Minggu, 27 September 2020
Beranda Teknologi Viral Video VIRAL Petugas Terpaksa Kuburkan Jenazah Covid-19 Hanya Pakai Tangan

VIRAL Petugas Terpaksa Kuburkan Jenazah Covid-19 Hanya Pakai Tangan

Viral Video, RANCAH POST – Jagat media sosial kerap diramaikan dengan kisah-kisah seputar proses pemakaman jenazah pasien Covid-19. Seperti yang kali ini terjadi, sejumlah petugas Covid-19 yang terpaksa kuburkan jenazah pakai tangan.

Kejadian tersebut sempat direkam dan videonya viral di media sosial. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @manaberita, terlihat sejumlah petugas tengah memakamkan jenazah pasien dengan protokol kesehatan Covid-19.

Para petugas yang mengenakan APD lengkap tampak sedang bersama-sama menutup lubang makam tersebut dengan tidak menggunakan cangkul, melainkan hanya pakai tangan kosong dan alat seadanya.

“Enggak ada cangkul, pakai tangan. Dibawa pulang semua cangkulnya,” ucap seseorang yang merekam kejadian tersebut.

Selain petugas yang mengenakan APD, di sekitar lokasi pemakaman pun tampak ada sejumlah warga yang menyaksikan secara langsung proses penguburan dari jarak jauh.

Melansir dari Tribunnews.com, diketahui peristiwa petugas kuburkan jenazah Covid-19 pakai tangan ini terjadi di Dusun Karangtemplek, Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, pada Minggu 9 Agustus 2020.

Diketahui, petugas yang menguburkan jenazah tersebut dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember.

Mereka terpaksa harus menutup lubang makam dengan tangan dan alat seadanya lantaran warga enggan meminjamkan cangkul. Mengenai hal ini, Camat Ambulu Sutarman memberikan penjelasan.

Menurutnya, sebelum pemakaman pihak musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika) dan desa sudah mengondisikan dengan sebaik mungkin perilah persiapan untuk memakamkan jenazah Covid-19.

Sutarman menjelaskan bahwa beberapa warga sudah menggali lubang untuk pemakaman jenazah. Namun, saat itu petugas yang hendak memakamkan tidak membawa peralatan seperti cangkul atau sekop.

Kendati demikian, warga sekitar tidak berani untuk meminjamkan cangkul mereka pada petugas. Hal tersebut lantaran takut ikut tertular Covid-19.

Peristiwa seperti ini diketahui baru pertama kali terjadi, biasanya proses pemakaman jenazah kerap berjalan lancar.

Dengan adanya kejadian ini, Sutarman meminta agar BPBD Jember melakukan koordinasi dengan Muspika setempat agar tak terjadi kejaian serupa.

Sementara itu, rekaman video ketika petugas kuburkan jenazah Covid-19 pakai tangan ini menjadi viral dan menuai beragam tanggapan.

lilis.hlsh, “Sedihhh…suami saya petugas pemakaman jenazah covid…semoga suami saya tdk menemui hal bodoh spt ini..”

dapur_pepey, “Kasian petugasnya Cape nya double, ud mah panas pk baju APD… Mudah2an jd pahala double jg buat mrka Aamiin….”

BACA JUGA: Jadi Imam, Petugas Covid-19 Lakukan Gerakan Rukuk Saat Salat Jenazah

ardinisri9, “Semangat para petugas,,semoga lelahmu menjadi lillah yang menjadi pemberat amal baikmu di yaumul hisab,, Aamiin”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,949FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan