Banyak yang penasaran dengan bagaimana cara membuat pesan otomatis di WA (WhatsApp) tanpa perlu menggunakan aplikasi WA Business.

Tak sedikit pengguna WhatsApp yang ingin menggunakan fitur autoreply meskipun mereka bukanlah seorang seorang pebisnis dan hanya pengguna WhatsApp reguler saja.

Sebagaimana kita ketahui, fitur balas pesan otomatis di WhatsApp atau  autoreply saat ini baru hadir untuk WhatsApp bisnis (Business).

Namun jangan khawatir, pengguna WhatsApp reguler pun tetap bisa menikmati fitur autoreply walaupun tidak mendaftar sebagai akun bisnis.

Caranya yaitu dengan menginstall aplikasi pihak ketiga. Aplikasi tersebut banyak tersedia di Google Play Store dan kamu bisa memilih salah satunya untuk diunduh.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pengguna WhatsApp reguler bisa membuat semacam chatbot untuk membalas pesan secara otomatis.

Ketika ada seseorang mengirimi pesan lewat WhatsApp, otomatis kamu akan membalasnya tanpa perlu mengetik bahkan tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp.

Cara ini juga bisa menjadi alternatif buat pemilik online shop yang tidak ingin beralih menggunakan WhatsApp Business.

Buat yang belum tahu caranya, wajib membaca artikel ini sampai selesai karena Rancah post akan membahasa tutorial lengkapnya.

Cara Membuat Pesan Otomatis di WA (WhatsApp)

Berikut ini langkah-langkah untuk membalas pesan otomatis di WhatsApp dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

  • Pertama-tama, download dan install aplikasi bernama AutoResponder untuk WhatsApp – Balasan Otomatis lewat toko aplikasi Google Play Store di HP kamu dengan ukuran sekitar 8,7 MB.

AutoResponder untuk WhatsApp Balasan Otomatis

  • Setelah selesai, buka aplikasinya dan klik Mulai Sekarang > aktifkan toggle untuk akses notifikasi AutoResponder > klik icon (+) di pojok kanan bawah.

Cara Membalas Pesan WhatsApp Otomatis

  • Di sini kamu akan diminta untuk mengisi sesuai dengan kemauan sendiri. Kamu juga bisa menggunakan AutoResponder secara gratis dan berbayar. Klik Coba Gratis untuk mencoba secara gratis.

Percobaan Aplikasi Gratis

  • Di kolom pertama, isilah pesan masuk sesuai dengan yang ingin kamu jawab otomatis. Lalu, di kolom kedua, tulis pesan jawaban otomatismu. Di kolom ketiga, pilihan untuk menjawab.
  • Cara membuat pesan otomatis di WA selanjutnya, isilah kembali di kolom keempat mengenai berapa lama waktu tunggu yang diperlukan sampai pesan tersebut bisa terbalas otomatis.

Cara Membuat Pesan Otomatis di WA dengan Bantuan Aplikasi

  • Di kolom kelima, pilih siapa saja yang dapat memperoleh pesan otomatis, bisa pribadi, grup, atau keduanya.
  • Di kolom Kontak Tertentu, kamu bisa pilih kontak tertentu yang dapat dan  tidak dapat menerima balasan otomatis. Selain itu, kamu bisa mengatur template selanjutnya sesuai keinginan.
  • Klik icon centang untuk menyimpan perubahan. Selesai!

Cara Atur Pesan Otomatis

Di bawah ini adalah contoh ketika kamu berhasil mengikuti satu persatu langkah yang sudah dijelaskan tadi.

Contoh Pesan Otomatis

BACA JUGA: Cara Mengirim Pesan Whatsapp ke Banyak Nomor Tanpa Aplikasi

Sekian pembahasan kali ini mengenai cara membuat pesan otomatis di WA dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply