RANCAH POST – Samsung Galaxy M02 tiba di Indonesia pada akhir Februari tahun lalu bersamaan dengan dua seri lainnya, yaitu Galaxy A02 dan Galaxy A02s. Hadir dengan sistem operasi One UI 2.0, kira-kira seperti apa cara screenshot Samsung Galaxy M02?

Dibanderol dengan harga cuma Rp 1 jutaan saja, Galaxy M02 ini hadir dengan berbagai fitur unggulan mulai dari aspek fotografi, daya tahan baterai dan termasuk didalamnya terdapat fitur screenshot atau tangkapan cuplikan layar.

Screenshot bisa dibilang merupakan salah satu fitur paling sakral yang akan memudahkan kita ketika ingin mengambil tangkapan layar untuk dibagikan ke sosial media, disimpan sebagai dokumentasi maupun dijadikan sebagai kelengkapan bukti.

Apabila kamu merupakan pengguna baru hp Samsung M02, berikut Rancah Post sajikan tutorial lengkap cara screenshot Samsung Galaxy M02.

Cara Screenshot Samsung Galaxy M02

Lewat Tombol Fisik

Cara ini terbilang cara yang sangat praktis dan mudah, sampai-sampai kamu bisa melakukannya dengan keadaan mata tertutup.

Pertama, arahkan layar hp Galaxy M02 kamu ke area yang akan di capture. Selanjutnya, kamu hanya perlu menekan Tombol Power dan Volume Bawah (-) secara bersamaan dan menahannya selama kurang lebih 1-2 detik.

Screenshot Samung M02 dengan tombol fisik
Screenshot Samung M02 dengan tombol fisik. (IST)

Nantinya, layar ponsel akan berkedip dan mengeluarkan suara shutter (seperti bunyi kamera). Itu berarti kamu telah berhasil melakukan proses screenshot. Hasil screenshot yang kamu ambil barusan akan otomatis tersimpan di Galeri.

Kendati begitu, kamu tidak disarankan untuk menggunakan cara ini terlalu sering. Alasannya adalah karena dapat menyebabkan kerusakan dini pada tombol power maupun tombol pengatur volume

Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan alternatif lain, yaitu dengan menggunakan Menu Asisten. Simak panduan lengkapnya dibawah ini.

Menu Asisten

Untuk menghindari kerusakan tombol fisik karena terlalu sering dipakai mengambil screenshot, kamu sebetulnya bisa loh mengambil gambar cuplikan layar di hp Samsung Galaxy M02 tanpa menyentuh tombol fisik.

Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur screenshot tersembunyi yang ada pada Menu Asisten. Kamu hanya perlu mengaktifkan menu tersebut dari Pengaturan.

Langkah pertama, buka masuk ke menu Pengaturan di hp Samsung M02 kamu > Gulir ke bawah kemudian klik pada menu Aksesibilitas > Interaksi dan Kecekatan > aktifkan Menu Asisten dengan cara mengklik tombol slider yang terletak di samping kanan.

Menu Asisten Samsung Galaxy A72

Setelah Menu Asisten aktif, secara otomatis akan muncul lingkaran transparan di samping kanan layar yang memuat beberapa menu didalamnya.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengklik lingkaran transparan tersebut lalu pilihlah menu Gambar Layar.

Screenshot hp Samsung dengan Menu Asisten
Screenshot hp Samsung dengan Menu Asisten. (SS)

Seperti biasa, layar akan berkedip yang diiringi bunyi rana kamera sebagai tanda bahwa screenshot telah berhasil dilakukan.

Cara Screenshot Panjang Samsung M02

Sementara untuk bisa mengambil screenshot panjang di hp ini, kamu bisa melakukannya dengan cara yang pertama maupun cara kedua.

Ketika screenshot berhasil diambil, perhatikan kotak dialog berwarna hitam pada bagian bawah layar. Nah, untuk dapat melakukan screenshot panjang, silahkan kamu klik icon paling kiri atau yang berlogo tanda panah ke bawah seperti gambar berikut.

Cara screenshot panjang Samsung A12

Layar Galaxy M02 kamu nantinya akan secara otomatis bergulir ke bawah. Ketika sudah berhenti kamu bisa mengklik icon yang sama secara berulang hingga batas area yang diinginkan.

BACA JUGA: Cara Screenshot Infinix Note 10 dan Note 10 Pro NFC

Demikianlah pembahasan mengenai cara screenshot Samsung Galaxy M02, semoga informasinya  bermanfaat dan selamat mencoba.

Share.

Leave A Reply