RANCAH POST – Mencari pengganti adapter atau kepala charger original smartphone maupun laptop yang rusak memang tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Kenapa? Sebab saat ini banyak sekali seller nakal yang mengaku menjual adapter charger original padahal kualitasnya KW.

Anehnya lagi, meskipun beberapa vendor smartphone maupun laptop di Tanah Air masing-masing sudah memiliki toko online resmi di sejumlah e-commerce, mereka terkadang tidak menjual charger original untuk produk pabrikannya.

Jadi, opsi lain untuk mengganti charger original yang rusak adalah membeli adapter dari brand yang sudah punya nama dan memang spesialis di bagian penjualan adapter, seperti Ugreen.

Ugreen memang dikenal sebagai brand pembuat aksesoris gadget dengan kualitas terbaik. Nah, kali ini Rancah Post diberi kesempatan untuk mereview produk Ugreen, yaitu adapter Power Delivery Fast Charger GaN X 65W.

Berbicara soal teknologi pengisian daya pada smartphone, sekarang ini sudah banyak sekali istilah-istilah yang dibuat oleh perusahaan produsen smartphone. Contohnya, Dual Engine Fast Charging milik Vivo, SuperVOOC dari Oppo, Adaptive Fast Charging dari Samsung dan masih banyak lagi.

Istilah-istilah pengisian daya cepat yang disematkan pada smartphone keluaran jaman now tersebut didukung oleh sebuah adapter yang sudah menggunakan Power Delivery. Jadi meskipun output yang dihasilkannya di atas 100W, adapter atau kepala charger-nya tetap kecil dan imut-imut.

Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah adapter agar fitur fast charging yang ada smartphone bisa aktif dan bekerja secara optimal.

Pertama, pastikan adapter memiliki output Type-C. Lalu yang kedua mempunyai kabel data C to C, jadi port pada adapter dan smartphone sama-sama menggunakan USB Type-C.

Kedua hal penting yang disebutkan di atas tadi bisa kalian temukan pada produk Ugreen yang bernama Power Delivery Fast Charger GaN X 65W yang menghadirkan empat port sekaligus, yakni 3 port USB Type-C dan satu port USB-A. Adapter ini bisa kalian beli dari toko online resmi Ugreen yang ada di Lazada.

Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata Ugreen ini memang menyediakan produk aksesoris khusus charging adapter, kabel data ataupun power, earbuds dan masih banyak lagi.

Harga untuk masing-masing produk yang ditawarkannya pun relatif terjangkau jika dibandingkan dengan brand kompetitornya. Selain di Lazada, rupanya Ugreen juga sudah memiliki toko online resmi di Tokopedia, Shopee, JD.id dan Blibli.

Isi dan Kelengkapan

Ugreen GaN X 65W ini secara box simple banget, kotak penjualannya di dominasi warna putih dan ada sedikit list abu-abu di bagian bawah yang memperlihatkan beberapa fitur unggulan yang dimilikinya.

Selain itu, dilihat dari kemasannya saja terpampang jelas bentuk adapter-nya yang support 65 watt. Sementara bagian belakangnya terlihat jelas model dan keterangan dari masing-masing output-nya.

Lanjut ke isi box-nya, kita hanya akan menemukan sebuah adapter dan juga buku panduan tanpa kabel data. Artinya, jika memang perlu kabel data tambahan kita harus membelinya secara terpisah.

Isi box Ugreen Gan X 65W
Isi box Ugreen Gan X 65W. (Akar NewGate)

Desain

Adapter charger Ugreen GaN X 65W ini sendiri memiliki warna hitam matte yang didesain slim tapi agak sedikit lebar. Untuk ukurannya sendiri cukup mungil dengan bobot seberat 165 gram sehingga membuatnya terasa simple dan mudah untuk dibawa bepergian kemanapun.

Desain Ugreen GaN 65w
Desain Ugreen GaN 65W. (Akar NewGate)

Masih soal desain, adapter charger yang satu ini terbuat dari material polycarbonate serta memiliki motif garis-garis di permukaannya sehingga tidak licin saat dipegang.

Tak ketinggalan, Ugreen telah menyediakan berbagai jenis colokan yang telah disesuaikan dengan standar masing-masing negara. Untuk model yang Rancah Post coba ini memiliki tipe colokan EU atau colokan 2 yang memang merupakan standar di Indonesia.

