Cara membuat playlist di YouTube tentunya sangat bermanfaat untuk para penggunanya. Pasalnya, dengan membuat playlist atau daftar putar, konten video di channel kamu bisa tersusun dengan rapi.

Para pengguna YouTube lain yang akan melihat video di channel-mu pun akan dipermudah karena konten-konten sudah disusun secara rapi.

Selain membuat daftar putar dengan video-video di channel milik kita, kita pun bisa mengelompokkan video dari channel lain untuk mempermudah kita saat hendak menontonnya.

Bisa diartikan bahwa playlist itu berisi kumpulan video YouTube yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan kategori yang diinginkan penggunanya. Bisa video dari channel sendiri atau orang lain.

Nantinya, video di dalam playlist tersebut bisa diputar secara berurutan sesuai dengan urutannya. Sehinga kita tak perlu repot untuk memilih videonya lagi.

Untuk bikin playlist di YouTube ini kita bisa melakukannya melalui website YouTube di aplikasi browser HP dan PC, atau menggunakan aplikasi YouTube di HP. Penasaran bagaimana caranya?

Cara Membuat Playlist di YouTube di HP dan PC

Langsung saja, ini dia cara buat playlist di YouTube melalui website dan aplikasi seluler. Yuk simak satu persatu caranya.

Melalui aplikasi YouTube di HP

Cara pertama adalah bikin daftar putar di YouTube melalui aplikasi YouTube yang terinstall di HP.

  • Pertama-tama, buka aplikasi YouTube di HP kamu lalu pastikan sudah login menggunakan akun Google-mu.
  • Langkah selanjutnya, cari video yang akan kamu tambahkan ke playlist. Jika sudah ketemu, klik icon titik tiga di samping kanan judul video > Simpan ke playlist > + PLAYLIST BARU untuk membuat playlist yang baru.

Cara Buat Daftar Putar di YouTube

  • Selanjutnya, isi nama playlist sesuai dengan yang kamu inginkan. Kemudian, di bagian privasi kamu bisa memilih privat atau publik.
  • Untuk privat playlist artinya hanya kamu yang dapat menggunakannya. Sementara playlist publik yang memungkinkan orang lain menemukan playlist tersebut. Kemudian, klik BUAT.

Cara Buat Playlist di YouTube

  • Sekarang playlist-nya sudah jadi. Kamu bisa menambahkan video lain ke dalam playlist tersebut, caranya yakni seperti yang sudah dijelaskan tadi.
  • Cari videonya, klik icon titik tiga, lalu klik Simpan ke playlist dan pilih simpan pada nama playlist yang sudah dibuat tadi. Selesai!
  • Untuk membuka playlist tersebut, klik menu Koleksi dan lihat pada opsi Playlist.

Cara Melihat Playlist YouTube

Melalui web browser di HP

  • Cara membuat playlist di YouTube selanjutnya bisa juga melalui web browser di HP. Hal pertama yang harus dilakukan tentunya mengunjungi situs YouTube.com melalui aplikasi browser dan login dengan akun Google.
  • Selanjutnya, carilah video yang akan dimasukkan ke dalam playlist. Setelah menemukannya, langsung buka video tersebut.
  • Klik opsi Simpan > Buat playlist baru > beri nama playlist > pilih privasi atau publik > klik BUAT.

Cara Membuat Daftar Putar di YouTube

BACA JUGA: Cara Membagikan Video YouTube ke WA dengan Mudah

Cara membuat playlist di YouTube lewat PC atau laptop

Cara terakhir adalah melalui PC/laptop yang juga sama-sama mudah dan tak jauh berbeda dari cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

  • Pertama-tama buka aplikasi browser di PC lalu buka situs Youtube.com. Di sini kamu menggunakan Google Chrome, tapi kamu bebas jika mau menggunakan browser lainnya.
  • Login dengan akun Google. Lalu, cari dan buka video yang akan ditambahkan ke dalam playlist. Jika sudah ketemu, langsung buka videonya.
  • Klik opsi Simpan > klik Buat playlist baru jika baru pertama kali membuat.

Pembuatan Daftar Putar

Cara Bikin Daftar Putar Baru

  • Isi judul playlist, namanya bebas sesuai keinginan. Kamu pun bisa mengatur privasinya, bisa publik atau privasi. Jika sudah selesai, klik Buat.

Daftar Putar Baru

Selesai! Kini playlist sudah berhasil dibuat dan untuk menambahkan video lain lakukan cara yang sama berulang lagi, tapi tidak membuat ulang playlistnya melainkan ditambahkan pada playlist yang sudah dibuat.

BACA JUGA: Cara Memutar YouTube di Latar Belakang Tanpa Aplikasi

Itulah cara membuat playlist di YouTube yang bisa kalian ikuti dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply