RANCAH POST – Selain membawa peningkatan pada aspek kamera dan performa, Realme 8 dan Realme 8 Pro juga hadir dengan fitur screenshot baru. Sesuai judul di atas, pada kesempatan ini Rancah Post akan mengupas tuntas cara screenshot Realme 8 dan Realme 8 Pro.

Jadi cara screenshot di hp penerus dari Realme 7 dan Realme 7 Pro ini bisa dilakukan melalui kombinasi tombol fisik, fitur Cuplikan Layar di bar notifikasi, 3 Jari dan Smart Sidebar.

Biar kalian tidak penasaran, simak pembahasannya berikut ini.

Cara Screenshot Realme 8

Kombinasi Tombol Fisik

Meski terbilang sudah cukup jadul, screenshot dengan kombinasi tombol fisik menjadi satu-satunya cara screenshot yang disukai oleh para pengguna smartphone Android di Indonesia.

Pasalnya, selain di hp Realme cara ini juga work di semua hp Android selagi tombol power dan tombol pengatur volume yang ada pada hp masih berfungsi dengan normal.

1. Kalian bisa langsung membuka area yang ingin di screenshot.

2. Setelah ditentukan tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.

Screenshot Realme 8 Pro lewat kombinasi tombol

3. Ketika layar sudah berkedip segera lepaskan kedua tombol tersebut. Selesai, cek hasilnya di notifikasi atau dari aplikasi Galeri.

BACA JUGA: Cara Screenshot Vivo Y20s

Cara Screenshot Realme 8 Pro Tanpa Tombol

Jika sewaktu-waktu tombol pengatur volume atau tombol power di hp Realme 8 kalian mendadak error sehingga tidak memungkinkan untuk digunakan mengambil screenshot, maka solusinya adalah dengan memanfaatkan fitur Cuplikan Layar.

Cara untuk menggunakannya sendiri sangat easy, kalian tinggal mengusap layar dari atas ke bawah seperti pada saat hendak menghidupkan WiFi ataupun Hotspot.

Setelah itu carilah menu Cuplikan Layar, lewat menu tersebut kamu bisa mengambil screenshot tanpa harus menyentuh tombol fisik.

Smart Sidebar

Cara screenshot Realme 8 dan Realme 8 Pro yang berikutnya adalah dengan menggunakan fitur Smart Sidebar.

Perhatikan dengan seksama pada sisi kiri atau sisi kanan layar hp Realme 8 kalian apakah terdapat garis berwarna putih atau tidak.

Jika ada, kalian dapat menariknya dan secara otomatis akan muncul beberapa menu yang bisa dipilih seperti aplikasi terakhir yang dibuka, Screenshot, Perekaman Layar, Tema dan masih banyak lagi.

Sebaliknya, jika fitur Smart Sidebar belum muncul maka kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Buka Pengaturan kemudian pilih Alat Praktis kemudian cara yang namanya menu Bilah Samping Cerdas lalu aktifkan.

3 Jari

Ini merupakan sebuah fitur screenshot canggih yang bisa ditemui di hp keluaran jaman now. Nah, biasanya fitur screenshot 3 jari ini akan otomatis aktif sejak pertama kali hp dihidupkan.

Sesuai nama fiturnya, proses pengambilan screenshot dengan cara ini membutuhkan tiga jari, kalian bisa menggunakan bagian telapak dari jari telunjuk, jari tengah dan jari manis.

Caranya tempelkan 3 jari kalian ke layar kemudian secara perlahan usapkan ke arah bawah. Nantinya layar akan berkedip dan itulah tanda bahwa screenshot telah berhasil.

BACA JUGA: Cara Screenshot Samsung Galaxy M02

Selain keempat cara di atas, kalian juga dapat mengambil screenshot di Realme 8 dan Realme 8 Pro dengan bantuan Google Assistant ataupun dengan menginstal aplikasi screenshot pihak ketiga.

Share.

Leave A Reply