Selasa, 11 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Simpel untuk Mengatasi Launcher Telah Berhenti di Smartphone

Cara Simpel untuk Mengatasi Launcher Telah Berhenti di Smartphone

RANCAH POST – Launcher memang sangatlah berperan penting di smartphone, karena jika tanpa launcher maka secara otomatis smartphone tersebut tak bisa digunakan. Nah, jika kamu sedang mengalami hal tersebut, maka alangkah baiknya kamu menggunakan beberapa cara mengatasi launcher telah berhenti di Android.

Seperti yang diketahui jika launcher di HP kamu mengalami masalah, maka tentunya semua aktifitas multitasking pun akan mengalami kendala, bahkan akan mengakibatkan sebagian perangkat yang tak bisa digunakan sama sekali.

Oleh karena itu jika launcher kamu tiba-tiba mengalami masalah, ada beberapa macam metode yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya, mulai dari me-restart HP, menghapus data aplikasi, hingga menggunakan aplikasi launcher lain, atau bahkan melakukan flashing.

Untuk lebih detailnya, maka langsung saja ini dia sederet cara mengatasi launcher telah berhenti di HP Android, antara lain:

Cara Mengatasi Launcher Telah Berhenti

Restart HP

Hal pertama yang paling mudah untuk kamu lakukan ialah dengan melakukan restart atau reboot smartphone Android yang kamu gunakan tersebut.

Dengan melakukan hal ini memang dipercayai akan mengatasi permasalah yang terdapat pada HP, salah satunya launcher yang tiba-tiba berhenti sehingga menjadi normal kembali.

Menghentikan dan Menghapus Data Aplikasi

Jika kamu melakukan cara mengatasi launcher telah berhenti yang satu ini, maka secara otomatis semua pengaturan, file cache, data aplikasi, basis data, history, danm bookmark akan menjadi hilang.

Dan hal tersebut bisa diartikan jika tampilan pada smartphone yang kamu gunakan itu menjadi akan kembali lagi pada posisi awal atau pada saat kamu baru saja membelinya.

Kurangi Penggunaan Aplikasi yang Berlebihan

Kemudian, kamu bisa mengurangi beberapa penggunaan aplikasi yang dirasa berlebihan. Karena adanya banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa menjadikan memori RAM kamu akan terasa penuh.

Dan tentunya hal ini juga akan menjadikan launcher kamu menjadi lebih mudah macet atau bahkan berhenti dengan sendirinya. Tak hanya itu saja, bahkan dampak buruk yang bisa terjadi yakni menyebabkan HP kamu menjadi blank atau tidak dapat melihat gambar apapun di HP.

Ganti dengan Launcher Lain

Cara mengatasi launcher telah berhenti selanjutnya, kamu bisa mengganti dengan aplikasi launcher lain yang banyak tersedia di Play Store, tentunya kamu pun bisa mendapatkan launcher yang lebih ringan.

Dan salah satu aplikasi yang direkomendasikan untukmu ialah Nova Launcher. Aplikasi yang satu ini tersedia secara gratis di Google Play Store dan sangat ringan pada saat kamu menggunakannya di Android.

Update Firmware

Dengan meng-update, umumnya akan medapatkan fitur terbaru dan tentunya semua bugs maupun kerusakan yang ada pada sistem akan diperbaiki, terutama pada launcher Android.

Lakukan Wipe Cache Partition

Kemudian kamu bisa menggunakan cara wipe cache partition. Karena dengan melakukan cara ini, kamu bisa membersihkan semua file cache yang ada pada ponselmu, baik itu pada sistem, aplikasi bawaan, maupun aplikasi yang terinstall.

Factory Reset

Cara mengatasi launcher telah berhenti kali ini bisa kamu coba dengan melakukan factory reset yang dapat kamu lakukan melalui pengaturan yang ada pada HP Android yang kamu gunakan.

BACA JUGA: 7 Aplikasi Launcher Untuk Android Agar Terlihat Lebih Menarik

Namun sebelum melakukan cara ini, alangkah baiknya kamu mem-backup semua file yang tersimpan di HP ya, guys!

Flashing

Untuk cara yang terakhir cobalah untuk melakukan metode flashing atau mengisntall ulang sistem. Cara ini memang termasuk cara yang cukup berat untuk dilakukan, pasalnya kamu harus mengudnuh firmware atau stock ROM dengan menyesuaikan tipe perangkat yang kamu punya.

Gimana, cara mengatasi launcher telah berhenti cukup mudah untuk kamu lakukan bukan? Nah, untuk metode di atas bisa di terapkan untuk semua jenis perangkat Android ya, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,185FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan