RANCAH POST – Nokia G20 tiba di Indonesia pada pertengahan Agustus 2021. Mirip seperti hp Nokia generasi sebelumnya, cara screenshot Nokia G20 bisa dilakukan dalam dua metode yang berbeda.

Smartphone satu ini hadir dengan layar IPS LCD berdiagonal 6.5 inci yang menghasilkan resolusi FHD+ dan memiliki poni waterdrop di bagian atasnya sebagai rumah kamera selfie 8 MP.

Sedangkan di panel belakangnya terdapat empat kamera yang terdiri dari kamera utama 48 MP, ultrawide 5 MP, macro 5 MP dan depth sensor 5 MP.

Kemudian dapur pacunya menggunakan chipset MediaTek Helio G35 yang dipasangkan dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan seluas 64 GB yang masih bisa ditambah dengan kartu microSD hingga 512 GB.

Dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan, Nokia G20 dilengkapi segudang fitur menarik yang akan mempermudah pengguna dalam melakukan banyak hal. Salah satu adalah fitur screenshot.

Nah, apabila Anda merupakan pengguna baru hp Nokia G20, berikut adalah dua cara paling mudah yang bisa digunakan ketika ingin melakukan screenshot.

Cara Screenshot Nokia G20

Lewat Kombinasi Tombol Fisik

Seperti yang pernah dijabarkan pada artikel cara screenshot sebelum-sebelumnya bahwa cara termudah untuk mengambil gambar cuplikan layar atau screenshot di hp Android adalah melalui kombinasi tombol power + volume bawah.

Cara tersebut bisa dibilang sangat praktis dan sangat mudah dilakukan, sebab Anda tidak perlu melakukan pengaturan apapun.

1. Pertama, buka kunci layar hp Nokia G20 Anda lalu arahkan pada area yang ingin di screenshot.

2. Setelah ditentukan, Anda hanya perlu menekan tombol Power dan Volume Bawah () secara bersamaan dan menahannya selama 1-2 detik.

Screenshot HP Nokia G20
Screenshot HP Nokia G20. (IST)

3. Ketika kedua tombol tersebut ditekan secara bersamaan maka secara otomatis layar akan berkedip dan terdengar bunyi rana kamera. Itu artinya, Anda telah berhasil melakukan screenshot.

4. Jika penasaran, Anda dapat mengecek hasilnya di notifikasi atau langsung dari aplikasi Galeri.

Kendati begitu, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan cara ini terlalu sering. Sebab tombol power dan volume bawah memiliki fungsi yang sangat penting bagi hp.

Sebagai alternatif tim Rancah Post telah berhasil menemukan cara screenshot lain yang tidak memerlukan tombol fisik.

Cara Screenshot Nokia G20 Tanpa Menggunakan Tombol

Sama seperti cara yang pertama, Anda bisa langsung mengarahkan layar pada aplikasi atau halaman web yang akan di capture.

Kemudian usaplah layar atas ke bawah seperti pada saat Anda hendak menghidupkan Bluetooth atau WiFi. Setelah itu carilah menu Screenshot atau Tangkapan Layar.

Apabila sudah ditemukan Anda bisa langsung mengkliknya. Layar akan berkedip dan muncul suara shutter kamera sebagai penanda screenshot telah berhasil.

BACA JUGA: Cara Screenshot Oppo A16

Nah, itulah 2 cara screenshot Nokia G20 yang paling praktis dan simpel untuk dilakukan.

Share.

Leave A Reply