Ada banyak aplikasi yang telah tersedia dan bisa digunakan di smartphone Android dan iOS. Namun, ternyata ada beberapa jenis aplikasi yang membuat baterai cepat habis.

Setiap orang tentunya ingin baterai ponselnya awet dan tidak cepat habis saat dipakai. Namun, perlu kamu tahu juga kalau setiap aplikasi membutuhkan daya yang berbeda-beda.

Akan tetapi, tanpa kita sadar penggunaan aplikasi-aplikasi secara berlebihan tentunya bisa menguras baterai ponselmu. Sehingga setiap harinya kamu harus men-charger berkali-kali.

Untuk mengetahui jenis-jenis aplikasi yang harus lebih diperhatikan penggunaannya, langsung saja ini dia aplikasi-aplikasi yang bisa bikin boros baterai ponselmu.

Daftar Aplikasi yang Membuat Baterai Cepat Habis

Penasaran apa saja aplikasinya? Simak satu persatu pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Google Maps

Google Maps
Google Maps. (IST)

Aplikasi pertama yang akan dibahas adalah Google Maps. Aplikasi bawaan milik Google ini mengonsumsi daya baterai cukup karena adanya fitur GPS.

Hampir sama seperti streaming, GPS memerlukan koneksi yang konstan ke server untuk melacak pergerakan ponsel.

Facebook – Aplikasi yang Membuat Baterai Cepat Habis

Facebook Aplikasi yang Membuat Baterai Cepat Habis
Facebook. (IST)

Facebook adalah aplikasi media sosial yang sangat populer digunakan oleh banyak orang. Semakin sering dan semakin lama kita membuka aplikasi Facebook, semakin cepat pula daya baterai terkuras.

Notifikasi yang diterima setiap kali membuka aplikasi ini juga bisa bikin baterai jadi boros. Selain itu, Facebook bisa menyedot daya baterai ketika berjalan di latar belakang.

BACA JUGA: Aplikasi Pendingin HP Android Terbaik

Instagram

Instagram
Instagram. (IST)

Selain Facebook, Instagram juga menjadi aplikasi yang bisa bikin baterai HP jadi lebih boros. Hal tersebut karena kebutuhan aplikasi media sosial ini dalam menggunakan koneksi terbilang cukup pasar.

Tak heran, karena Instagram harus mendownload gambar dan video. Jadi semakin lama kamu scroll media sosial ini sampai HP panas, itu tandanya Instagram menyedot banyak daya baterai.

Twitter – Aplikasi yang Membuat Baterai Cepat Habis

Sama seperti Facebook dan Instagram, Twitter juga menjadi salah satu aplikasi media sosial yang memakan daya baterai cukup banyak.

Aplikasi ini akan selalu aktif untuk memperbarui unggahan (video dan foto) atau cuitan dari para pengguna yang telah kamu follow di Twitter.

Clean Master

Clean Master merupakan aplikasi pembersih RAM dan sampah di smartphone yang kerap digunakan oleh banyak pengguna Android.

Akan tetapi, tak banyak yang tahu jika aplikasi ini juga termasuk aplikasi yang membuat daya baterai ponsel cepat habis.

Hal tersebut karena Clean Master secara terus-menerus mengecek ponselmu agar performanya terjaga dengan baik. Tapi efeknya adalah penggunaan baterai ponsel jadi semakin besar.

YouTube

YouTube
YouTube. (IST)

YouTube menjadi salah satu aplikasi streaming video yang menjadi sumber hiburan bagi para penggunanya. Mulai dari menonton podcast, streaming musik, menonton musik video, vlog, dan masih banyak yang lainnya.

Ketika kita menonton banyak video atau durasinya lama, otomatis membuat layar ponsel tetap menyala untuk waktu yang lama. Sehingga hal tersebut bisa mengurasi daya baterai HP kamu.

WhatsApp

WhatsApp
WhatsApp. (IST)

WhatsApp juga termasuk yang membuat baterai ponsel kita cepat habis. Pasalnya, aplikasi chatting sejuta umat ini berjalan di latar belakang. Jadi walaupun kamu menutupnya, WhatsApp tidak berhenti bekerja.

Apalagi aplikasi ini sering kita gunakan sepanjang hari, dan terus membangunkan ponsel dari status layar mati menjadi menyala saat ada notifikasi.

BACA JUGA: Aplikasi Penghemat Baterai Paling Ampuh Terbaik Tahun Ini

Demikianlah beberapa aplikasi yang membuat baterai HP cepat habis yang telah selesai dibahas satu persatu. Untuk lebih menghemat baterai, kamu bisa menyiasatinya dengan mengurangi penggunaan atau menghapus aplikasi yang dirasa tidak terlalu dibutuhkan.

Share.

Leave A Reply