RANCAH POST – Lama diperbincangkan, Nokia XR20 akhirnya resmi diumumkan. Ini adalah HP 5G tangguh dengan sertifikasi militer yang memang dirancang khusus untuk pengguna yang bekerja outdoor.

Pihak perusahaan mengklaim bahwa HP 5G miliknya ini dapat bertahan di segala macam kondisi. Hal tersebut dikarenakan Nokia XR20 punya bodi kokoh dan sudah mengantongi sertifikat MIL-STD810H.

Nah, sertifikat tersebut menjamin perangkat akan baik-baik saja meski dijatuhkan dari ketinggian 1.8 meter. Selain itu, perangkat ini juga telah mendapat sertifikat rating IP68 yang membuatnya memiliki ketahanan terhadap air dan debu.

Tak cukup sampai disitu, layar Nokia XR20 juga sudah diproteksi oleh pelindung kaca terkuat yang ada di muka bumi saat ini, yaitu Corning Gorilla Glass Victus sehingga pengguna tidak perlu lagi repot-repot membeli pelindung layar tambahan.

Berbicara soal layar, perangkat ini dianugerahi panel IPS LCD berbentang 6.67 inci dengan resolusi FHD+. Layar tersebut menawarkan intensitas cahaya hingga 500 nits.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (27/7/2021), layarnya XR20 disebut masih bisa berfungsi dan responsif meski pengguna tangan pengguna sedang dalam keadaan basah.

Sementara untuk dapur pacunya sendiri, Nokia mengandalkan chipset 5G entry level besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 480 5G yang disandingkan dengan RAM 6 GB dan juga ROM 128 GB. Pengguna masih dapat menambah kapasitas penyimpanan ponsel dengan bantuan kartu microSD.

Nokia XR20 dihidupkan oleh baterai 4.630 mAh yang mendukung fitur fast charging 18W dan wireless charging 15W. Ponsel ini menjalankan OS Android 11 murni yang dijanjikan akan mendapat pembaruan keamanan selama 4 (empat) tahun serta memberikan update OS selama 3 (tiga) tahun kedepan.

Beralih ke kamera, Nokia membekali ponsel tersebut dengan kamera belakang ganda 48 MP + 13 MP yang disusun dalam modul persegi dengan bingkai berbentuk huruf X. Sedangkan di depan tersemat sensor 8 MP untuk selfie dan video call.

Spesifikasi lain yang diunggulkan dari handset tangguh ini adalah speaker stereo dengan dukungan Nokia OZO, serta sensor sidik jari di samping yang diklaim memiliki respon yang cepat.

Menyoal harga, Nokia XR20 dijual seharga 550 USD (sekitar Rp 7.9 juta) yang akan dijual perdana pada tanggal 24 Agustus mendatang. Ada dua opsi warna yang disediakan, yakni Ultra Blue dan Granite Grey.

BACA JUGA: Nokia G20 Rilis di Indonesia, Pakai Helio G35 Harga Rp 2,5 Juta

Belum diketahui apakah HMD Global akan memboyong HP 5G tangguh miliknya itu ke Indonesia atau tidak.

Share.

Leave A Reply