Cara agar aplikasi tidak update otomatis ke versi terbaru di Android bisa dilakukan dengan beberapa metode mudah. Sehingga aplikasi pun bisa diperbarui sesuai dengan keinginan penggunanya.

Beberapa pengguna merasa kurang nyaman ketika aplikasi di HP Android-nya kerap melakukan pembaruan secara otomatis.

Pasalnya hal tersebut bisa membuat kuota internet yang dimiliki jadi cepat habis, belum lagi baterai ponsel pun jadi semakin boros.

Apalagi jika jumlah aplikasi di ponselmu cukup banyak dan setiap harinya ada yang auto update serta ukuran aplikasinya cukup besar. Pastinya kuota internet yang terpakai pun cukup banyak.

Buat pengguna yang punya kuota internet berlimpah tentu tidak masalah, tapi lain halnya dengan pengguna yang sedang irit kuota.

Namun tak perlu khawatir lagi, karena setiap pengguna diberi kesempatan untuk mengatur setelan update di Google Play Store mereka.

Sehingga aplikasi tidak akan di-update secara otomatis lagi dan hanya bisa diperbarui ketika kamu menginginkannya.

Jika belum tahu caranya, kalian bisa simak pembahasan pada artikel ini sampai selesai karena akan membahas cara agar aplikasi di Google Play Store tidak meng-update secara otomatis.

Cara Agar Aplikasi Tidak Update Otomatis di HP Android

Langsung simak satu persatu langkah-langkah untuk menonaktikfkan update otomatis di Google Play Store.

Cara nonaktifkan pembaruan otomatis

Cara pertama yang akan dibahas adalah menonaktifkan update otomatis atau auto update. Sehingga aplikasi tidak akan terupdate secara otomatis walau terkoneksi ke jaringan internet.

  • Pertama buka aplikasi Google Play Store yang ada di smartphone-mu.
  • Lalu, buka menu Setelan > klik Umum > klik update otomatis aplikasi.

Cara Agar Aplikasi Tidak Update Secara Otomatis

  • Di sini ada opsi Melalui jaringan apa pun, Melalui Wi-Fi saja, dan Jangan update otomatis aplikasi.
  • Untuk menonaktifkan update otomatis, maka klik Jangan update otomatis aplikasi. Untuk menyimpan pengaturan, klik Selesai.

Cara Matikan Pembaruan Otomatis

Setelah ini, maka Google Play Store tidak akan mengupdate aplikasi secara otomatis jika pengguna tidak menginginkannya.

BACA JUGA: Cara Mengatasi ‘Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti’

Cara atur update otomatis hanya dengan jaringan WiFi saja

Setelah mengetahui cara agar aplikasi tidak auto update, kamu juga bisa mengatur agar apilikasi hanya dapat auto update ketika tersambung ke jaringan WiFi saja.

Sehingga ketika tidak tersambung ke WiFi atau hanya menggunakan data seluler, maka aplikasi Play Store tidak akan memperbarui secara otomatis. Caranya hampir sama dengan cara di atas, namun opsi yang harus kamu pilih adalah Melalui Wi-Fi saja.

Cara Supaya Aplikasi Hanya Bisa Diperbarui dengan WiFi

BACA JUGA: Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store

Cara agar aplikasi Android tidak update secara otomatis yang sudah dijelaskan tadi pastinya sangat mudah dilakukan oleh setiap pengguna. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Share.

Leave A Reply