Senin, 28 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Ngecas HP yang Benar Supaya Baterai Tetap Awet

Cara Ngecas HP yang Benar Supaya Baterai Tetap Awet

Agar baterai smartphone tetap awet dan tahan lama, sebaiknya kamu harus mengetahui bagaimana cara ngecas HP yang benar dan aman.

Seperti yang sudah kita ketahui, baterai merupakan bagian yang vital, karena dialah yang menentukan nyala tidaknya HP kamu.

Tak dapat dipungkiri, kebanyakan orang pastinya ketika membeli smartphone terlebih dahulu memperhatikan kapasitas baterainya.

Namun, sebesar apapun kapasitas baterai, jika kamu tidak merawatnya dengan benar, bisa saja baterai tidak akan awet lama, bahkan jadi boros.

Salah satu caranya adalah memperhatikan cara mengisi daya alias ngecas, harus dengan baik dan benar, jangan sembarangan!

Berkaitan dengan hal tersebut, seperti biasa di artikel kali ini Rancah Post telah menyiapkan ulasan mengenai cara mengisi daya yang baik dan benar supaya baterai tetap awet.

Cara Ngecas HP yang Benar Supaya Baterai Tetap Awet

Berikut ini cara-cara cas handphone yang baik yang perlu kamu ketahui, guys. Langsung saja ini dia!

Selalu pakai charger bawaan

Mengisi daya sangat baik jika kamu menggunakan charger yang bawaan atau asli. Hal ini karena charger bawaan sudah di-setting sedemikian rupa supaya dapat mengisi daya secara baik.

Ketika bepergian, lalu lupa membawa charger dan kamu pun terpaksa meminjam pada orang lain, sebaiknya lihatlah dulu kualitas charger tersebut dengan mengecek voltase dan ampere pada bagian kepala charger.

Namun tentunya pemakaian charger bawaan itu lebih baik dan aman, jadi jangan sampai lupa untuk membawa charger ketika hendak bepergian jauh.

Charge sebelum baterai habis

Cara ngecas HP yang benar dan aman selanjutnya adalah usahakan untuk mengecas ketika baterai belum benar-benar habis.

Untuk itu, usahakan mengecas ketika baterai masih sekitar 30% sampai 40%. Artinya jangan sampai kamu mengecas ketika baterai sudah benar-benar habis.

Selain 30% sampai 40%, setidaknya kamu perlu mengecas ketika baterai sudah 20%. Jika keseringan mengecas baterai 15% ke bawah, itu tidak baik bagi baterai HP kamu.

Isi daya tidak sampai 100%

Apakah kamu kerap mengecas HP sampai 100%? Jika iya, hal tersebut ternyata salah dan sebaiknya tidak lagi kamu lakukan lagi.

Idealnya, kamu perlu mengecas HP tidak sampai penuh melainkan sekutar 80% saja. Karena jika mengisi daya terlalu penuh, bisa membuat kinerja baterai menurun.

Redupkan kontras layar HP-mu.

Tata cara ngecas HP yang benar yang satu ini juga wajib banget diperhatikan. Usahakan untuk menurunkan kontras layar HP supaya proses pengisian bisa berjalan dengan baik.

Jika kontras layar terlalu terang, bisa membuat konsumsi daya yang digunakan juga semakin tinggi.

Nonaktifkan sementara jaringan internet

Apabila kamu tidak memerlukan chat atau panggilan video ketika mengecas, sebaiknya nonaktifkan sementara jaringan internet pada HP-mu.

Hal ini karena daya yang terpakai sangat tinggi ketika HP mengambil data internet. Akan tetapi, bagi kamu yang memerlukan koneksi yang tak pernah putus setiap saat, cara ini mungkin kurang cocok.

Matikan HP kalau perlu

Mematikan HP bisa menjadi cara ngecas HP yang benar juga lho, tapi itu jika perlu. Karena mengecas saat HP menyala itu tidak salah. Namun, ketika Anda mematikan HP, proses mengisi daya bisa lebih cepat.

Jangan mengecas dengan port USB

Seperti di awal, mengecas HP yang paling terbaik adalah menggunakan charge bawaan. Maka dari itu, hindarilah menggunakan USB laptop atau komputer ketika mengecas.

Kecuali apabila kamu sedang memerlukan transfer data dengan mode USB. USB di desain bukan untuk mengecas, melainkan untuk mentransfer data dan untuk port sejumlah hardware.

BACA JUGA: Cara Mempercepat Pengisian Baterai Agar Terisi Penuh Dalam Waktu Singkat

Itulah beberapa cara ngecas HP yang benar dan aman. Semoga bermanfaat, teman-teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,947FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan