Jumat, 25 September 2020
Beranda Teknologi Aplikasi 7 Kelebihan Aplikasi Lightroom di Android

7 Kelebihan Aplikasi Lightroom di Android

RANCAH POST – Aplikasi Lightroom saat ini memang sedang booming-boomingnya digunakan oleh para pengguna smartphone. Karena memang aplikasi ini mempunyai banyak sekali fitur canggih sehingga bisa menghasilkan foto-foto yang terlihat lebih menarik. Lantas, apa saja sih sebenarnya kelebihan aplikasi Lightroom di Android ini?

Adobe Lightroom ini menjadi salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk mengedit foto di Android dengan menyuguhkan beberapa kelebihan yang tidak bisa kamu temukan pada aplikasi-aplikasi lainnya.

Adobe Lightroom ini memang selalu handal dalam hal membuat aplikasi-aplikasi editing untuk PC maupun perangkat mobile. Sehingga aplikasi ini merupakan salah satu contoh yang dipercayakan untuk mengatasi masalah editing foto yang berfokus pada pencahayaannya.

Pasalnya, mungkin kamu pun sudah mengetahuinya jika sebuah gambar akan terlihat lebih menarik apabila mempunyai pencahayaan yang memadai. Maka dari itu, aplikasi Lightroom ini bisa membantu kamu dalam memanipulasi cahaya agar hasil yang kamu dapatkan menjadi lebih maksimal.

Nah, langsung aja yuk agar kamu tak penasaran lagi, berikut ini beberapa kelebihan aplikasi Lightroom di Android yang akan kamu dapatkan.

Kelebihan Aplikasi Lightroom Android

Memperbaiki Exposure dan Pencahayaan

Kelebihan Lightroom yang pertama ialah mempunyai fitur yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki warna dengan detail dan tepat. Dengan fitur ini maka kamu bisa mengatur exposure dalam menu Light yang dibagi kembali menjadi beberapa pengaturan.

Pengaturan tersebut ialah Exposure, Contrast, Highlights, Shadows, Whites, dan Blacks. Pengaturan tersebut juga akan terasa lebih detail apabila kamu menggunakan format foto RAW. Kamu juga bisa melihat tabel karva untuk penggunaan fitur Light yang lebih detail lagi.

Mengatur White Balance

Kelebihan aplikasi Lightroom di Android lainnya ialah kamu bisa mengatur White Balance yang pada umumnya diatur pada kamera yang kamu gunakan, akan tetapi kamu bisa mengubahnya dengan aplikasi Lightroom ini.

Namun, perlu kamu ketahui jika fitur ini akan mengubah secara untuh white balance yang telah terdapat di foto kecuali yang berformat RAW, ya.

Fitur White Balance juga bisa kamu gunakan lewat menu color. Fitur ini pun kemudian dibagi kembali menjadi 4 pengaturan lainnya, misalnya Temperature, Tint, Vibrance, dan Saturation.

Pengaturan ini bisa kamu sesuaikan agar foto bisa berubah warna menjadi lebih biru, oranye, hijau, atau bahkan magenta dengan manual. Fitur ini juga jarang dimiliki oleh aplikasi edit foto yang lainnya lho!

Memanipulasi Kecerahan Warna

Apakah aplikasi Lightroom ini dapat digunakan pada foto dengan mempunyai warna yang datar? Tentu saja, aplikasi ini bisa memanipulasi warna tersebut dari fitur yang bernama Vibrance dan Saturation.

Dengan fitur ini kamu bisa meningkatkan level Vibrance sehingga warna pada objek foto tersebut akan terlihat lebih menarik, dan juga digambungkan dengan Saturation agar warna menjadi lebih terpisah dengan warna objek lain dalam satu foto.

Kelebihan aplikasi Lightroom di Android yang satu ini sangatlah cocok kamu gunakan untuk foto-foto bernuanasa alam yang terdiri dari beragam jenis warna hijau pohon, biru laut, dan merah langit.

Aplikasi Lightroom ini pun bisa meningkatkan level warna pada satu foto dengan sangat baik tanpa adanya efek tabrakan warna.

Menghilangkan Noise

Untuk para pemula mungkin pengaturan ISO merupakan salah satu kesulitan yang kerap dilakukan pada saat aktivitas fotografi. Sehingga beberapa foto yang diambil pun akan terlihat lebih gelap dan menghasilkan noise.

Nah, kelebihan aplikasi Lightroom di Android ini yakni adanya fitur Noise Reduction dan color Noise Reduction yang bisa kamu gunakan pada foto yang mempunyai bintik-bintik noise agar terlihat lebih jernih dan warna yang kabur bisa dikembalikan.

Bukan itu saja, kamu juga bisa menambah atau mengurangi detail pada foto dengan pengaturan Sharpening. Lebihnya lagi, tak hanya bisa menghilangkan noise, namun dengan fitur ini kamu juga bisa menambahkan noise dengan menambah Grain dalam menu Effectnya.

Menghilangkan Sebuah Objek

Jika kamu salah satu orang yang gemar berfoto selfie di lokasi wisata, tentu kamu pasti pernah mengalami masalah objek lain yang merusak objek foto yang kamu ambil kan?

Nah, pada aplikasi Lightroom ini kamu bisa memanfaatkan fitur yang bernama Healing agar bisa menghasilkan objek tertentu pada gambar. Kendati demikian, terdapat beberapa batas ukuran objek yang bisa kamu hilangkan dengan sempurna.

Kamu bisa menghilangkan objek kecil misalnya debu dan jerawat yang terdapat pada muka kamu. Sedangkan untuk menghilangkan objek besar kamu harus mengeditnya secara terpisah, ya!

Fitur Selective

Kelebihan aplikasi Lightroom di Android kali ini memang masih sedikit yang mengetahuinya. Ya, fitur Selective yang bisa kamu gunakan untuk membantu proses mengedit bagian tertentu dalam satu foto.

Fitur ini sangatlah berguna untuk kamu yang ingin mengedit sebuah objek yang ingin difokuskan pada satu foto saja. Kamu bisa mengedit objek utama dengan cara yang terpisah dari background.

Mengedit Foto Format RAW

Kelebihan lain yang dimiliki Adobe termasuk Lightroom ini ialah kompatibel dengan foto berformat RAW yang tentunya bisa menghasilkan editing lebih presisi.

Lain halnya dengan foto berformat non RAW misalnya JPEG, jenis format yang satu ini mempunyai informasi foto yang lebih detail. Sehingga kamu dapat mengubah pengaturan dengan maksimal dan bahkan setelah foto sudah kamu simpan.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik di HP Android

Kemudian, kamu bisa mengganti White Balance, Exposure, sampai mengatur ketajaman gambar yang lebih sempurna jika dibandingkan dengan foto berformat non RAW.

Itulah beberapa kelebihan aplikasi Lightroom di Android yang bisa kamu dapatkan sehingga bisa membuat foto kamu terlihat lebih menarik dan propesional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,954FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan