 Series dan Mate 40 Pro.

Sementara untuk hp Huawei model lawas, Steven mengatakan bahwa pihaknya Huawei akan melihat terlebih dahulu sudah berapa lama perangkat itu dirilis. Selain itu, perusahaan akan melakukan survei terlebih dulu untuk mengetahui jumlah penggunanya yang ada di Indonesia.

Tak hanya di smartphone, HarmonyOS 2.0 juga dipastikan hadir untuk perangkat ekosistem Huawei lainnya, seperti smartwatch dan Smart TV.

Saat ini, HarmonyOS 2.0 sebetulnya sudah tersedia di tablet MatePad 11 yang di launching Huawei pada bulan lalu. Tablet ini memiliki bodi dengan dimensi 165.3 x 253.8 x 7.25 mm dan bobot 485 gram.

Layarnya menggunakan panel berjenis IPS LCD seluas 10.95 inci dengan resolusi WQXGA (2560 x 1600 piksel) yang mampu menampilkan 16.7 juta warna seta didukung gamut warna DCI-P3.

Selain itu, layar tablet tersebut juga dibekali kemampuan refresh rate tinggi, yakni 120 Hz yang membuat tablet Huawei MatePad 11 mampu memberikan pengalaman visual yang lebih mulus dan responsif.

Untuk kinerja, tablet ini mengusung prosesor Snapdragon 865 5G (7 nm+) yang dibantu pengolah grafis (GPU) Adreno 650. Ada dua varian memori yang tersedia, yaitu 6/64 GB dan 6/128 GB. Tapi pasar Indonesia hanya kebagian varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

BACA JUGA: Huawei Umumkan Tanggal Peluncuran Nova 9 Series

Tablet Huawei MatePad 11 dijual di Indonesia dengan banderol harga Rp 7.299.000 yang bisa didapatkan di Huawei Store seluruh Indonesia.

Share.

Leave A Reply