Sabtu, 26 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik 4 Cara Melihat IP Adress HP Android dengan Cepat

4 Cara Melihat IP Adress HP Android dengan Cepat

RANCAH POST – Cara melihat IP Adress HP Android mungkin saat ini memang sedang dicari-cari oleh para pengguna smartphone. Hal ini biasanya sih bertujuan agar bisa mengecek lokasi dari IP HP yang pemiliknya punya.

Untuk kamu yang belum mengetahuinya, IP Adress ialah sebuah nomor yang menunjukan identitas, pada saat HP terhubung pada jaringan internet. Di dalamnya akan ada beberapa informasi mengenai perangkat yang digunakan, provider, sampai lokasinya.

Tak hanya mengenai HP Android saja namun juga perangkat lainnya pun misalnya komputer dan laptop juga tentunya mempunyai IP Adress ya, guys.

Pada umumnya, IP Adress ini memang tak ditampilkan dengan langsung. Oleh karena itu, terdapat beberapa langkah atau cara melihat IP Adress HP Android yang harus kamu lakukan untuk bisa mengetahui berapa nomornya.

Nah, berikut ini ada 4 cara yang bisa kamu lakukan langsung pada perangkat Android kamu tanpa harus membutuhkan perangkat tambahan lainnya lagi.

Cara Melihat IP Adress HP Android

Cara Melihat IP Adress Secara Online

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yakni dengan mengecek alam IP HP Android kamu dengan akurat secara online dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama-tama kamu harus membuka Browser terlebih dahulu.
  • Jika sudah, kamu bisa pergi ke situs bernama IPSaya.com.
  • Lalu, kamu akan melihat mengenai informasi jaringan internet yang digunakan.
  • Lihat pada bagian kolom “IP Address Utama yang Anda Gunakan“. Itulah alama IP milikmu.

Sama halnya dengan yang sudah dijelaskan di poin nomor 3, pada halaman IPSaya.com akan ada sederet informasi mengenai jaringan internet yang digunakan.

Nah, hal tersebut merupakan salah satu kelebihannya, guys! Kamu bisa mengecek lokasi perangkat (devices) yang digunakan, dan ISP (Provider).

IPSaya. com juga mempunyai desain yang sederhana sekali, akan tetapi tetap mempunyai beragam fitur yang sangat berguna untuk kamu. Kamu juga tak usah menunggu waktu lama agar bisa mengecek IP HP Android dengan situs ini.

Mengetahui IP Adress HP Android melalui Localhost

Sebenarnya, cara melihat IP Adress HP Android ini mungkin agak sedikit sama dengan cara sebelumnya. Pengecekan melalui localhost ini juga bekerja dengan cara membuka alamat lokal di HP. Dengan cara-cara berikut ini.

  • Langkah pertama kamu harus membuka terleebih dahulu Browser di HP.
  • Kemudian kunjungi situs Localhost.com.
  • Maka di sana kamu akan melihat IP Adress secara tertara. Maka itulah IP HP yang kamu gunakan.

IP yang ditampilkan tentu saja sangatlah akurat. Kamu pun bisa membuka situsnya melalui browser apa saja, ya!

Cara Cek IP WiFi Melalui Setelan HP Android

Jika kamu ingin melakukan cara melihat IP Adress HP Android melalui setelan, hal tersebut hanya bisa dilakukan untuk IP WiFi saja ya, guys!

Pada saat sebuah perangkat Android tersambung dengan WiFi maka akan ada informasi singkat mengenai koneksi. Salah satunya ialah IP Adress yang diperoleh HP. Nah, informasi tersebut bisa kamu cek menggunakan setelan HP Android yang kamu gunakan.

Dan perlu kamu ketahui jika setiap HP mungkin tata letak pengaturannya akan sedikit berbeda, tergantung merk dan versi Android yang kamu gunakan. Salah satunya seperti di bawah ini.

  • Pertama, buka Setelan HP Android kamu.
  • Lalu buka menu WiFi.
  • Hubungkan HP dengan WiFi, lalu masuk pada menu Pengaturan.
  • Pada halaman Pengaturan WiFi, maka kamu akan melihat informasi alamat IP yang sedang kamu gunakan.

Cara Cek IP Adress Android Melalui Aplikasi

Kemudian cara melihat IP Adress HP Android yang terakhir yang bisa kamu lakukan yakni dengan bantuan pihak ketiga yakni aplikasi bernama IP Tools: WiFi Analyzer. Dengan langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan ialah dengan menginstall aplikasi IP Tools di Play Store.
  • Jika sudah, kemudian buka aplikasinya.
  • Lalu, cek pada kolom IP Bawaan. Di sana akan ada alamat IP dari HP yang kamu gunakan.

Akan tetapi, jika kamu menggunakan dua jaringan, WiFi dan seluler, maka alangkah baiknya untuk disconnect terlebih dahulu, kemudian connect-kan kembali secara satu persatu. Kamu pun nantinya akan melihat IP-nya berubah menjadi mati.

BACA JUGA: Jangan Panik! Begini Cara untuk Mengembalikan IMEI yang Hilang di HP

Jika kamu menggunakan aplikasi ini, informasi yang ditampilkan cukup lengkap. Selain informasi lokasi, kamu juga bisa mengetahui kualitas sinyal, dan juga kecepatan internet yang sedang terhubung.

Nah, itu dia beberapa cara melihat IP Adress HP Android yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat. Selamat mencobanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,954FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan