Typing atau Sedang Mengetik menjadi salah satu fitur yang ada di WhatsApp. Tapi banyak orang yang penasaran, adakah cara agar WhatsApp tidak terlihat sedang mengetik?

Salah satu orang yang penasaran mungkin juga termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini. Jika iya, berarti itu sangat tepat karena di sini kami akan membahas tutorial lengkapnya.

Bagi beberapa orang, kehadiran fitur Typing atau Sedang Mengetik ternyata membuat mereka merasa kurang nyaman. Tulisan “Sedang mengetik” biasanya akan muncul ketika seseorang sedang mengetik untuk mengirim pesan kepadamu.

Sebaliknya, tulisan tersebut juga akan tampil di WhatsApp orang lain ketika kamu sedang mengetik dan hendak mengirimkannya ke orang tersebut.

Walaupun adanya tulisan “Sedang Mengetik” itu terlihat sepele, nyatanya banyak orang yang ingin menyembunyikannya.

Pasalnya, mereka ingin mengetik pesan dalam waktu yang lama tanpa membuat si penerima pesan menunggu karena adanya tulisan “Sedang Mengetik”.

Tapi, saat mencari cara untuk menghilangkan tulisan sedang mengetik di WhatsApp (WA) biasanya, kamu tidak menemukan opsi untuk mematikannya.

Tenang saja, ada alternatif cara lain kok yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan status sedang mengetik di WA.

Cara Agar WhatsApp Tidak Terlihat Sedang Mengetik

Berikut ini cara agar WA tidak terlihat sedang mengetik tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan lainnya. Simak baik-baik tutorialnya.

Matikan data seluler/WiFi

Seperti kita tahu, WhatsApp bisa digunakan ketika tersambung ke jaringan internet, baik itu paket data atua jaringan WiFi.

Mulai dari chatting atau menelepon ponsel kita harus terkoneksi internet. Otomatis, saat data seluler atau WiFi ponselmu dimatikan, maka WhatsApp tidak bisa digunakan.

Jadi, untuk mengakali WhatsApp agar tidak terlihat sedang mengetik, caranya adalah dengan mematikan koneksi internet.

Dengan begitu, semua fitur-fitur di WA di ponselmu tidak berfungsi, termasuk tulisan sedang mengetik pun tidak akan muncul.

Setelah mematikan koneksi internet (WiFi/data seluler), silakan buka aplikasi WhatsApp dan mulailah mengetik.

Jika sudah selesai, kirim pesan tersebut dan nyalakan kembali koneksi internetnya. Pesan pun akan terkirim tanpa ada tulisan sedang mengetik. Mudah banget, kan?

Aktifkan mode pesawat

Selain mematikan data seluler atau WiFi, cara agar WhatsApp tidak terlihat sedang mengetik adalah dengan mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) ketika hendak membalas chat.

Setelah selesai mengetik, kirim pesan tersebut dan matikan mode pesawat. Pastikan data seluler atau WiFi sudah aktif lagi, dan pesan pun akan terkirim ke si penerima.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Nama di WhatsApp Agar Jadi Kosong

Mengetik di chat room atau aplikasi lain

Cara agar WhatsApp tidak terlihat sedang mengetik yang terakhir adalah mengetik di chat room atau aplikasi lain.

Cara ini mungkin sedikit ribet dan tetap worth it untuk dilakukan agar menghilangkan bacaan sedang mengetik.

Contoh untuk mengetik di chat room adalah ketika kamu hendak mengirim pesan ke si A, tapi mengetiknya di chat room si B.

Dengan begitu, si A tidak tahu kamu sedang mengetik untuk mengirim pesan kepadanya. Setelah itu, copy-paste pesan tersebut ke chat room si A.

Selain itu, kamu juga bisa mengetik di aplikasi yang berbeda. Misalnya di aplikasi pesan biasa atau di notes. Langkah selanjutnya sama, yakni copy-paste pesannya ke chat room yang dimaksud.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Suara Video di Status WA Sebelum Dikirimkan

Demikianlah tata cara agar WhatsApp tidak terlihat sedang mengetik tanpa perlu aplikasi tambahan, cara ini tentu bisa dilakukan di Android dan iPhone.

Share.

Leave A Reply