RANCAH POST – Bulan lalu ada perangkat misterius pabrikan Huawei dengan nomor model RTE-AL00 yang muncul di database TENAA. Huawei akhirnya mengonfirmasi bahwa perangkat tersebut akan dijual ke pasaran sebagai Nova 9.

Tak hanya membeberkan identitas ponsel, raksasa teknologi asal China itu juga mengungkap tanggal peluncuran Nova 9 Series yang dijadwalkan pada 23 September mendatang di China.

Selain model reguler, Huawei juga kemungkinan akan mengikutsertakan Nova 9 Pro pada acara peluncuran tersebut. Hal ini dibuktikan lewat dokumen sertifikat FCC yang mengungkap keberadaan perangkat berkedok model RTE-AL00 dan NAM-AL00.

Listing FCC menyebut bahwa Nova 9 akan dibekali fitur pengisian daya 66W, sedangkan model Pro akan ditunjang fitur fast charging 100W. Dokumen sertifikat FCC juga mengindikasikan bahwa kedua smartphone tersebut akan tiba dengan dukungan konektivitas 4G.

Sementara itu, render yang dipajang TENAA memperlihatkan bahwa penerus dari Huawei Nova 8 ini akan memiliki modul kamera belakang yang mirip dengan flagship P50.

Bedanya, kamera utama Nova 9 akan ditempatkan di lingkaran paling atas, sedangkan ketiga kamera lainnya akan ditumpuk di lingkaran paling bawah.

Huawei Nova 9 Series diduga kuat akan menggunakan panel layar berjenis OLED dengan sensor pemindai sidik jari yang sudah terintegrasi di dalamnya serta menjalankan sistem operasi HarmonyOS 2.0.

Belum lama ini, seorang pembocor gadget asal China dengan identitas Bald Panda juga ikut serta membagikan bocoran Nova 9 Series di Weibo. Leaker tersebut menuturkan bahwa versi reguler akan dibekali baterai 4.500 mAh, sedangkan model Pro akan mengusung baterai yang lebih kecil, yakni 4.000 mAh.

Hingga sejauh ini belum diketahui jenis prosesor yang akan dibenamkan Huawei ke dalam seri Nova terbarunya itu apakah MediaTek, Snapdragon atau justru Kirin rakitan perusahaan sendiri.

Di lain sisi, dua ponsel seri Nova terdahulu yaitu Nova 5i dan Nova 4e disebut-sebut akan segera mendapatkan versi beta dari sistem operasi HarmonyOS 2.0.

BACA JUGA: Huawei Nova 8 SE Active Edition Rilis Secara Diam-diam, Ini Spesifikasinya

Kabar tersebut memang sejalan dengan rencana Huawei yang beberapa bulan lalu mengumumkan bahwa mereka akan OS terbarunya itu ke lebih dari 100 juta perangkat Android lama di kampung halamannya.

Share.

Leave A Reply