RANCAH POST – Cara screenshot Infinix Note 10 dan Infinix Note 10 Pro NFC bisa dilakukan dalam beberapa opsi, mulai dari Tombol Fisik, Bar Notifikasi, Sentuhan 3 Jari, Smart Panel hingga Aksesibilitas.

Kedua ponsel ini sendiri memulai debutnya di Indonesia pada pertengahan Juni 2021 lalu. Infinix Note 10 dipacu prosesor MediaTek Helio G85, sedangkan model Pro ditenagai Helio G95.

Meski jenis prosesor yang digunakannya berbeda, baik itu Infinix Note 10 reguler maupun versi Pro sama-sama dibekali fitur HyperEngine yang mana fitur tersebut dapat meningkatkan performa ponsel saat sedang menjalankan aplikasi game.

Selain itu, kedua ponsel seri Note terbaru bikinan Infinix ini juga kompak menawarkan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Hanya saja Infinix Note 10 Pro NFC punya dukungan fast charging 33W yang jelas dapat mengisi daya lebih cepat ketimbanga fast charging 18W milik Note 10 reguler.

Kendati memiliki sedikit perbedaan spesifikasi, Infinix membekali kedua ponsel barunya itu dengan fitur screenshot yang sama. Bagi kalian pengguna baru Infinix Note 10 atau Infinix Note 10 Pro NFC, berikut ini adalah beberapa cara screenshot yang harus kalian ketahui.

Cara Screenshot Infinix Note 10

Tombol Fisik

Untuk cara pertama kalian mungkin bisa melakukannya dengan mudah bahkan sambil menutup mata. Ya, cara ini mengharuskan kalian menekan Tombol Power + Volume Bawah dalam waktu yang bersamaan.

Screenshot Infinix Note 10 Pro dengan tombol fisik
Screenshot Infinix Note 10 Pro dengan tombol fisik. (IST)

Jika dilihat dari sisi depan, tombol power dan pengatur volume kedua ponsel ini terletak di sisi kanan. Agar pengambil screenshot berhasil, kalian harus menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan.

Panel Notifikasi

Cara yang kedua juga tak kalah praktisnya. Disini kalian hanya perlu mengarahkan layar pada area yang akan di screenshot kemudian usap layar ke bawah untuk memunculkan beberapa menu yang ada di Panel Notifikasi.

Fitur screenshot bawaan Infinix
Fitur screenshot bawaan Infinix. (SS)

Langkah selanjutnya adalah klik menu Tangkapan Layar. Nantinya, layar ponsel akan berkedip dan hasil jepretan layarnya bakal tersimpan otomatis di Galeri.

Smart Panel

Kemudian kalian juga bisa memanfaatkan fitur Smart Panel untuk dapat mengambil screenshot di Infinix Note 10 maupun Infinix Note 10 Pro NFC.

Tapi sebelumnya, buka dulu menu Pengaturan di hp Infinix kalian lalu gulir ke bawah dan cari menu Asisten Pintar. Setelah itu pilih Smart Panel dan langsung saja aktifkan dengan cara mengklik tombol slider yang berada di samping kanan menu tersebut.

Screenshot hp Infinix dari panel notifikasi
Screenshot hp Infinix dari panel notifikasi. (IST/YT)

Jika fitur Smart Panel sudah berhasil diaktifkan, usap layar dari sisi kanan kemudian tahan selama 1-2 detik. Secara otomatis akan muncul beberapa menu di layar, untuk mengambil screenshot silahkan pilih Tangkapan Layar.

Menu Aksesibilitas

Cara screenshot hp Infinix Note 10 Pro NFC yang keempat adalah melalui menu Aksesibilitas. Namun kalian juga harus mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu.

Pertama buka menu Pengaturan > Asisten Pintar > Aksesibilitas > Gulir ke bawah dan pilih Menu Aksesibilitas > Gunakan Layanan > Izinkan > Mengerti.

Screenshot tanpa tombol hp Infinix
Screenshot tanpa tombol hp Infinix. (IST/YT)

Setelah akan muncul satu tombol baru di pojok kanan bawah atau persis berada di samping kanan tombol Kembali. Silahkan klik pada tombol tersebut lalu gulir layar ke arah kanan dan pilih menu Screenshot.

Cara Screenshot 3 Jari Infinix Note 10

Terakhir, kalian juga dapat mengambil screenshot dengan sentuhan 3 jari. Fitur ini akan aktif secara default sejak ponsel pertama kali dihidupkan.

Tapi jika belum aktif, kalian harus mengaktifkannya secara manual. Mudah kok, mulai dari menu Pengaturan > Cari menu Asisten Pintar > Aksi dan Sikap > klik tombol slider pada menu Mengambil Tangkapan Layar dengan 3 Jari.

Selesai, kalian dapat mencobanya langsung dengan mengusap layar menggunakan ujung 3 jari dari atas ke bawah.

BACA JUGA: Cara Screenshot Vivo V21 dan V21 5G

Demikianlah pembahasan mengenai 5 cara screenshot Infinix Note 10 dan Infinix Note 10 Pro NFC. Selamat mencoba.

Share.

Leave A Reply