RANCAH POST – Pasar smartphone dunia saat ini sedang dilanda krisis kelangkaan chipset dan diprediksi akan berlangsung hingga akhir tahun 2022. Apple juga termasuk salah satu perusahaan yang ikut terdampak, kelangkaan chipset tersebut diakui menghambat pasokan MacBook dan juga iPad. Untungnya, iPhone tidak ikut terpengaruh.

Bahkan laporan terbaru mengklaim bahwa saat ini, chipset Apple A15 Bionic yang akan digunakan di jajaran iPhone 13 sudah mulai diproduksi. Hal ini menunjukan bahwa seri iPhone 13 akan dirilis sesuai jadwal, yaitu pada bulan September mendatang.

Chip Apple A15 Bionic sendiri disebut memiliki proses fabrikasi 5nm sama seperti A14 Bionic. Bahkan perusahaan yang bermarkas di Cupertino ini disebut-sebut akan mengirimkan chip dengan fabrikasi 4nm pada 2022.

Sejauh ini chipset Bionic buatan Apple memang membuat beberapa perangkat ciptaannya memimpin daftar Smartphone dengan performa tercepat di dunia jauh di atas ponsel berchipset Snapdragon.

Tak hanya perangkat iPhone, Apple juga baru-baru ini telah mentransfer kekayaan intelektual tersebut ke perangkat Mac dengan chip M1.

iPhone 13 sendiri dilaporkan akan memiliki tampilan yang sangat identik dengan iPhone 12. Meski begitu, perusahaan akan memberikan sedikit perubahan pada modul kamera belakang dan potongan Face ID yang lebih kecil di bagian depan.

Apple iPhone 13 disinyalir akan memiliki tiga ukuran layar yang berbeda seperti layaknya iPhone 12 mini dengan layar seluas 5.4 inci, iPhone 12 6.1 inci atau iPhone 12 Pro Max dengan layar seluas 6.7 inci.

Khusus untuk varian Pro, yaitu iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max diharapkan akan punya layar berteknologi refresh rate 120 Hz untuk pertama kalinya di iPhone.

BACA JUGA: Diperkuat Chipset Apple M1, iPad Pro 2021 Resmi Diumumkan

Berkaca dari seri sebelumnya dimana peluncuran iPhone 12 yang sedikit terganggu gara-gara pandemi COVID-19, peluncuran iPhone 13 diharapkan tidak akan meleset dari jadwal yang sudah ditetapkan.

Share.

Leave A Reply