Rabu, 30 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi SHAREit yang Error dan Tidak Bisa Mengirim File

Cara Mengatasi SHAREit yang Error dan Tidak Bisa Mengirim File

RANCAH POST – Saat ini aplikasi SHAREit yang kamu gunakan di Android tengah mengalami error dan tak bisa mengirim file dan yang lainnya? Jangan khawatir, karena ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi SHAREit error dan tak bisa mengirim file berikut ini.

Seperti yang kita ketahui jika saat ini untuk mengirim file tidaklah sesusah dulu dan tentunya tak membutuhkan waktu yang lama pula. Karena seiring berkembangnya teknologi, kini terdapat beberapa aplikasi yang memudahkanmu dalam hal berbagi file dan dokumen.

Bukan lagi menggunakan Bluetooth, namun kini kamu bisa menggunakannya dengan aplikasi bernama SHAREit yang akan membantumu dalam hal berbagi file, aplikasi, musik, video, dan lainnya.

Akan tetapi bukan tak mungkin pada saat kamu menggunakan aplikasi SHAREit ini, kadang kala kamu akan mendapatkan kendala atau error, misalnya tak bisa mengirim atau menerima file. Hal ini tentunya akan menjadikan kamu bingung kan?

Jangan cemas, karena ada beberapa cara mengatasi SHAREit error dan tak bisa mengirim file yang bisa kamu coba berikut ini:

Cara Mengatasi SHAREit yang Error

Restart HP Android

Cara yang pertama ini memang terbilang sederhana, yakni dengan me-restart HP Android yang kamu punya. Akan tetapi meskipun terbilang sederhana, cara ini dipercaya bisa mengatasi error-error yang ringan pada HP, misalnya error yang terjadi pada SHAREit ini.

Nah, jika SHAREit kamu saat ini sedang mengalami error sehingga menyebabkan kamu tak bisa mengirim dan menerima file, maka alangkah baiknya kamu mencoba cara ini dan cobalah untuk menggunakan kembali SHAREit seperti biasanya.

Update SHAREit Pengirim dan Penerima

Cara mengatasi SHAREit error selanjutnya ialah dengan meng-update SHAREit pada HP si pengirim maupun si penerima. Karena aplikasi SHAREit ini merupakan aplikasi yang tak bisa digunakan oleh satu orang saja.

Maksudnya, dua orang yang akan mengirim dan menerima aplikasi maupun yang lainnya harus sama-sama memasang aplikasi SHAREit ini di HP masing-masing.

Nah, mungkin saja salah satu yang mengakibatkan SHAREit error dan tak bisa kamu gunakan untuk mengirim file ialah karena kedua SHAREit yang digunakan penggunanya mempunyai perbedaan versi yang cukup jauh.

Jika perbedaan versi hanya 1 atau 2 mungkin masih bisa digunakan, namun jika perbedaannya hingga 5 atau 10, maka sudah sangat jelas tak bisa ditolerir lagi oleh pihak SHAREit. Dan yang akan terjadi ialah SHAREit kamu tak bisa digunakan untuk mengirim file.

Untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan meng-update kedua SHAREit yang digunakan di HP masing-masing. Dengan demikian, maka kedua HP Android akan menggunakan SHAREit dengan versi yang sama.

Aktifkan GPS

Cara mengatasi SHAREit error dan tak bisa mengirim file yakni dengan mengaktifkan GPS, karena pada versi terbaru, SHAREit akan meminta kamu agar mengaktifkan fitur GPS terlebih dahulu sebelum menerima atau mengirimkan file. Namun hal tersebut merupakan opsional, yang mana kamu bisa memilih untuk tidak mengaktifkannya juga.

Akan tetapi jika ternyata pada saat mengirim file kamu mengalami masalah hingga gagal, maka alangkah baiknya kamu mencoba untuk mengaktifkan GPS dan cobalah untuk mengirimkan file lagi.

Hapus Cache SHAREit

Cara mengatasi SHAREit error dan tidak bisa mengirim file berikutnya ialah dengan menghapus cache yang ada pada aplikasi SHAREit. Karena untuk beberapa kasus, dengan menghapus cache bisa mengatasi error yang terjadi pada aplikasi-aplikasi di ponsel.

Caranya pun tidaklah sulit, kamu hanya perlu membuka menu Pengaturan> kemudian klik Aplikasi> SHAREit> dan pilih Hapus Cache. Jika sudah, kamu bisa mencoba buka aplikasi SHAREit kamu seperti biasanya.

Hapus Data Pada Aplikasi SHAREit

Tak hanya menyimpan file berupa cache, namun SHAREit juga menyimpan file berupa data di dalamnya. Data-data tersebut misalnya berupa info pengguna yang bisa kamu hapus.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Bluetooth Android yang Error

Caranya yakni dengan membuka menu Pengaturan> pergi pada menu Aplikasi> klik SHAREit> dan Hapus Data. Jika sudah maka kamu bisa menggunakan kembali SHAREit untuk mengirim dan menerima pesan.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi SHAREit yang error karena tidak bisa mengirim file. Selamat mencobanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,941FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan