Selasa, 29 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Smartphone yang Tidak Bisa Menerima SMS

Cara Mengatasi Smartphone yang Tidak Bisa Menerima SMS

RANCAH POST – HP kamu sedang mengalami masalah karena tak bisa menerima SMS masuk? Hal ini tentu akan sangat membuat kamu pusing dan repot tentunya. Namun, tak usah khawatir karena kamu bisa melakukan cara mengatasi tidak bisa menerima SMS di HP berikut ini.

Meskipun saat ini fitur SMS sudah jarang digunakan karena telah ada aplikasi chatting yang berbasis internet, namun SMS ini masih tetap menjadi salah satu fitur penting yang harus ada di sebuah HP.

Misalnya untuk kepentingan yang formal sehingga harus menggunakan metode pengiriman pesan SMS, dan juga untuk kebutuhan verifikasi akun tertentu.

Mengingat berapa pentingnya fitur SMS ini pada sebuah smartphone, maka tentu kamu akan mengalami kendala jika saat ini kamu tengah mengalami HP yang tak bisa menerima pesan SMS.

Terdapat beberapa penyebab yang menyebabkan HP kamu tak bisa menerima pesan SMS, misalnya karena adanya kesalah pada aplikasi SMS itu sendiri, kotak masuk SMS yang penuh, kesalahan pengaturan jaringan, operator yang sedang mengalami gangguan dan masih banyak lagi.

Kendati demikian, jangan panik terlebih dahulu karena kamu bisa menanganinya dengan melakukan cara mengatasi tidak bisa menerima SMS berikut ini:

Cara Mengatasi Tidak Bisa Menerima SMS

Menghapus Pesan di Kotak Masuk

Kotak masuk SMS memang tak mempunyai batasan yang pasti. Namun semuanya kembali lagi pada kapasitas memorin internal HP yang kamu gunakan. Lantas, bagaimana jika memang memori HP yang sudah penuh, namun masih ditambah lagi dengan SMS masuk yang jumlahnya tak sedikit?

Nah, hal inilah yang nantinya akan menjadikan HP kamu tak menerima SMS yang masuk selanjutnya, karena tak ada cukup ruang untuk bisa menyimpan pesan tersebut.

Untuk mengatasinya, maka kamu bisa menghapus data-data yang menurutmu sudah tidak diperlukan lagi, dan hapus pesan SMS lama yang juga sudah tak kamu butuhkan.

Hapus Cache di Aplikasi SMS

Cara mengatasi HP tidak bisa menerima SMS selanjutnya bisa kamu lakukan yakni dengan menghapus cache yang ada di aplikasi SMS.

Karena bisa saja ponselmu tak bisa menerima SMS yang masuk karena memang data-data yang biasa disebut dengan cache ini sudah tersimpan terlalu banyak dan mengakibatkan error.

Setting Jaringan ke 3G

Menggunakan jaringan 4G memang mempunyai beberapa keuntungan, yakni kamu akan merasakan kecepatan dan kestabilan koneksi yang jauh lebih baik pada saat berselancar di internet.

Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa untuk sebagian HP di Indonesia masih terdapat HP yang masih belum mendukung fitur untuk mengirim SMS, menerima SMS, panggilan telepon, dan sejenisnya jika berada di jaringan 4G.

Alhasil, mau sebanyak apapun SMS yang orang lain kirim ke ponselmu, jika jaringannya masih 4G, maka SMS tak bisa masuk atau kamu terima.

Jadi solusi yang cocok untuk mengatasi hal ini, alangkah baiknya kamu mencoba ubah terlebih dahulu jaringan 4G kamu pada jaringan 3G.

Setting SMSC

Cara mengatasi tidak bisa menerima SMS di HP berikutnya yakni dengan men-setting SMSC yang merupakan sebuah pengaturan yang seharusnya sudah dengan otomatis ada pada saat kamu menggunakan sebuah operator jaringan.

SMSC ini sangatlah bermanfaat sekali jika kamu ingin menggunakan layanan SMS, baik itu untuk mengirim dan juga menerima pesan.

Dan perlu kamu perhatikan pula yakni mengenai pengaturannya. Jangan sampai keliru, karena dalam penggunaannya SMSC ini untuk beberapa kasus dapat berubah dengan sendirinya.

Tunggu Beberapa Waktu Pada Saat Operator Gangguan

Operator yang mengalami gangguan ini mungkin sudah tak asing lagi terjadi, meskipun tidak sering namun pada saat operator gangguan, maka tentunya akan ada beberapa masalah tertentu yang dialami para pengguna smartphone.

Misalnya internet tak bisa diakses, masalah telepon yang tak dapat masuk maupun memanggil atau bahkan HP yang tak bisa menerima SMS yang masuk.

Solusi terbaik yang bisa kamu lakukan di sini ialah dengan menunggu saja hingga operator yang gangguan tersebut menjadi normal kembali dengan sendirinya. Biasanya sih hanya memakan waktu 2 hingga 3 jam saja.

Hubungi Call Center Operator

Jika kamu sudah menunggu lama, namun tak kunjung bisa juga, maka cara mengatasi tidak bisa menerima SMS yakni dengan menghubungi Call Center-nya.

Call Center ini merupakan layanan bantuan yang disediakan oleh setiap operator untuk penggunanya via panggilan telepon. Kamu bisa menggunakannya untuk melakukan konsultasi pada saat kamu mengalami gangguan.

Jika sudah tersambung dengan Call Center, kemudian jelaskan permasalahan yang terjadi padamu jika kamu sedang mengalami masalah dengan SMS yang tak bisa masuk pada ponselmu. Sehingga nantinya pihak operator akan memberikan solusinya.

Factory Reset

Jika semua cara di atas sudah kamu lakukan namun belum juga bisa mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi, maka ini merupakan cara terakhir yang bisa kamu coba yakni dengan melakukan factory reset.

BACA JUGA: Nggak Punya Pulsa? Ini Dia 5 Aplikasi Untuk SMS dan Telepon Secara Gratis

Dengan melakukan factory reset ini kamu bisa menghilangkan semua pengaturan yang tersimpan di HP, salah satunya data-data pribadi juga ya, guys.

Jika kamu ingin melakukan cara ini, sangat disarankan sekali untukmu melakukan backup pada semua data pribadi yang ada di HP, kemudian lakukan reset.

Demikianlah beberapa cara mengatasi tidak bisa menerima SMS di HP yang bisa kamu coba lakukan. Semoga bermanfaat, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,941FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan