Selasa, 29 September 2020
Beranda Teknologi Sederet Penyebab HP Android Menjadi Lemot

Sederet Penyebab HP Android Menjadi Lemot

RANCAH POST – Pada dasarnya memang tak bisa dipungkiri jika semakin lama digunakan, maka smartphone pun tentu akan mengalami yang namanya lemot. Hal tersebut bisa dibandingkan pada saat kita baru saja membelinya, tentu kini mulai terasa terjadi penurunan peerforma dan kendala sehingga menjadi penyebab HP Android menjadi lemot.

Hal ini memang akan sangat wajar terjadi, pasalnya tak hanya pada smartphone saja namun pada perangkat elektronik lainnya pun akan mengalami penurunan performa seiring usia perangkat itu sendiri.

Faktor lainnya ialah kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh penggunanya, karena sebagus apapun smartphone yang kamu gunakan jika kamu menggunakannya dengan sembarangan tentu akan mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa penyebab HP Android lemot yang harus kamu hindari agar HP kamu tetap aman dan nyaman digunakan, antara lain:

Penyebab HP Android Menjadi Lemot

Terlalu Banyak Aplikasi yang Terinstall

Terlalu banyak aplikasi yang terpasang di smartphone tentu akan menjadikan HP kamu menjadi lemot, blank, crashing, force close dan error.

Karena tanpa kamu sadari pada setiap aplikasi yang terinstall akan sangat membutuhkan proses kinerja RAM agar bisa menjalankan prosesnya dan bahkan aplikasi yang kamu install dan tak pernah digunakan pun tentu tetap menjalankan proses serta memerlukan resource RAM tersebut.

Untuk mengatasinya, maka kamu harus menghapus atau meng-uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.

Ruang Penyimpanan Penuh

Memori internal penuh menjadi penyebab HP Android lemot yang sangat umum terjadi. Foto, video, file, dan juga aplikasi akan menjadikan memori internal pada HP menjadi penuh dan menjadikan kinerjanya menjadi lambat.

Sistem Android memerlukan ruang agar dapat berjalan dengan lancar, jika ruang penyimpanan penuh, tentu perangkat ponselmu itu akan menjadi melambat.

Namun keuntungan yang bisa kamu peroleh dari perangkat Android memberikan opsi untuk melakukannya tanpa perlu menginstall aplikasi pihak ke 3. Caranya dengan membuka Pengaturan (Settings) pilih menu penyimpanan (stroage) dan kamu dapat menghapus file yang sudah tak digunakan agar ruang penyimpanan lega.

Banyak Aplikasi yang Aktif

Menggunakan banyak aplikasi dan tak langsung menutupnya juga bisa menyebabkan Android menjadi lemot. Banyaknya aplikasi dapat menguras kapasitas RAM. RAM yang penuh akan menjadi penyebab HP Android lemot.

Nah, maka alangkah baiknya kamu segera menutup aplikasi yang sedang tidak kamu gunakan tersebut. Tak hanya itu, biasanya di HP Android yang tak di-root terdapat aplikasi bawaan yang tak bisa dihapus.

Meskipun aplikasi tersebut tak kamu gunakan namun tetap saja bisa memakan kapasitas RAM. Nah, jika kamu tak ingin menghapusnya, kamu bisa melakukan cara lain yakni dengan menonaktifkannya agar aplikasi tak memakan RAM.

Menggunakan Antivirus Lebih Dari Satu

Khawatir dengan virus atau spam yang akan menginfeksi smartphone kamu? Biasanya untuk menghindari hal tersebut para pengguna smartphone akan menginstall aplikasi antivirus.

Akan tetapi, semakin banyak kamu menginstall aplikasi antivirus maka justru akan semakin besar pula hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab HP Android lemot.

Pasalnya, antivirus smartphone dengan realtime protection akan terus menguras kinerja ponselmu agar bisa memantau aktivitas-aktivitas yang sedang kamu lakukan di smartphone.

Cara mengatasinya yakni dengan hanya menggunakan satu aplikasi antivirus saja yang memang kamu percayai mempunyai performa yang baik dan jangan lupa untuk selalu melakukan update dengan cara yang berkala agar perlindungannya pun selalu maksimal.

File Cache Menumpuk

File cache merupakan file temporer yang digunakan oleh aplikasi pada saat aplikasi tersebut berjalan. File Cache disebut juga dengan rekaman jejak seorang pengguna ponsel pada saat tengah menggunakan suatu program.

File ini akan menyimpan data misalnya aktifitas terakhir, dan tindakan apa saja yang dilakukan termasuk pada saat melakukan backup otomatis. File cache yang menumpuk ini akan sangat berpengaruh pada kinerja ponsel yang digunakan sehingga menjadi penyebab HP Android yang menjadi lemot.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya ialah dengan meenginstall aplikasi pembersih file di smartphone ya, guys!

Software yang Sudah Lama

Developer software dengan rutin akan meluncurkan pembaharuan untuk aplikasi maupun software yang mereka buat. Jika kamu masih menggunakan software versi lama, bukan hanya aplikasi, namun juga sistem operasi yang belum diupdate pun akan menjadi penyebab HP Android menjadi lemot.

BACA JUGA: Jangan di Install, Ini Dia 5 Aplikasi Penyebab HP Android Lemot

Cara untuk mengatasinya ialah dengan secara rutin melakukan cek update aplikasi dan sistem operasi terbaru, jika tersedia versi baru segera lakukan update. File update sudah melakukan perbaikan kinerja pada software dan menghilangkan beragam macam file dan sistem pengganggu lainnya.

Nah, itu dia beberapa penyebab yang akan menjadikan HP Android kamu menjadi lemot dan cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat mengatasinya. Semoga bermanfaat, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,941FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan