Sabtu, 26 September 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan 6 Cara Merawat Kuku Panjang Agar Tetap Bersih dan Sehat

6 Cara Merawat Kuku Panjang Agar Tetap Bersih dan Sehat

RANCAH POST – Merawat kuku panjang harus dilakukan dengan cara yang benar agar kita memiliki kuku yang putih bersih, tidak kuning serta terhindar dari kotoran-kotoran yang menempel.

Seperti yang sudah kita ketahui, memanjangkan kuku memang menjadi tren atau bahkan kebiasaan orang-orang, terutama wanita.

Memanjangkan kuku menjadi bagian dari fashion untuk membuat penampilan semakin OK. Akan tetapi, tak sedikit orang yang memanjangkan kuku tanpa merawatnya dengan benar.

Bahkan mungkin menganggap perawatan kuku ini adalah hal yang sepele dan tidak penting untuk dilakukan. Namun, ada baiknya untuk tidak menyepelakannya karena merawat kuku itu sangat penting.

Tak jarang, orang-orang pun rela mengeluarkan budget yang tak sedikit untuk perawatan kuku ke salon.

Bagi yang ingin tetap memiliki kuku panjang yang cantik namun dengan budget murah, kita bisa melakukan perawatan di rumah.

Cara Merawat Kuku Panjang

Langsung saja, berikut ini Rancah Post punya beberapa cara-cara sederhana yang bia Anda lakukan untuk perawatan kuku panjang di rumah.

Selalu menjaga kebersihan kuku

Perawatan kuku panjang yang paling mudah adalah dengan selalu menjaga kebersihannya agar kuku tidak mudah patah atau rusak serta terhindari dari masalah kuku. Jangan biarkan jugabanyak kotoran menumpuk di bawah kuku.

Untuk itu, rutinlah membersihkan kuku secara teratur dan pastikan semua alat perawatan kuku dicuci secara berkala sampai bersih. Anda juga bisa menggunakan disinfektan alami yakni tea tree oil untuk merawat kuku yang panjang.

Jangan mengigit kuku

Cara merawat kuku panjang agar tidak mudah patah dan tetap bersih selanjutnya adalah dengan menghindari kebiasaan mengigit kuku.

Mengigit kuku bisa membuat kuku jadi tidak sehat, bahkan timbulnya luka kecil di samping kuku dapat membuat bakteri atau jamur mudah masuk hingga menimbulkan infeksi.

Selain itu, area yang jotor serta air liur merupakan enzim yang bisa meecah kulit. Maka, Anda pun dapat mengalami infeksi apabila terus melakukan kebiasaan ini.

Memotong kuku secara teratur

Meskipun ingin memiliki kuku yang panjang, cobalah lakukan perawatan dengan sedikit memotongnya di bagian ujung.

Disarankan memotong kuku dengan benar, yakni secara lurus lalu berikan lekukan membulat di bagian sudut supaya kuku tidak mudah patah.

Hindari mengikis cat kuku

Cobalah untuk tidak mengikis cat kuku ketika Anda bosan dengan warnanya lalu ingin mengoleskan warna cat kuku baru. Meski sepele, cara merawat kuku panjang yang satu ini sangat penting.

Hindari mengikis kuku memakai bahan berbahaya atau mengerik permukaan kuku secara kasar karena bisa menimbulkan kerusakan pada kuku. Jika ingin menghapus cat kuku, gunakanlah nail polish remover.

Menggosoknya dengan belimbing wuluh

Cara merawat kuku agar tetap bersih bisa dilakukan secara alami dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah, salah satunya dengan belimbing wuluh.

Cara penggunaannya sangat mudah, cukup dengan menggosokan potongan belimbing wiluh pada kuku yang mau dibersihkan. Setelah selesai, Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air.

Gunakan pelembab

Gunakan pelembab untuk kulit di sekitar kuku dan kutikula untuk merawatnya agar tetap cantik. Ini sangat penting untuk menghindari kulit di sekitar kuku menjadi kering dan mengelupas.

Karena jika hal tersebut terjadi dapat memicu timbulnya kerusakan pada kuku. Maka dari itu, gunakanlah pelembab secara rutin dan teratur untuk menjaga kuku tetap sehat.

Demikian beberapa cara merawat kuku sudah kami jelaskan. Selain melakukan perawatan dari luar, lakukan juga perawatan dari dalam dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan kuku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,954FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan