RANCAH POST – Cara screenshot Oppo A16 bisa dilakukan dengan sangat mudah seperti di HP Oppo lain pada umumnya. Ya, hanya dengan waktu kurang dari 2 detik saja, Anda dapat meng-capture konten apapun yang muncul di layar lalu menyimpannya ke Galeri dalam bentuk gambar.

Oppo A16 sendiri merupakan salah satu hp entry level Oppo yang diboyong ke Indonesia pada pertengahan Juni 2021 lalu. Dari segi spesifikasi, perangkat ini adalah yang terbaik di kelasnya.

Smartphone ini menawarkan spesifikasi layar luas berbentang 6.52 inci yang menggunakan panel LCD berjenis IPS. Tak ketinggalan, layar tersebut juga dipercantik dengan poni berbentuk tetesan air sebagai tempat untuk menampung kamera selfie 8 MP.

Sementara di belakang, Oppo telah menyematkan pengaturan triple camera yang dibungkus modul persegi panjang dengan tepian bundar. Nah, ketiga kamera belakang Oppo A16 masing-masing menawarkan resolusi sebesar 13 MP untuk kamera utama, 2 MP macro dan 2 MP depth sensor.

Lalu dibalik cangkang bodinya yang terbuat dari bahan plastik itu Oppo menyisipkan chipset Helio G35 yang disatukan dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB.

Pada sisi kanan perangkat ini terdapat sebuah cekungan sebagai tempat pemindai sidik jari yang sekaligus sudah merangkap dengan tombol power. Sedangkan tombol untuk mengecilkan atau memperbesar volume ada di sisi sebaliknya.

Berbeda dengan Oppo A74 5G yang sudah dibekali fitur RAM Expansion, fitur tersebut absen di Oppo A16. Kendati begitu, fitur screenshot 3 jari masih tersedia di Oppo A16.

Cara Screenshot Oppo A16

Kombinasi Tombol Power + Volume Bawah

Seperti biasa, cara screenshot termudah yang bisa Anda terapkan untuk mengambil gambar cuplikan layar di ponsel Android adalah dengan menekan tombol power dan volume bawah dalam waktu yang bersamaan.

Anda hanya tinggal menentukan area mana yang ingin di screenshot, lalu kemudian tekanlah kedua tombol seperti yang disebutkan di atas secara bersamaan.

Screenshot Oppo A16 dengan tombol
Screenshot Oppo A16 dengan tombol. (IST)

Proses ini biasanya hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 detik. Setelah layar hp Oppo A16 Anda berkedip segera lepas kedua tombol yang ditekan tadi.

Selesai, cek hasilnya di aplikasi Galeri atau di File Manager.

Screenshot 3 Jari

Jika Anda pernah merasa heran melihat teman atau orang lain mengambil screenshot di hp miliknya dengan 3 jari, maka Anda pun bisa melakukannya di Oppo A16.

Caranya mudah, masuk dulu ke Pengaturan kemudian scroll ke bawah dan cari menu Alat Serba Guna, klik menu Gesture & Gerakan setelah itu tekan tombol geser pada opsi Screenshot 3 Jari.

Screenshot HP Oppo A74 5G tanpa tombol power
Screenshot HP Oppo A74 5G tanpa tombol power. (SS)

Setelah aktif, Anda dapat menguji cobanya dengan cara mengusap layar menggunakan ujung 3 jari Anda dari atas ke bawah.

BACA JUGA: 3 Cara Screenshot Samsung Galaxy A72

Sama seperti cara pertama, layar hp Oppo A16 Anda akan berkedip dan itu artinya gambar screenshot tersimpan di Galeri.

Share.

Leave A Reply