RANCAH POST – WhatsApp baru saja menggulirkan fitur baru bernama Custom Wallpaper. Fitur ini merupakan jawaban untuk para pengguna yang selalu menanyakan bagaimana cara merubah wallpaper chat WhatsApp berbeda tiap kontak.

Ya, melalu fitur Custom Wallpaper tersebut pengguna dapat merubah wallpaper berbeda untuk semua kontak obrolan.

Seperti yang kita tahu sebelumnya, pengguna hanya bisa memilih satu gambar untuk dijadikan sebagai wallpaper alias background.

Nah, fitur Custom Wallpaper ini sebetulnya telah dirilis sejak bulan Desember 2020 lalu. Namun fitur tersebut belum disebar secara merata ke semua penggunanya.

Sekarang, pengguna WhatsApp di Indonesia sudah bisa menggunakan fitur tersebut dengan catatan harus memperbarui aplikasi WhatsApp yang terinstal di smartphone ke versi terbaru lebih dulu.

Hingga sejauh ini, ada empat opsi wallpaper yang disediakan, mulai dari warna cerah, gelap, custom hingga solid.

Daya tarik lain adalah fitur ini secara otomatis akan menyesuaikan dengan sistem ponsel. Dimana jika pengguna mengaktifkan mode gelap, maka secara otomatis wallpaper akan berubah ke gambar yang gelap dan begitu pula sebaliknya.

Lalu, bagaimana cara merubah wallpaper chat WhatsApp berbeda tiap kontak? Berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Merubah Wallpaper Chat WhatsApp Berbeda Tiap Kontak

1. Langkah pertama silahkan update terlebih dahulu aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone Anda ke versi terbaru lebih dulu lewat toko aplikasi resmi Google Play Store atau App Store, tergantung jenis smartphone yang digunakan.

2. Jika sudah, buka aplikasi WhatsApp lalu pilih salah satu kontak yang wallpaper percakapannya ingin Anda bedakan. Misalnya pacar, sahabat, orang tua atau lain sebagainya.

Cara membedakan wallpaper chat WA
Cara membedakan wallpaper chat WA. (SS)

3. Selanjutnya klik simbol tiga titik di pojok kanan dan klik pada menu Wallpaper.

Cara mengganti wallpaper chat
Cara mengganti wallpaper chat. (SS)

4. Silahkan Anda pilih salah satu wallpaper yang tersedia bisa warna cerah, gelap, solid, atau bisa pula menggunakan gambar dari Galeri smartphone.

5. Apabila sudah ditentukan, nantinya akan muncul preview. Jika dirasa sudah cocok tinggal klik tombol Setel Wallpaper.

Cara merubah wallpaper obrolan WhatsApp
Cara merubah wallpaper obrolan WhatsApp. (SS)

6. Pilih opsi ‘Untuk Chat (nama kontak)‘, jika wallpaper yang sudah Anda pilih tadi ingini digunakan untuk chat dengan orang tersebut.

BACA JUGA: Cara Spam Chat WA

Tapi, apabila Anda memilih opsi ‘Untuk Semua Chat dengan Mode Gelap/Terang‘, maka secara otomatis wallpaper tersebut akan digunakan untuk semua ruang chat.

Share.

Leave A Reply