Minggu, 5 Juli 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi 'Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti'

Cara Mengatasi ‘Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti’

Cara mengatasi sayangnya Google Play Store telah berhenti – Google Play Store adalah toko aplikasi resmi yang sering digunakan oleh pengguna hp Android untuk menginstall aplikasi.

Biasanya aplikasi Google Play Store sudah terinstall secara default sebelum perangkat sampai di tangan pengguna itu sendiri.

Dengan adanya layanan resmi dari Google ini, pengguna bisa dengan nyaman menginstall berbagai macam aplikasi seperti game online, aplikasi streaming musik atau bahkan aplikasi dewasa seperti yang belakangan ini ramai diperbincangkan.

Akan tetapi sama halnya dengan aplikasi-aplikasi lain, aplikasi Google Play Store juga terkadang mengalami sedikit permasalahan yaitu kerap kali aplikasi ini tiba-tiba berhenti alias force close yang ditandai dengan muncul pesan “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti“.

Agar bisa menyelesaikan masalah tersebut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Mau tau seperti apa caranya? Simak aja deh pembahasan lengkap yang sudah Rancah Post rangkum berikut ini.

Cara Mengatasi Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti

1. Clear Cache Aplikasi

Cara mengatasi permasalahan sayangnya Google Play Store telah berhenti yang paling sederhana adalah dengan membersihkan file cache aplikasi Google Play Store itu sendiri.

Hal ini dikarenakan menumpuknya file cache yang terlalu banyak akan membuat aplikasi menjadi berat sehingga tidak bisa berjalan dengan optimal.

Cara membersihkan cache aplikasi Play Store sangatlah mudah. Buka menu Setting > Aplikasi > Pilih aplikasi Google Play Store > Hapus Cache.

Cara mengatasi layanan Google Play terus berhenti
Cara mengatasi layanan Google Play terus berhenti. (IST/SS)

2. Hapus Data Google Play Store

Jika cara pertama masih belum membuahkan hasil, cara kedua yang bisa Anda coba adalah menghapus data aplikasi.

Cara membersihkannya hampir mirip dengan cara yang pertama. Masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Pilih aplikasi Google Play Store > Hapus Data.

Cara memperbaiki Google Play Store
Cara memperbaiki Google Play Store. (IST/SS)

3. Update Sistem Operasi

Kemungkinan masalah tidak hanya pada aplikasi Google Play Store, namun bisa juga karena masih menggunakan Sistem Android sudah lawas.

Maka dari itu, cobalah untuk melakukan update sistem perangkat Anda. Karena dengan melakukn update, stabilitas sistem akan ditingkatkan sehingga aplikasi terinstal juga akan lebih optimal.

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Semua HP Android

Dengan menggunakan ketiga cara mengatasi permasalahan Google Play Store yang telah berhenti di atas, akan membuat Google Play Store dapat bekerja dengan baik kembali.

Namun Jika cara di atas tidak berhasil, Anda dapat melakukan pengecekan virus atau dengan melakukan factory reset.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,396FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan