Sabtu, 26 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Penyebab Download Tertunda di Play Store dan Cara Mengatasinya

Penyebab Download Tertunda di Play Store dan Cara Mengatasinya

Perlu Anda ketahui, ternyata ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab download tertunda di Google Play Store. Mau tahu?

Google Play Store adalah layanan bagi kita untuk mengunduh beragam aplikasi di HP Android, mulai dari Instagram, WhatsApp, hingga game-game yang sedang populer.

Namun, beberapa orang, mungkin termasuk Anda mungkin pernah mengalami yang namanya lama atau bahkan tertunda saat mendownload aplikasi di Play Store.

Kejadian ini pastinya membuat Anda kesal karena sedang terburu-buru mengunduh aplikasi di HP android dan ingin segera menggunakannya.

Akan tetapi, entah apa penyebabnya, proses download aplikasi di Play Store tiba-tiba tentunda, alhasil game atau aplikasi lainnya tak terunduh di HP Anda.

Lantas apa yang menyebabkan tiba-tiba download tertunda pada Play Store? Tenang saja, di artikel kali ini Rancah Post akan menyiapkan ulasannya plus cara mengatasinya.

Penyebab Download Tertunda di Play Store

Langsung saja, berikut ini hal-hal yang bisa menyebabkan download tiba-tiba tertunda pada Play Store.

Adanya aplikasi lain yang tengah Anda unduh

Apakah Anda pernah mengalami masalah download tertunda pada Play Store? Coba cek lagi, mungkin saja Play Store tengah me-update secara otomatis pada aplikasi yang lainnya.

Kalau begini, tentunya aplikasi yang saat ini Anda download masuk ke dalam antrean atau tengah menunggu download.

Jaringan internet lemah

Penyebab download tertunda di Play Store selanjutnya bisa juga karena koneksi internet di HP Anda yang tidak lancar atau lemah.

Seperti yang sudah kita ketahui, ketika hendak mendownload suatu aplikasi, tentunya kita memerlukan koneksi yang stabil serta lancar.

Perhatikan lagi koneksi internet di HP Anda, apakah lemah atau mungkin kehabisan kuota internet. Karena jika itu terjadi, proses download pun bakal tertunda.

Memori internal penuh atau tidak mencukupi

Beragam aplikasi saat ini memang lagi populer, pastinya Anda tidak ingin ketinggalan untuk mendownload aplikasi-aplikasi tersebut agar semakin kekinian.

Akan tetapi, semakin banyak aplikasi yang terpasang di HP, bisa membuat memori internal penuh dan hal ini berdampak ketika kamu hendak mengunduh aplikasi lagi.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Nah, tadi penyebab download tertunda di Play Store sudah kami jelaskan, langsung saja dilanjut bagaimana cara mengatasi permasalahan ini.

Bersihkan cache di Play Store

Cara pertama yang Anda lakukan untuk mengatasi download tertunda pad Play Store yaitu dengan membersihkan cache di HP.

  • Buka menu settings di HP Anda, lalu cari ‘Apps’
  • Setelah tampil semua aplikasi yang ada di HP Anda, karena kali ini kita akan membersihkan cache di Play Store, maka carilah aplikasi Google Play Store.
  • Kalau sudah ketemu, pililah menu Penyimpanan
  • Kemudian, pilih opsi ‘Hapus Cache dan Hapus Data’ pada Play Store untuk membersihkan file-file sampah yang sudah tak berguna lagi.
Perbaharui versi Google Play Store

Cara yang kedua adalah dengan memperbaharui versi Google Play Store yang ada di HP Anda.

Karena ternyata, penyebab download tertunda di Google Play Store juga bisa disebabkan oleh versi Play Store di HP Anda yang sudah usang dan harus di-update.

  • Caranya sangat mudah, cukup dengan membuka aplikasi Google Play Store di HP Anda, lalu pilih opsi yang ada di pojok kiri atas.
  • Setelah itu, pilih opsi setelan untuk Setting Google Play Store. Scroll layar ke bawa sampai menemukan bagian Versi Play Store.
  • Agar terperbaharui, ketuk saja beberapa kali di bagian Versi Play Store sampai muncul update.

BACA JUGA: 4 Cara Memperbarui Google Play Store dengan Mudah

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi download tertunda di Google Play Store yang mudah. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,954FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan