Selain di smartphone, kamu juga bisa juga memperkecil ukuran foto atau gambar dengan menggunakan aplikasi kompres foto PC.

Memperkecil ukuran foto sangat bermanfaat dalam berbagai hal, salah satunya mempermudah kita ketika hendak mengunggah foto ke beberapa form.

Selain itu, memperkecil ukuran foto juga bisa bermanfaat agat tidak menghabiskan banyak ruang penyimpanan di perangkatmu.

Dengan menggunakan aplikasi kompres foto, foto yang kita inginkan ukurannya bisa diperkecil tapi tanpa mengurangi kualitas foto tersebut secara signifikan.

Ada banyak aplikasi untuk memperkecil ukuran foto di PC yang bisa digunakan, dan setiap aplikasi memiliki keunggulan tersendiri yang wajib kalian ketahui.

Daftar Aplikasi Kompres Foto PC Tanpa Mengurangi Kualitas

Berikut ini aplikasi-aplikasi untuk kompres foto di PC/laptop yang telah Rancah Post rangkum khusus untuk kalian.

Fileminimizer Picture

Fileminimizer Picture
Fileminimizer Picture. (IST)

Aplikasi pertama yang bisa kalian gunakan untuk mengompres foto di PC adalah Fileminimizer Picture yang diklaim mampu mengompres foto hingga 98%.

Tidak hanya satu, pengguna Fileminimizer Picture dapat mengompres beberapa foto secara sekaligus. Aplikasi ini juga menyajikan integrasi dengan akun Facebook.

Dengan begitu, pengguna dapat mengunggah hasil kompresi ke akun Facebook yang dimilikinya. Kendati merupakan aplikasi gratis, kualitasnya tak kalah bagus dari aplikasi berbayar.

TinyPNG – Aplikasi Kompres Foto Terbaik dan Gratis

TinyPNG Aplikasi Kompres Foto Terbaik dan Gratis
TinyPNG. (IST)

Berikutnya kamu bisa mengandalkan TinyPNG untuk mengompres berbagai foto berformat PNG dan JPG dengan cepat.

TinyPNG mampu memperkecil ukuran foto dengan efektif sehingga bisa menghemat ruang penyimpanan di perangkatmu.

Dengan tampilan interface yang sangat intuitif, membuat para pengguna nyaman menggunakannya untuk mengompres file yang dimiliki.

BACA JUGA: Aplikasi Kompres Video PC Terbaik

RIOT

RIOT
RIOT. (IST)

Radical Image Optimization Tool (RIOT) akan mempermudah pengguna untuk mengurangi ukuran foto yang tadinya besar menjadi kecil.

Hasil kompresi aplikasi ini cukup baik dan hampir sama dengan foto aslinya. Tampilannya yang simple membuat pengguna bisa menggunakannya dengan mudah, termasuk pengguna baru.

RIOT mampu mengompres file dengan berbagai format grafis, lalu bisa juga disimpan dalam format JPG, GIF, dan PNG.

Terdapat fitur interface panel ganda yang dapat digunakan untuk membandingkan foto yang sudah dikompres dengan foto asli.

PNGGauntlet – Aplikasi Kompres Foto PC

PNGGauntlet Aplikasi Kompres Foto PC
PNGGauntlet. (IST)

PNGGauntlet merupakan aplikasi yang hanya dapat memberikan ekstensi output foto berformat PNG. Sedangkan untuk input bisa seluruh ekstensi, mulai dari JPG, JPEG, GIF, TIFF, hingga BMP.

Kendati foto sudah dikompres, hasilnya akan tetap bagus. Tampilannya yang simple dan user friendly membuat PNGGauntlet cocok bagi siapa saja, termasuk pengguna yang baru melakukan kompres foto.

Namun untuk menggunakan PNGGauntlet, pengguna harus menggunakan Microsoft Framework 4.0. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan aplikasi ini di PC kamu?

JPEGmini

JPEGmini
JPEGmini. (IST)

Ingin menggunakan aplikasi yang penampilannya modern dan intuitif? JPEGmini merupakan aplikasi yang pas untuk kalian gunakan.

Aplikasi ini dapat bekerja cukup cepat untuk mengompres gambar yang kamu inginkan, sehingga lebih efisien dan takkan memakan banyak waktumu.

Tidak hanya satu, kamu bisa melakukan proses kompresi banyak gambar secara massal. Wah, menarik banget! Maka dari itu, segera unduh JPEGmini untuk mulai mengompres gambar yang kamu miliki.

Caesium Image Compressor

Caesium Image Compressor
Caesium Image Compressor. (IST)

Aplikasi kompres foto di PC yang tak kalah bagus adalah Caesium Image Compressor. Terdapat versi portabelnya sehingga tak perlu diinstall.

Beragam file foto atau folde dapat di-drag and drop ke Caesium Image Compressor untuk dikompres secara bersama-sama.

Menariknya, aplikasi ini memiliki fitur preview untuk melihat kualitas foto yang sudah melewati proses kompresi. Sebelum mengompres, pilihlah Input pada menu Format agar format gambar tidak berubah.

Kraken.io

Kraken.io
Kraken.io. (IST)

Terakhir ada Kraken.io yang juga dapat mengurangi ukuran foto secara online. Foto dengan beragam format seperti JPEG, JPG, PNG, dan GIF bisa dikompres dengan aplikasi ini.

Hasil kompresinya pun cukup bagus hampir sama seperti aslinya. Kraken.io menyediakan dua jenis tekni kompresi, yaitu Lossless dan Lossy.

Untuk Lossless adalah tekni kompres tanpa mengurangi pixel foto. Sedang Lossy menggunakan algoritma khusus yang akan mengurangi foto sekecil-kecilnya dan format serta kualitas akan berbeda.

BACA JUGA: Aplikasi Kompres File Untuk Android dan PC

Itulah aplikasi kompres foto untuk PC yang telah selesai dibahas. Pilih salah satunya untuk kalian gunakan memperkecil ukuran foto!

Share.

Leave A Reply