Spesifikasi dan Keunggulan

Berbeda dengan adapter charger original alias bawaan pabrik yang hanya memiliki satu port, Ugreen Gan X 65W punya empat buah port yang secara otomatis dapat mengaktifkan fitur fast charging yang dimiliki oleh smartphone besutan brand-brand ternama seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme ataupun brand lainnya.

Meski begitu, keempat port yang ditawarkan oleh adapter charger Ugreen Gan X 65W ini memiliki output daya yang berbeda. Dimana dua port USB C yang pertama dan kedua mampu melakukan pengisian daya dengan output maksimal 65W.

Port charger Ugreen GaN X 65W
Port charger Ugreen GaN X 65W. (Akar NewGate)

Sedangkan port USB C yang ketiga dan port USB A yang terakhir masing-masing mendukung fast charging dengan output maksimal 18W dan 22.5W. Hal ini sudah dipajang secara jelas oleh Ugreen di bagian belakang box atau kotak penjualan.

Ya, walaupun output daya yang dihasilkan oleh masing-masing port-nya berbeda-beda, kehadiran empat buah port di Ugreen Gan X 65W ini jelas merupakan sebuah keunggulan, sebab kita bisa memanfaatkannya untuk mengisi daya empat smartphone sekaligus secara bersamaan.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh charger ini adalah dukungan teknologi Gallium Nitride (GaN) yang dapat menghantarkan daya jadi jauh lebih efisien namun tetap memberikan output daya yang besar.

Selain itu, teknologi Gallium Nitride tersebut juga diklaim dapat menjaga suhu adapter tetap dingin sehingga membuatnya jadi tidak cepat panas meski digunakan secara terus menerus.

Test Kecepatan Pengisian

Spesifikasi Ugreen 65W GaN Quick Charge
Spesifikasi Ugreen 65W GaN Quick Charge. (Akar NewGate)

Tim Rancah Post melakukan uji coba kecepatan pengisian daya adapter ini pada smartphone Samsung Galaxy S9+, Samsung Galaxy S21+, Xiaomi Redmi Note 10 dan Honor 8X.

Semua fitur fast charging pada smartphone yang disebutkan di atas berhasil aktif ketika di charge melalui adapter Ugreen GaN X 65W ini. Untuk kecepatannya sendiri bisa dibilang 10% lebih cepat ketimbang charger original.

Akan tetapi, jika semua port-nya digunakan dalam waktu yang bersamaan terjadi penurunan output daya. Rupanya, hal ini merupakan peran dari teknologi GaN (Gallium Nitride) yang secara pintar akan membagi output daya terhadap masing-masing port sehingga daya yang dihasilkan lebih efisien.

Samsung Galaxy S9+ yang biasanya memerlukan waktu 2 jam agar bisa terisi full 100%, dengan Ugreen GaN X 65W waktu pengisiannya berhasil terpangkas menjadi 1 jam lebih sedikit.

Sementara Galaxy S21+ yang memiliki baterai 4.800 mAh di charge dari kondisi 20% dapat terisi penuh 100% hanya dalam waktu 50 menit saja.

Harga dan Ketersedian

Semua fitur pengecasan yang ada pada Ugreen GaN X 65W Power Delivery Fast Charger seperti yang sudah dijabarkan diatas bisa kalian nikmati dengan merogoh kocek sedalam Rp 501.000. Adapter ini bisa dibeli dari toko online resmi Ugreen yang ada di Lazada, Tokopedia, Shopee, JD.id dan Blibli.

Kesimpulan

Ugreen GaN X 65W Power Delivery Fast Charge adalah satu dari sekian banyaknya adapter dipasaran yang paling worth it untuk dimiliki. Dengan harga yang relatif terjangkau, tiap pembelian juga mendapat dukungan garansi resmi dari Ugreen selama 12 bulan.

Ukurannya yang mungil serta bobotnya yang lumayan ringan membuat adapter ini bisa dengan mudah kalian bawa kemana-mana. Apalagi dengan empat port yang dimilikinya kalian bisa melakukan pengisian daya untuk empat smartphone sekaligus.

BACA JUGA: Review Huawei P40 Pro: Desain, Kamera dan Performa

Satu hal yang mungkin menjadi kekurangan dari Ugreen GaN 65W ini adalah ketiadaan kabel data tambahan. Meski masih bisa diakali dengan kabel data bawaan smartphone, tapi hal tersebut dirasa kurang sepadan charger dijual dengan banderol harga di atas Rp 400 ribuan.

Share.

Leave A Reply