Hobi menggambar? Kini ada banyak aplikasi menggambar di laptop dan PC yang bisa kamu gunakan secara mudah dan praktis.

Karena menggambarnya lewat aplikasi, tentu kamu tak perlu repot lagi menyiapkan canvas, cat air, dan peralatan menggambar manual lainnya.

Sehingga proses menggambar bisa dilakukan kapan dan di mana saja asalkan membawa laptop dan sudah menginstall aplikasinya.

Kendati prosesnya berbeda seperti menggambar atau melukis menggunakan canvas, tapi hasil menggambar dengan menggunakan aplikasi tetap tak kalah bagus.

Pasalnya, aplikasi tersebut sudah dilengkapi dengan banyak fitur mumpuni yang akan menunjang proses menggambar di PC/laptop.

Daftar Aplikasi Menggambar di Laptop

Berikut ini kami telah merangkum beberapa aplikasi untuk menggambar di laptop/pc yang bisa kamu pilih untuk digunakan.

Adobe Photoshop CC

Adobe Photoshop CC
Adobe Photoshop CC. (IST)

Pertama ada aplikasi Adobe Photoshop CC. Pastinya kamu sudah tak asing lagi dengan aplikasi ini yang memang populer digunakan banyak orang untuk berbagai keperluan, salah satunya menggambar.

Adobe Photoshop CC sangat pas digunakan untuk pengguna yang menginginkan aplikasi yang highly-customizable dan bagus dalam hal colour adjusting.

Namun, karena pada awalnya aplikasi ini tidak dibuat untuk membuat ilustrasi, maka kamu harus mengkustomisasi Pen dan Brush tools yang tersedia serta mengatur beberapa hal.

Sketch.io – Aplikasi Menggambar di Laptop Terbaik

Sketch.io Aplikasi Menggambar di Laptop Terbaik
Sketch.io. (IST)

Berikutnya kamu bisa menggunakan Sketch.io. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur terbaik sehingga membuatmu semakin nyaman dalam membuat sketsa atau menggambar.

Selain itu, Sketch.io juga memungkinkan pengguna untuk memasukkan suau file PDF ke dalamnya. Pengguna dapat mengekspos hasil gambar ke desktop supaya lebih efisien daripada harus mendownload, mengisi, mencetak, scanning, dan lainnya.

Untuk menunjang aktivitas pengguna dalam menggunakan aplikasinya, Sketch.io menyediakan fitur drag and drop yang dapat dipadukan dengan fitur lainnya, yakni krayon, pensil kuas, dll.

BACA JUGA: Aplikasi Tulisan Tangan dengan Fitur Terbaik

Corel Painter

Corel Painter
Corel Painter. (IST)

Aplikasi berikutnya yang juga bagus untuk digunakan adalah Corel Painter. Corel menyediakan banyak paket software, salah satunya adalah Painter untuk digunakan menggambar oleh para desainer, seniman ataupun pelajar.

Corel Painter menyediakan banyak kuas yang bisa dipilih oleh pengguna. Sehingga proses pembuatan gambar akan terasa lebih menyenangkan.

Aplikasi ini bisa dapat diunduh di Windows dan Mac. Namun Corel Painter tidak termasuk aplikasi menggambar gratis sehingga kamu harus membelinya terlebih dahulu.

Sumopaint – Aplikasi Menggambar di Laptop

Sumopaint Aplikasi Menggambar di Laptop
Sumopaint. (IST)

Sumopaint pas banget digunakan untuk kamu yang ingin mengedit sebuah gambar yang sudah ada ataupun untuk membuat yang baru.

Aplikasi ini hadir dilengkapi dengan banyak fitur seperti blending mode, layering, blur, dan masih banyak yang lainnya.

Pengguna juga bisa mengatur keseimbangan warna dan kecerahan pada gambar, lho. Setelah selesai mengedit atau membuat gambar, hasilnya bisa disimpan dalam format JPG, PNG, atau file sumo.

Autodesk Sketchbook

Autodesk Sketchbook dapat digunakan untuk menggambar yang memiliki tools lengkap sehingga membuat hasil gambarnya keren serta perfect.

Terdapat juga ratusan kuas pre-designer yang dapat digunakan. Kamu bisa mengoperasikan aplikasi ini tidak hanya di laptop saja, namun juga di Android an iOS.

Draw Island

Draw Island
Draw Island. (IST)

Aplikasi menggambar di laptop terbaik berikutnya adalah Draw Island. Selain cocok untuk menggambar, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat animasi GIF.

Pengguna bisa bebas memiliki ukuran kanvas yang akan digunakan untuk menggambar. Kemudian, bisa juga meningkatkan ukuran dari opacity, kuas, dan bisa memilih bentuknya sesuai keinginan.

Ditambah lagi dengan fitur Undo dan Redo serta hapus yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bagian yang tak perlu.

PencilApp

PencillApp
PencilApp. (IST)

Dengan desain yang sederhana, membuat pengguna aplikasi PencilApp bisa mengoperasikannya dengan mudah, termasuk untuk yang masih pemula.

Aplikasi menggambar ini bisa digunakan untuk membuat sketsa secara cepat dan mudah. Beberapa fitur pun tersedia di sini, seperti penghapus, pensil dan teks.

Jadi meskipun tidak ada fitur undo, kamu bisa menggunakan fitur penghapus untuk menghapus suatu yang tidak pas atau kurang bagus.

Krita

Krita
Krita. (IST)

Kamu bisa mengandalkan aplikasi yang satu ini untuk menggambar atau melukis di laptop ini secara profesional. Kamu bisa menggunakannya untuk menggambar ilustrasi, komik atau manga.

Krita didukung dengan fitur HDR Painting, grid perspektif, CMYK, painting asisten, beragam jenis kuas dan lainnya.

Jangan lupa untuk menggunakan juga fitur-fitur yang ada di dalamnya seperti layers, masak, alat transformasi, dll.

BACA JUGA: Aplikasi Perekam Suara PC dengan Kualitas Terbaik dan Jernih

Itulah beberapa aplikasi menggambar di laptop atau PC yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply