Rabu, 23 September 2020
Beranda Teknologi Aplikasi 5 Aplikasi Backup Data di Smartphone Android

5 Aplikasi Backup Data di Smartphone Android

RANCAH POST – Butuh backup data namun tidak tahu bagaimana caranya? Jangan khawatir, karena caranya sangat mudah dengan bantuan aplikasi backup data di smartphone sehingga kamu pun bisa melakukannya sendiri tanpa takut salah.

Backup menjadi salah satu hal yang sangat penting dilakukan untuk pengguna smartphone. Pasalnya, dengan melakukan backup, maka kamu akan meminimalisir terjadinya kehilangan data pada Android, misalnya foto, musik, SMS dan lainnya.

Cara mem-backup data di Android memang sangatlah beragam, kamu hanya perlu memilih cara mana yang memang pas dan cocok untuk kamu lakukan dengan mudah.
Akan tetapi, satu hal yang harus kamu ketahui, jika setiap ponsel biasanya akan menyertakan aplikasi backup khusus yang pada perangkatnya.

Misalnya saja pada ponsel merek Samsung mempunyai program yang bernama Kies, Lenovo mempunyai SYNCit, dan masih banyak yang lainnya lagi.

Beragam aplikasi itu tentunya telah dirancang secara khusus pada setiap perangkatnya sehingga sebelum melakukan cara yang lain, alangkah baiknya kamu menggunakannya terlebih dahulu.

Kendati demikian, jika kamu masih merasa kurang puas untuk membackup data di aplikasi bawaan ponselmu, maka kamu bisa mencoba beberapa diantara aplikasi backup data di smartphone berikut ini.

Aplikasi Backup Data di Smartphone

Google Backup

Aplikasi backup data di smartphone Google Backup
 

Google Backup menjadi salah satu aplikasi yang biasanya sudah tersedia pada semua perangkat Android. Aplikasi ini berguna untuk mem-backup password WiFi, pengaturan aplikasi, dan juga data yang ada pada aplikasi.

Agar kamu bisa menggunakannya, maka kamu harus membuka menu Settings dan pilih opsi Backup & Riset. Semua data yang dibcakup pun nantinya akan disimpan pada akun Google yang kamu gunakan.

Maka dari itu, untuk menggunakan fitur di Google Backup ini, alangkah baiknya kamu mempunyai akun Gmail dan melakukan sinkronisasi ponselmu pada akun Gmail dan Google Backup akan dengan otomatis melakukan backup untuk seluruh data yang terdapat di ponselmu.

Titanium Backup

Aplikasi backup data di smartphone Titanium Backup
 

Nah untuk perangkat-perangkat Android yang pernah melakukan root, maka aplikasi backup data di smartphone yakni dengan menggunakan Titanium Backup. Ya, titanium Backup merupakan aplikasi backup terbaik untuk Android yang bisa kamu coba gunakan.

Dengan aplikasi ini, maka kamu bisa mem-backup hampir semua hal yang ada pada perangkat Androidmu. Tah hanya itu, kamu juga bisa menjadwalkan proses backup dengan aplikasi yang satu ini lho!

Itu artinya memang aplikasi titanium Backup ini melakukan proses backup dengan otomatis seusai dengan waktu yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Fitur ini sangatlah bermanfaat pada saat kamu sedang malas melakukan backup dengan cara yang manual.

App Backup & Restore

Aplikasi backup data di smartphone App Backup Restore
 

Tak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Trust Lab pun menyuguhkan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk mem-backup data di Android dengan mudah.

Adalah App Backup & Restore yang menyuguhkan beberapa fitur backup yang terdapat di HP yang kamu gunakan. Bukan hanya itu, aplikasi yang satu ini juga bisa melakukan backup untuk data-data Android kamu lho!

Cara menggunakan aplikasi App Backup & Restore juga terbilang cukup simpel, namun kamu harus memastikan terlebih dahulu sudah melakukan download dan install aplikasi.

Nah, langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu masuk pada aplikasinya dan kamu akan menemui beberapa macam aplikasi yang ada pada smartphone yang kamu gunakan.

Kini kamu hanya perlu klik pada setiap aplikasi yang akan kamu backup. Lalu, checklist pada kotak yang tersedia di pojok kanan bawah untuk melakukan backup dan aplikasi akan melakukan backup secara otomatis.

App Backup Restore – Apex Apps

Aplikasi backup data di smartphone App Backup Restore – Apex Apps
 

Masih dengan aplikasi backup data di smartphone, kali ini ada aplikasi yang dicetus oleh Apex Apps dimana menyuguhkan layanan backup dengan cukup mudah. Dalam aplikasinya, App Backup Restore ini mampu untuk melakukan backup pada aplikasi-aplikasi Android yang kamu punya.

Tak hanya itu, App Backup Restore pun bisa melakukan backup pada data SMS, kontak, dan semua data yang memang ada di SD Card. Cara penggunaannya pun tidaklah sulit kok, guys!

Kamu hanya perlu memilih aplikasi mana saja yang akan kamu backup dengan cara melakukan checklist di setiap aplikasi yang akan kamu backup. Lalu, kamu bisa langsung klik Backup yang terdapat di bagian bawah, ya.

G Cloud Backup

Aplikasi backup data di smartphone G Cloud Backup
 

G Cloud Backup ini juga menjadi salah satu aplikasi yang akan memudahkan kamu dalam mem-backup setiap data dan juga aplikasi yang terdapat di ponselmu.

Tak hanya itu, G Cloud Backup juga bisa kamu gunakan dengan sangat mudah, dan bahkan aplikasi ini menyuguhkan kapasitas 7 GB extra 5000MB untuk bisa kamu gunakan dengan gratis.

BACA JUGA: Cara Backup Nomor Kontak di HP Android Ke Akun Google

Jika kamu masih merasa tidak puas dengan kapasitas yang disediakannya, kamu bisa menambahnya kok! Akan tetapi, untuk menambah kapasitas tersebut kamu harus mengeluarkan biaya perbulan sebesar $3.99 untuk kapasitas unlimited tanpa dibatasi oleh kapasitas.

Gimana? Rekomendasi aplikasi backup data di smartphone di atas sangatlah bermanfaat? Selamat mencobanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,966FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan