Berita Nasional, RANCAH POST – Beberapa waktu lalu publik sempat dihebohkan dengan kabar penangkapan hewan diduga babi jadi-jadian atau babi ngepet di Bedahan, Sawangan, Depok.

Setelah kasus penangkapan babi ngepet ini diselidiki polisi, terungkap jika hal tersebut ternyata hanyalah rekayasa semata.

Berdasarkan keterangan dari Kapolresta Depok Kombes Imran Edwin Siregar dalam jumpa pers di Polresta Depok, kamis 29 April 2021, berita viral tentang babi ngepet itu adalah hoaks alias berita bohong.

“Kami sampaikan semua yang sudah viral tiga hari sebelumnya itu adalah¬†hoaks, itu berita bohong. Kejadiannya tidak seperti apa yang diberitakan,” ungkap Imran.

Melansir Detik.com, pelaku yang terlibat dalam kasus ini disebutkan adalah Ustadz Adam Ibrahim, dan ia yang pertama menyebarkan berita bohong ini.

Kabarnya, Adam Ibrahim pun sudah ditangkap dan dijadikan sebagai tersangka. Kombes Imran mengatakan berita hoaks ini berawal dari tersangka Adam Ibrahim menerima laporan mengenai sejumlah warga yang kehilangan uang, ada yang Rp1 juta dan ada yang Rp2 juta.

Dari sanalah Adam dan delapan orang lainnya bekerja sama mengarang cerita tentang adanya babi jadi-jadian alias babi ngepet, dan merekayasa seolah-olah kabar itu benar.

“Tersangka ini bekerja sama dengan kurang-lebih delapan orang, mengarang cerita tersebut, seolah-olah babi ngepet itu benar. Ternyata itu rekayasa tersangka dan teman-temannya,” kata Imran.

Imran mengungkapkan bahwa babi yang disebut babi ngepet itu dipesan oleh Adam secara online dan dibeli dengan harga Rp900.000 dengan ongkir Rp200.000

Imran pun mengatakan bahwa motif tersangka melakukan hal ini diduga karena ingin lebih terkenal di kampungnya. Mengingat Adam sendiri merupakan seorang tokoh masyarakat di sana tapi kurang terkenal.

Dengan demikian, cerita-cerita yang viral beberapa waktu lalu terkait penangkapan babi ngepet di Bedahan, Depok itu hoaks dan hasil rekayasa saja.

Sebelumnya, isu babi ngepet ini viral di media sosial sejak Selasa 27 April 2021. Hewan yang disebut babi jadi-jadian itu dimasukkan ke dalam kandang usai berhasil ditangkap.

BACA JUGA: Usai Ditangkap Warga, Hewan Diduga Babi Ngepet di Bedahan Depok Akhirnya Disembelih

Warga yang penasaran pun ramai mendatangi lokasi hingga menimbulkan kerumunan. Hingga akhirnya babi itu disembelih dan dikubur warga.

Share.

Leave A Reply