RANCAH POST – Tak banyak yang menduga bahwa dua seri iPhone lawas yakni iPhone 6S dan iPhone 6S Plus akan kebagian update iOS 15. Hal ini dikarenakan kedua ponsel tersebut sudah menginjak usia yang ke 6 tahun.

Ya, enam tahun merupakan rentang hidup yang sangat lama untuk ukuran sebuah smartphone. Oleh sebab itu, iPhone 6S dan iPhone 6S Plus menjadi smartphone dengan dukungan pembaruan terlama saat ini.

Untuk perangkat Android paling lama akan diberi dukungan update selama 4 tahun seperti yang dilakukan Samsung terhadap sejumlah ponselnya. Di luar Samsung, sejumlah brand lainnya yang memberikan dukungan update rata-rata 2-3 tahun saja.

Meski begitu, pengguna iPhone 6S maupun iPhone 6S Plus jangan terlalu besar kepala. Lantaran ada beberapa fitur iOS 15 yang tidak bisa dijalankan di kedua ponsel tersebut.

Fitur yang dimaksud meliputi Live Text yang memiliki fungsi seperti Google Lensa, Mode Potrait di Facetime dan petunjuk arah yang imersif di Maps. Fitur-fitur tersebut hanya bisa dijalankan di perangkat Apple yang minimal sudah menggunakan chip A12 Bionic.

Kendati demikian, kebagian update iOS 15 saja sudah sepatutnya membuat para pengguna kedua ponsel tersebut bersyukur sebab mereka bisa mencicipi fitur Notification Summary dan Focus.

Selain itu mereka juga dapat berbagi video dan musik di FaceTime. Namun yang terpenting adalah fitur privasi dan keamanan.

FYI, iPhone 6S dan iPhone 6S Plus pertama kali diluncurkan pada bulan September tahun 2015. Keduanya memiliki spesifikasi yang mirip satu sama lain.

Mulai dari layar, suksesor dari iPhone 5S ini punya layar IPS LCD berbentang 5.5 inci dengan resolusi FHD+ (1080 x 1920 piksel) yang dikemas bezel tebal di bagian atas dan bawahnya.

Kedua ponsel ini kompak dipersenjatai Apple A9 (14 nm) yang disandingkan dengan empat varian RAM serta memori internal, yakni 2/16 GB, 2/32 GB, 2/64 GB dan 2/128 GB.

Di sektor fotografi, Apple membekali keduanya dengan kamera belakang 12 MP yang menawarkan bukaan lensa f/2.2 dan kamera depan 5 MP f/2.2. Baterainya kapasitas 2750 mAh.

BACA JUGA: Chipset Apple A15 Bionic Untuk iPhone 13 Masuk Tahap Produksi

Nah, di Indonesia sendiri iPhone 6S maupun iPhone 6S Plus masih memiliki banyak peminat. Bahkan di sejumlah toko online, harga kedua ponsel tersebut masih di atas Rp 3 jutaan.

Share.

Leave A Reply