Ada banyak aplikasi silsilah keluarga yang bisa kita gunakan di PC dan smartphone Android. Dengan menggunakan aplikasi tersebut kita bisa membuat dan mencatat tentang garis keturunan keluar besar.

Tentunya akan lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan cara manual. Biasanya orang-orang ingin membuat silsilah keluarga karena untuk kepentingan tertentu, misalnya untuk mengatur warisan atau tugas sekolah.

Karena aplikasinya cukup banyak, maka tak heran jika para penggunanya sering kebingungan mau memilih yang mana.

Namun perlu kalian pahami bahwa faktor yang membuat sebuah aplikasi tersebut mumpuni adalah jika bersifat sosial, bisa diakses dengan cepat, ringan, menyajikan ruang penyimpanan yang luas, dan mudah digunakan.

Penasaran apa saja aplikasinya? Rancah Post telah merangkum beberapa dari banyaknya apk silsilah keluarga terbaik berikut ini.

Daftar Aplikasi Silsilah Keluarga Terbaik

Kamu bisa memilih salah satu apk silsilah keluarga yang akan dibahas satu persatu di artikel ini.

Gramps

Gramps
Gramps. (IST)

Apk pengurut silisilah keluarga pertama yang bisa kalian gunakan dengan mudah di perangkat berbasis Windows, Mac OS, dan Linux namanya adalah Gramps.

Cukup dengan aplikasi ini, pengguna bisa menavigasi atau menyaring berdasarkan nama, hubungan keluarga, keturunan, media, catatan, sumber daya, tempat, event, atau repositori.

Dilengkapi juga dengan sejumlah tools yang akan dibutuhkan pengguna. Seperti pada window ‘Place’, kita akan menemukan entri untuk jalan, garis lintang, kota, dan lainnya. Bahkan kita juga bisa menyisipkan tautan ke setiap tempat.

MyHeritage Family Tree Builder – Aplikasi Silsilah Keluarga

MyHeritage Family Tree Builder Aplikasi Silsilah Keluarga
MyHeritage Family Tree Builder. (IST)

Berikutnya kamu bisa menggunakan MyHeritage Family Tree Builder. Salah satu yang menarik dari aplikasi ini adalah fitur navigasi untuk tampilan silsilah keturunan.

MyHeritage Family Tree Builder bisa menggabungkan tokoh keluarga dari silsilah keluarga lain seperti di tuts MyHeritage.com. Tingkat akurasinya pun cukup tinggi dan akan mengecek secara otomatis setiap nama keluarga yang kita input.

Ketika pengguna memasukkan tanggal, munculah sebuah pemberitahuan kalender. Laporan dan grafik bisa dipilih untuk menampilkan pohon keluarga serta laporan dan di-convert ke PDF, RTF atau disimpan dalam bentuk HTML.

BACA JUGA: Aplikasi Edit Warna Foto Agar Lebih Keren

Legacy Family Tree

Legacy Family Tree
Legacy Family Tree. (IST)

Legacy Family Tree akan membantu para penggunanya dalam membuat laporan informatif dan grafik untuk visualisasi garis keturunan.

Laporan tersebut pun bisa dibagikan secara online untuk kepentingan penggunanya. Legacy Family Tree dapat digunakan secara gratis di perangkatmu.

Tersedia berbagai macam opsi untuk menampilkan temuan pengguna dan ada puluhan template laporan yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Family Historian 7 – Aplikasi Silsilah Keluarga Terbaik dan Termudah

Family Historian 7 Aplikasi Silsilah Keluarga Terbaik dan Termudah
Family Historian 7. (IST)

Mencari aplikasi yang mudah digunakan? Family Historian 7 bisa mencari pilihan yang pas untik kalian gunakan.

Setelah pengguna memasukkan data keluarga yang dicari, otomatis akan langsung muncul informasi sekaligus fitur-fitur yang akan menunjang pekerjaanmu.

Di antaranya seperti menampilkan chart silsilah yang mudah dipahami dan menunjukkan lokasi inti seseorang. Namun, Family Historian 7 bukan termasuk aplikasi gratis dan kamu harus melakukan pembelian untuk menggunakannya.

FamilySearch Tree

FamilySearch Tree
FamilySearch Tree. (IST)

Jika beberapa aplikasi silsilah keluarga tadi berbasis Web, berbeda dengan FamilySearch Tree yang bisa digunakan di Android.

Aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan dan dilengkapi dengan banyak fitur terbaik. Usai sign up, pengguna tetap bisa melacak saudara yang lokasinya berada di sekitarmu dan terdaftar di aplikasi.

Menariknya, FamilySearch Tree juga mengintegrasikan sistem komunikasi bersama pengguna lain. Lalu, ada juga layanan visual pohon keluarga yang dilengkapi dengan beragam informasi.

Ancestry: Explore your family tree & unique story

Ancestry Explore your family tree unique story
Ancestry: Explore your family tree & unique story. (IST)

Terakhir ada Ancestry: Explore your family tree & unique story. Aplikasi besutan develiper Ancestry.com ini punya fitur-fitur terbaik di dalamnya.

Fitur tersebut tentu akan mempermudah pengguna mencari informasi leluhur hanya melalui smartphone. Tertarik untuk mengunduh Ancestry: Explore your family tree & unique story? Jika iya, buka Google Play Store sekarang juga.

Namun selain hadir dalam versi mobile, aplikasi ini juga bisa diakses lewat versi desktop dengan membuka situs resminya.

BACA JUGA: Aplikasi Video Conference Terbaik untuk Menunjang Berbagai Kegiatan

Demikianlah beberapa aplikasi silsilah keluarga terbaik di PC dan Android, ada yang bisa digunakan secara gratis dan berbayar. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply