Selasa, 29 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Tips Membeli Smartphone Bekas yang Baik dan Berkualitas

Tips Membeli Smartphone Bekas yang Baik dan Berkualitas

RANCAH POST – Untuk membeli Handphone idaman memang akan sangat dibutuhkan uang yang tak sedikit, sehingga salah satu cara agar tetap bisa mendapatkannya yakni dengan membeli ponsel bekas yang harganya tentu akan jauh lebih murah. Nah, jika kamu salah satunya, alangkah baiknya kamu ketahui tips membeli smartphone bekas terlebih dahulu.

Memang tak sedikit orang akan lebih memilih membeli ponsel yang sudah bekas karena tak mempunyai cukup uang jika harus membeli yang baru. Akan tetapi, dengan membeli smartphone bekas bukan tak mungkin pembelinya akan merasakan sedikit kecemasan.

Pasalnya, meskipun smartphone yang kamu beli tersebut terlihat mulus di luar, dalamnya tentu kamu tak akan tahu, kan? Oleh karena itu, agar kamu tak akan menyesal karena salah beli, mendingan ketahui tips-tips membeli smartphone bekas ini deh!

Tips Membeli Smartphone Bekas yang Baik

Fisik

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ialah fisik dari smartphone yang akan kamu beli. Pastikan tak ada goresan di layar dan penutup belakangnya tak mudah lepas. Pastikan juga baterai yang ada pada ponsel tersebut masih terdapat segel dan tak ada cacat fisik misalnya retak dan sebagainya.

Tak hanya itu, perhatikan pula lubang port di sekeliling HP dan selalu memastikan jika tak ada perubahan warna di lempengannya. Karena, perubahan warna tersebut biasanya terjadi karena terlalu sering terkena air.

Nah, seperti yang kita ketahui pula jika semua ponsel memiliki kamera, dan selalu pastikan pula tak ada goresan pada lensa yang nantinya akan berpengaruh pada kualitas foto.

Dan selalu pastikan semua bagian HP itu tak terlihat keretakan ataupun indikasi lainnya yang biasanya disebabkan oleh HP yang pernah terjatuh.

Spesifikasi

Tips membeli smartphone bekas yakni dengan mengetahui spesifikasi dan kelebihan HP yang akan kamu beli. Tak hanya itu, meskipun ponsel yang akan kamu beli tersebut terlihat baru, namun kamu harus tetap memastikan semua fungsinya berjalan dengan baik.

Jangan lupa pula untuk memastikan touchscreen dari smartphone yang akan kamu beli masih berfungsi dengan baik dan tak ada lag pada saat kamu menggunakannya karena hal tersebut bisa menjadi indikasi dari adanya kerusakan pada bagian internal smartphone yang akan kamu beli tersebut.

Garansi

Meskipun terbilang sangat jarang ada penjual handphone bekas yang menyertakan garansi pada HP yang akan mereka jual, namun tak ada salahnya jika kamu menanyakan hal tersebut ya, guys.

Walaupun tak ada garansi sampai satu tahun, namun paling tidak kamu meminta jaminan selama satu bulan agar bisa memastikan jika HP yang kamu beli masih layak untuk dipakai dan tak mempunyai masalah yang berarti.

Mencari penjual yang reputable

Jika kamu ingin membeli Hp bekas secara online, maka tips membeli smartphone bekas agar terhindar dari kecewa karena barang yang diterima tak sesuai dengan keinginanmu, kamu harus menemukan penjual yang mempunyai reputasi bagus di kalangan penikmat gadget lainnya.

Caranya dengan membaca komentar-komentar mengenai penjual tersebut. Jika memang komentarnya bagus dan tak ada komplen, maka hal itu bisa menjadi acuan untukmu percaya pada penjual tersebut.

Memastikan bukan barang curian

Selalu memastikan dan menilai orang yang yang akan kamu beli ponselnya tersebut tak menjual barang curian atau memang karena ingin melepas smartphone kesayangannya sendiri.

Karena saat ini tak sedikit orang yang menjual barang curian dengan harga yang sangat murah. Jika smartphone yang kamu beli harganya sangat murah, maka alangkah baiknya kamu menanyakan terlebih dahulu pada si penjual alasan ia menjualnya dengan harga yang rendah. Atau tips membeli smartphone bekas lainnya yakni dengan meminta nomor IMEI HP tersebut agar kamu bisa mengeceknya sendiri.

Lakukan negosiasi awal

Jika semua beres dan kamu sudah yangkin dengan ponsel yang akan kamu beli, maka mulailah untuk melakukan negosiasi. Dan cobalah untuk menjelaskan kekurangan apa saja yang ada pada smartphone tersebut pada saat ingin menawarnya.

BACA JUGA: Sederet Tips Membeli iPhone Bekas Agar Tak Salah Pilih

Jika smartphone tersebut sudah tak mempunyai garansi dan kelengkapan yang tak sempurna, maka hal tersebut bisa kamu jadikan sebagai kesempatan untuk memintanya menurunkan harga. Namun ingat, lakukan negosiasi dalam batas yang wajar-wajar saja.

Nah, demikianlah beberapa tipsyang harus kamu coba lakukan ketika kamu ingin membeli smartphone bekas namun masih berkualitas baik. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,941FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan