Selasa, 11 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik 4 Cara Membuka Pola HP yang Lupa dengan Mudah

4 Cara Membuka Pola HP yang Lupa dengan Mudah

RANCAH POST – Lupa pola HP hingga HP terkunci dan tak bisa kamu buka? Jangan panik, karena kamu bisa mengatasinya dengan beragam cara membuka pola HP yang lupa dengan sangat mudah, kok!

Demi menunjang keamanan dan juga privasi, tak sedikit pengguna smartphone menggunakan password. Nah, salah satu bentuk dari password yang dapat kamu gunakan ialah password yang berupa pola.

Dengan menggunakan password ini maka kamu harus menghubungkan beberapa titik hingga membentuk pola yang kamu inginkan. Kamu juga harus mengulang pola tersebut agat bisa membuka kunci pada ponselmu.

Akan tetapi, kadang kala para pengguna Android sering mengalami yang namanya lupa pola, sehingga pada akhirnya HP malah terkunci dan kamu pun tak bisa membukanya.

Jika saat ini kamu sedang mengalaminya, nih lebih baik kamu gunakan cara membuka pola HP yang lupa berikut ini tanpa harus menghilangkan data dan melakukan factory reset!

Cara Membuka Pola HP yang Lupa

Menggunakan Fitur Forgot Pattern

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan menggunakan fitur Forgot Pattern yang bisa kamu akses setelah beberapa kali salah memasukkan verifikasi keamanan pada saat membuka lock screen.

Di sini, kamu hanya membutuhhkan HP Android yang sedang terkoneksi dengan internet dan akun Gmail terdaftar. Untuk langkah-langkahnya, ini dia:

  • Pertama, kamu bisa mengakses menu Forgot Pattern setelah melakukan beberapa kali kesalahan pada saat kamu membuka kunci HP.
  • Lalu kamu akan diminta melakukan Sign in pada akun Gmail yang terdaftar pada smartphone yang kamu gunakan tersebut.
  • Dan kamu pun akan mendapatkan opsi penggantian password, pola, atau PIN yang dimiliki. Setelah diganti, kamu akan dinawa ke tampilan halaman muka utama.
  • Nah untuk cara membuka pola HP yang lupa ini kamu bisa menggunakan password, pola, atau PIN baru selanjutnya. Kamu pun bisa menonaktifkan fitur keamanan ini di menu Pengaturan smartphone.

Manfaatkan Find My Device

Langkah selanjutnya, kamu bisa mengakses website Find My Device lewat laptop atau komputer kamu. Caranya pun sangatlah mudah dan kamu pun tak harus menghapus data-data penting di memori internalmu.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan yakni dengan membuka aplikasi browser di PC atau laptop. Dan kunjungi website Find My Device dengan login menggunakan akun Gmail yang terdaftar.
  • Disini kamu akan mendapatkan 3 opsi, yakni Play Sound, Secure Device, dan juga Erase Device. Pilih menu Secure Device sehingga kamu akan dibawa pada halaman pengubahan password.
  • Ubah ke password baru yang akan digunakan di HP Android kamu nanti.

Jika cara membuka pola HP yang lupa ini sudah kamu lakukan, HP kamu akan tetap terkunci, namun kamu bisa membukanya dengan password yang baru saja kamu buat di website Find My Device ini ya, guys.

Buat Lockscreen Crash

Jika kamu masih menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android 5.0 sampai 5.1.1 atau yang disebut juga dengan lollipop, maka kamu bisa menggunakan bug yang berupa celah keamanan dengan membuat lockscreen crash.

  • Pertama-tama kamu buka menu Emergency Call. Lalu kamu hanya perlu mengetikkan tanda * di dialer sampai karakter penuh dan tak bisa ditambahkan.
  • Kemudian, kamu copy terlebih dahulu karakter tadi. Buka akses kamera di lock screen dan tarik notification bar agar dapat membuka pengaturan.
  • Kamu pun akan tetap dimintai untuk memasukan password. Akan tetapi, cukup dengan paste karakter tadi agar mengakibatkan lock screen crash.
  • Jika sudah, cara membuka pola HP yang lupa selanjutnya kamu hanya perlu masuk pada tampilan utama smartphone kamu.

Masuk ke Safe Mode Android

Jika masalah yang terjadi pada penguncian smartphone ini bermula dari aplikasi pihak ketiga, maka kamu bisa menggunakan fitur Safe Mode agar dapat menonaktifkannya.

Meskipun cara membuka pola HP yang lupa yang satu ini tak semua jenis HP sama, namun yang paling umum biasanya seperti di bawah ini.

  • Cara yang pertama yakni dengan mematikan HP Android dengan menekan tombol Power beberapa saat. Kemudian akan muncul pilihan Restart dan Power Off.
  • Lalu, kamu tap dan tahan oada menu Power Off tersebut sampai ada opsi Reboot to Safe Mode. Klik OK untuk melanjutkan prosesnya.
  • HP Android akan melakukan restart dan masuk pada Safe Mode.
  • Di sini kamu dapat unistall aplikasi look screen pihak ketiga dan masuk kembali ke mode normal dengan melakukan Restart.

Factory Reset

Jika semua cara membuka pola HP yang lupa sebelumnya sudah kamu lakukan dan tidak berhasil, kamu terpakasa harus melakukan factory reset agar bisa mengubahnya ke pengaturan awal dan menghilangkan lock screen.

  • Pertama-tama yakni kamu harus mematikan terlebih dahulu HP.
  • Kemudian kamu harus masuk ke dalam Recorvery Mode dengan mengklik tombol Power dan Volume Down bersamaan dan tahan. Akan tetapi perlu kamu ketahui jika setiap HP mempunyai cara yang berbeda.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Rotasi Layar HP Tidak Berfungsi Secara Efektif

  • Setelah masuk pada Recorvery Mode, gunakan tombol volume agar dapat menggerakan pilihan.
  • Pilih Wipe Data atau Factory Reset kemudian tekan tombol Power. Jika proses telah selesai, maka kamu harus memilih Reboot system now.
  • Selesai deh! Dan HP kamu akan menyala kembali namu seperti baru dan semua pengaturan kembali lagi ke awal.

Gimana, tak sulit bukan menggunakan langkah-langkah membuka pola HP yang lupa di atas? Selamat mencobanya, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,184FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan