RANCAH POST – Sama hal dengan smartphone, laptop termasuk salah satu barang elektronik yang terus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan teknologi. Ya, laptop yang dulunya punya desain tebal, sekarang ini telah dibuat menjadi tipis.

Di Indonesia sendiri laptop tipis sudah mulai banyak diminati karena lebih fleksibel untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, beberapa laptop tipis yang tersedia di pasaran sudah memiliki hardware mumpuni dan spesifikasi tinggi.

Hampir semua brand terkemuka sejagat raya berlomba-lomba membuat laptop tipis yang akhirnya sisi konektivitasnya pun dikikis habis. Bahkan di laptop kategori ultrabook ada yang egois dengan hanya menyisakan port USB Type-C satu jenis.

Tapi tenang saja, kalian masih bisa eksis menggunakan laptop tipis asalkan memiliki adapter multifungsi. Berbicara soal adapter, kali ini Rancah Post kembali kedatangan satu lagi produk dari Ugreen, yaitu USB-C Multifunction Adapter model CM418.

Gunanya untuk apa? Jadi, di laptop keluaran terbaru seperti MacBook Pro, Acer Swift 7 ataupun laptop kategori ultrabook lain yang banyak dijual dipasaran saat ini hanya menyediakan port bawaan sangat sedikit, paling banyak dua port USB Type-C.

Nah, gunanya adaptor Ugreen 5-in-1 USB-C Multifunction Adapter ini adalah untuk memperbanyak port bawaan dari laptop atau tablet kalian.

Sesuai namanya, adapter yang satu ini menawarkan 5 (lima) port yang terdiri dari satu port USB Type-C, dua port USB-A 3.0, satu port HDMI dan port LAN RJ45. Jadi lewat Ugreen 5-in-1 USB-C Multifunction ini kalian tidak perlu repot-repot untuk copot pasang kabel lagi.

Aksesoris pabrikan Ugreen ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna laptop ataupun tablet yang memang membutuhkan port tambahan untuk keperluan transfer data dengan catatan laptop ataupun tablet yang digunakan sudah mendukung USB Type-C.

Isi dan Kelengkapan

Isi Box Ugreen 5 in 1 USB C
Isi Box Ugreen 5 in 1 USB C. (Akar NewGate)

Ketika kotak kemasannya dibongkar, kita mendapatkan satu unit adapter dengan kabel USB Type-C untuk menghubungkannya ke laptop atau tablet serta satu buah buku panduan atau manual book.

Untuk ukuran box atau kotak kemasannya sendiri tidak terlalu besar karena unit dari adapternya pun cukup mungil.

Desain

Desain Ugreen 5 in 1 USB Type C hub
Desain Ugreen 5 in 1 USB Type C hub. (Akar NewGate)

Adapter Ultra Slim 5-in-1 USB C Hub buatan Ugreen ini memiliki desain persegi panjang. Seperti yang sudah di sebutkan di atas, ukuran dari adapternya cukup mungil dengan dimensi 122 x 26.3 x 17.6 mm sehingga tidak akan memakan tempat saat dibawa bepergian.

Build quality adapter ini sangat bagus dengan bahan Aluminum Alloy yang dibalut warna abu-abu sehingga menambah kesan stylish.

Port HDMI, 2 port USB-A 3.0 dan port USB-C disusun di depan sedangkan port LAN RJ45 disematkan di sisi samping. Sementara di sisi sebaliknya ditempatkan kabel USB Type-C dengan panjang yang minimalis untuk menghubungkan adapter ke laptop.

Spesifikasi

Spesifikasi Ugreen USB C Multifunction Adapter
Spesifikasi Ugreen USB C Multifunction Adapter. (IST/Ugreen)

Dalam keterangan spesifikasi yang ada di belakang kotak kemasan disebutkan bahwa kedua port USB-A 3.0 yang dimilikinya mampu digunakan untuk melakukan transfer data dengan kecepatan hingga 5Gbps

Kemudian port HDMI-nya memungkinkan kita untuk menghubungkan desktop pada monitor eksternal dalam resolusi 4K. Lalu satu port RJ45 yang terpasang pada sisi sampingnya dapat memberikan koneksi internet yang stabil dan kecepatan maksimal hingga 1000Mbps.

Selanjutnya terdapat port USB Type-C yang mendukung fast charging 100W Power Delivery. Port ini dapat dimanfaat pengguna untuk mengisi ulang baterai laptop.

Uji Coba

Untuk menguji coba ketangguhan dari USB Hub kiriman Ugreen ini, Rancah Post menggunakan laptop Lenovo Ideapad 330S. Semua port yang ada pada adapter tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Ya, hanya dengan menghubungkan adapter ke laptop kita bisa mengubah laptop menjadi workstation dengan sangat muda. Mulai dari USB Flash Drive, mouse, kabel jaringan (LAN) dan kabel HMDI dapat terbaca dengan cepat oleh USB-C Multifunction Adapter ini.

Rancah Post mencoba untuk mentransfer sebuah video berukuran sekitar 2.5 GB dari laptop ke usb flash drive. Ternyata, hanya dalam hitungan detik saja video sudah berhasil terpindahkan ke usb flash drive.

Selain itu, embel-embel fast charging 100W PD (Power Delivery) untuk port USB Type-C adapter ini juga terbukti dapat mengisi ulang baterai laptop dari kondisi 41% hingga full 100% dalam waktu yang cukup singkat.

Ketika sudah selesai digunakan, kita dapat langsung mencabut kabel USB Type-C yang terhubung ke laptop. Sangat mudah dan simpel bukan? So, USB-C Multifunction Adapter ini sangat recomended banget buat penggunaan di kantor, rumah, maupun untuk dibawa pergi kemanapun.

Harga

Harga Ugreen 5 in 1 USB C Multifunction Adapter
Harga Ugreen 5 in 1 USB C Multifunction Adapter. (SS/Lazada)

Adapter Ugreen 5-in-1 USB-C Multifunction Adapter ini bisa kalian dapat dari toko online resmi Ugreen yang ada di Lazada dan Shopee. Nah, dengan semua fitur yang sudah dibahas di atas, adapter tersebut dijual seharga Rp 450 ribuan.

Tak perlu khawatir jika terjadi kerusakan, sebab setiap pembelian akan mendapatkan dukungan garansi resmi dari Ugreen selama 1 tahun.

Kesimpulan

Adapter Ugreen USB-C Multifunction Adapter sangat mudah sekali digunakan. Adapter ini mendukung plug and play, yang artinya kalian hanya perlu menghubungkannya ke laptop tanpa harus menginstal driver tambahan.

Meskipun Ugreen merekomendasikan adapter miliknya ini sebagai aksesoris tambahan terbaik untuk perangkat terbaru (MacBook Pro, MacBook Pro M1 2020 dan lain-lain), adapter ini bisa digunakan di semua laptop yang sudah mendukung port USB Type-C.

BACA JUGA: Review Adapter Ugreen GaN X 65W Power Delivery Fast Charger

Apalagi Ugreen 5-in-1 USB-C Multifunction Adapter ini akan sangat berguna bagi kalian yang selalu merasa kurang puas dengan jumlah port bawaan yang terpasang di laptop.

Share.

Leave A Reply