Reels merupakan fitur terbaru dari Instagram yang diluncurkan secara resmi di Indonesia pada Rabu, 23 Juni 2021. Lalu, bagaimana cara menggunakan Instagram Reels tersebut?

Selain di Indonesia, fitur ini juga hadir di puluhan negara lain di dunia. Reels sendiri merupakan fitur rekaman video pendek yang hampir mirip dengan TikTok.

Pengguna Instagram kini bisa merekam video sekaligus mengedit videonya sebelum diunggah. Kalian bisa memanfaatkan banyak filter dan efek yang sudah tersedia di Instagram.

Selain itu, kalian juga menambahkan musik ke dalam video tersebut. Sehingga kamu bisa lebih bebas berkreasi membuat video yang keren dan menarik.

Instagram Reels hadir saat aplikasi TikTok dilarang di sejumlah negara termasuk Amerika Serikat. Hal tersebut menjadi peluang bagi platform yang dimiliki Facebook ini untuk menarik minat orang-orang yang ingin menggunakan fitur video pendek seperti TikTok.

Karena terbilang baru, banyak pengguna yang masih kebingungan dengan bagaimana cara membuat Instagram Reels itu.  Tapi jangan khawatir, karena di artikel ini akan dijelaskan tutorial lengkapnya untuk kalian!

Cara Menggunakan Instagram Reels Terbaru

Berikut cara menggunakan fitur terbaru IG yaitu Reels yang lagi hits dan banyak dicoba para pengguna dari berbagai kalangan.

Sebelum menggunakan fitur terbaru ini, kamu harus mengupdate aplikasi Instagram melalui Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS.

  • Setelah memastikan aplikasi Instagram adalah versi terbaru, langsung jalankan aplikasinya.
  • Kemudian, klik icon kamera di sudut kiri atas seperti kamu akan membuat story. Akan tampil beberapa opsi di bagian bawah, seperti Postingan, Cerita, Reels, dan Siarang Langsung. Klik Reels karena kamu akan membuat Reels.
  • Kamu bisa membuat video dengan durasi 15 sampai 30 menit. Terdapat pilihan apakah kamu ingin merekam video atau mengambil dari galeri ponsel.
  • Untuk merekam video, tekan icon record berwarna putih di bagian tengah. Jika ingin mengambil dari galeri, klik icon foto bertanda plus.

Cara Membuat Instagram Reels

  • Sebelum merekam, kamu juga bisa menggunakan opsi timer untuk mengatur penghitung waktu sehingga kamu bisa mengatur waktu saat merekam atau memotret. Kamu juga bisa menggunakan beberapa tools yang telah disediakan di sebelah kiri.

Tools Instagram Reels

  • Di sana, ada deretan alat untuk digunakan mempercantik video tersebut. Mulai dari menambahkan musik, menyesuaikan kecepatan video, menambahkan efek, hingga sempurnakan riasan.
  • Untuk musik, kamu bebas menambahkan lagu sesuai dengan keinginan, bisa yang sudah tersedia atau mencari yang lain dengan menggunakan fitur pencarian.

Cara Memilih Lagu

  • Selain dengan menggunakan musik, di sini pengguna juga bisa dubbing dengan menggunakan fitur Voice Over.
  • Selanjutnya, kamu juga bisa menyelaraskan Instagram Reel ketika video terlihat berantakan. Caranya klik Selaraskan.
  • Setelah selesai merekam dan mengedit video, klik tanda panah belakang untuk memutar ulang video.

Fitur Preview

  • Video yang sudah di-edit, bisa langsung dibagikan ke followers atau menyimpannya ke galeri.
  • Caranya, klik panah maju di bagian bawah, lalu tambahkan caption dan pilih bagaimana ingin berbagai Reels kamu dengan orang lain. Selesai!

Memposting

BACA JUGA: Cara Membuat Instagram Music di Story

Itulah cara menggunakan Instagram Reels dengan mudah untuk membuat video pendek. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply