RANCAH POST – Pandemi Covid 19 yang saat ini masih berlangsung jelas menjadikan dunia pendidikan menjadi ‘lumpuh’. Kendati demikian, hal tersebut tidak menyurutkan MTsN 5 Ciamis untuk selalu berbenah menjadi salah satu madrasah di Kabupaten Ciamis yang memiliki segudang prestasi.

Madrasah yang dulu bernama MTs Negeri Cisontrol kini tengah berbenah menuju Madrasah Adiwiyata tingkat nasional. Adiwiyata sendiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada madrasah/sekolah yang berhasil mewujudkan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan di sekolah.

Jalan panjang menuju Madrasah Adiwiyata tingkat nasional ini tidak terlepas dari sosok Kepala MTsN 5 Ciamis, Sukmawan, S.Pd.I.,M.Si yang selalu memberikan motivasi dan arahan agar madrasah ini menjadi Madrasah Adiwiyata Nasional.

MTsN 5 Ciamis
MTsN 5 Ciamis. (IST/WA)

“Di lingkungan madrasah perlu digalakan perilaku ramah lingkungan hidup bagi warga madrasah supaya tercipta lingkungan madrasah yang sehat, bersih, dan tertata apih,” ujar Sukmawan, Jumat (3/9/2021).

Berdasarkan penuturan Sukmawan, selama ini persiapan Adiwiyata Nasional sudah dilakukan dimulai dari tahapan sosialisasi hingga verifikasi yang dilakukan oleh tim pembina Adiwiyata dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Ciamis pada 28 Agustus 2021 silam.

Masih dikatakannya, tahapan menuju Madrasah Adiwiyata Nasional pun sudah melewati eksposing baik secara administrasi maupun lapangan yang berlangsung di Aula Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kab. Ciamis dan berlanjut hingga Dinas Lngkungan Hidup Provinsi Jawa Barat yang berlangsung pada 2 September 2021.

“Semoga lelah kami menjadi barokah dan semua ikhtiar kami membuahkan hasil. Semangat untuk tim Adiwiyata MTsN 5 Ciamis,” pungkas Sukmawan.

BACA JUGA: Agenda Rutin Tiap Tahun, MTsN 5 Ciamis Gelar ‘Edukasi Demokrasi’

Sebagaimana dihimpun, unsur yang terlibat dalam Adiwiyata Nasional ini terdiri dari kepala madrasah, tenaga pendidik dan kependidikan, peserta didik hingga komite dan orangtua peserta didik.

Share.

Leave A Reply