Rabu, 30 September 2020
Beranda Lifestyle 7 Cara Mengatasi Agar Anak Tidak Ngompol Lagi Saat Tidur

7 Cara Mengatasi Agar Anak Tidak Ngompol Lagi Saat Tidur

RANCAH POST – Mengatasi agar anak tidak ngompol lagi saat tidur harus dilakukan dengan cara yang benar. Mungkin saat ini Anda mulai resah dengan mereka yang masih saja ngompol walaupun sudah cukup dewasa.

Ketika mereka mengompol di kasur, tentunya ibu meresa jengkel dengan kasur dan seprei yang bau pesing. Alhasil, setiap hari ibu harus mencuci seprei dan menjemur kasur.

Tidak mungkin bukan, jika si kecil harus tidur dengan kasur dan seprei yang dipenuhi dengan air kencing?

Setiap anak memiliki perbedaan, termasuk dalam hal berhenti ngompol di kasur saat tidur. Ada yang sudah berhenti dalam usia tertentu dan ada yang masih saja memiliki kebiasaan tersebut hingga mulai tumbuh besar.

Kendati demikian, ibu jangan sampai memarahi mereka, namun bantulah untuk mengatasi kebiasaan mengompol di kasur saat tidur ini.

Lalu, bagaimana cara mengatasi anak yang masih mengompol di kasur? Tak perlu khawatir, di artikel kali Rancah Post punya solusinya untuk Anda.

Cara Agar Anak Tidak Ngompol

Melansir dari beberapa sumber, di bawah ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi supaya anak tidak lagi ngompol di kasur saat tidur.

Jangan dimarahi

Seperti yang sudah kita jelaskan tadi, jangan sampai ibu memarahi buah hati ketika ia masih saja terus mengompol di kasur saat tidur.

Ibu harus sabar dan mengerti, pastinya dia tidak sengaja melakukan kebiasaan tersebut. Jangan sampai ibu memarahinya hingga melukai prikologis anak.

Mengatur minuman yang diminum buah hati

Cara mengatasi agar anak tidak ngompol lagi saat tidur adalah mengatur asupan minuman yang diminum si kecil.

Hindari meminum minuman mengandung kafein, minuman bersoda, minuman yang memiliki kandungan cokelat pada malam hari. Karena jika hal tersebut dilanggar, si kecil bisa saja sering ingin buang air kecil.

Ajari si kecil toilet training

Ketika si kecil menginjak usia 2 tahun, buah hati Anda sudah dapat diajarkan tentang toilet training, yakni menggunakan toilet sendiri.

Ibu bisa membelikannya pispot atau kloset kecil, kemudian usahakan untuk mengajak si kecil ke toilet serta memberitahu cara untuk pipis sendiri.

Biasakan pipis sebelum tidur

Cara selanjutnya yang bisa ibu coba untuk mengatasi agar anak tidak ngompol lagi di kasur adalah dengan membiasakannya untuk pipis sebelum tidur pada malam hari.

Hindari kebiasaan si kecil yang ingin minum terlalu banyak sebelum tidur. Selalu ingatkan padanya bahwa jika ingin pipis harus bangun dan pergi ke toilet.

Selain itu, lakukan juga kebiasan-kebiasaan sebelum tidur lainnya, seperti mencuci tangan dan kaki, serta menggosok gigi yang benar sebelum tidur.

Jangan bangunkan anak saat tidur di malam hari untuk pergi ke toilet

Meski ingin si kecil tidak mengimpol lagi di kasur, sebaiknya hindari untuk membangunkannya di malam hari untuk pergi ke toilet.

Hal tersebut ternyata tidak bisa mengatasi kebiasaan mengompol anak, malah bisa membuat tidurnya terganggu, bisa membuat anak susah tidur lagi dan lainnya.

Memujinya ketika tidak mengompol

Cara mengatasi anak agar tidak ngompol di kasur selanjutnya adalah usahakan untuk memberinya pujian ketika suatu waktu dia tidak mengompol di kasur.

Selain itu, ibu juga bisa memberinya hadiah kecil padanya. Tentunya hal tersebut membuat mereka senang dan berusaha untuk tidak mengompol lagi di kasur.

Bicarakan dengan anak

Bicarakan pada anak soal kebiasaannya yang masih sering mengompol di kasur. Katakan padanya kalau saat ini dia sudah besar dan harus mulai mandiri untuk pergi ke toilet sendiri, serta jangan mengompol di kasur.

Jika ia takut harus ke toilet sendiri, ibu bisa meminta agar anak membangunkan Anda untuk menemaninya ke toilet.

Bagaimana, mudah bukan beberapa cara mengatasi agar anak tidak ngompol lagi saat tidur? Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,941FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan