Rabu, 5 Agustus 2020
Beranda Teknologi Sosial Media Diduga Penghuni Alami Hoarding Disorder, Kamar Kos ini Penuh dengan Timbunan Sampah

Diduga Penghuni Alami Hoarding Disorder, Kamar Kos ini Penuh dengan Timbunan Sampah

Sosial Media, RANCAH POST – Baru-baru ini warganet dibuat syok ketika mengetahui sebuah kamar kos yang penuh dengan gundukan sampah milik sang penghuni kamar di sana.

Hal tersebut diketahui usai kisahnya dibagikan oleh akun Twitter @ksiezyc26 pada Minggu 12 Juli 2020 lalu.

Melalui unggahannya, wankita ini bercerita jika kamar kos tersebut sudah ditinggalkan selama dua bulan oleh penghuninya yang entah pergi kemana.

“Gw mau jelasin dlu, gw share ini tnpa sdikitpun brmaksud utk share isi (privasi) kamar org lain, sesuai di foto yg kalian lihat isinya adlh tumpukan sampah spt yg biasa kalian lihat di TPS, bedanya ini berada di dlm kamar yg penghuninya kabur sudah 2 bln yg lalu pergi entah kmana,” tulis akun Twitter @ksiezyc26.

Karena pergi tanpa kabar dan sudah tidak bisa dihubungi, pemilik kos kemudian membuka kamar tersebut untuk dibersihkan karena akan disewakan kembali pada orang lain.

Namun, pemilik kos sangat kaget dan syok ketika membuka pintu kamar yang ternyata isinya seperti tempat pembuangan sampah.

Gundukan sampah tampak memenuhi berbagai sudut ruangan tersebut. Mulai dari plastik makanan hingga botol bekas air mineral.

Akun tersebut menyebutkan jika seseorang yang menghuni kamar kos tersebut adalah wanita. Ia menduga wanita tersebut mengalami gangguan kejiwaan yang disebut Hoarding Disorder.

Hoarding Disorder adalah keinginan untuk menimbun segala barang dimiliknya, bahkan termasuk sampah.

“Bahwa seseorang tsb mengalami gangguan kejiwaan yg disebut Hoarding Disorder atau gangguan menimbun, dia mengalami kesulitan utk membuang atau berpisah dgn benda apapun yg dimilikinya krn merasa memiliki ikatan spesial dgn barang tsb, termasuk tumpukan sampah yg ada di kamarnya,” tulis akun @ksiezyc26.

Menurut akun @ksiezyc26, ia tidak kenal dengan wanita tersebut walaupun satu kos dengannya. Ia bahkan hanya melihatnya sesekali.

Diketahui, wanita tersebut sudah menyewa kamar kos selama 2 tahun sebelum dua bulan terakhir ini tidak membayar kosan dan pergi tanpa kabar.

Sontak saja, cerita kamar kos yang ditinggali seseorang dan penuh dengan sampah ini menuai beragam tanggapan.

Tak sedikit yang berpendapat sama dengan si pengunggah yang menduga bahwa wanita tersebut mengalami Hoarding Disorder.

https://twitter.com/ksiezyc26/status/1282214004685852673

@bethanielle, “Itu kelainan nder. Dlm dunia medis disebut hoaders, sebuah penyakit dmn penderitanya menimbun semua barang & sampah dlm ruangannya. Penderita akan marah/panik kl salah satu barang yg dia timbun hilang/dibersihkan. Mereka merasa terlalu sayang pd barang-barang yg dikumpulkan.”

@bethanielle, “FYI, seorang hoarder cenderung punya sifat yang labil, susah mengambil keputusan, dan kesulitan mengorganisir. Sebaiknya berkonsultasi pd psikolog/psikiater yg biasanya akan menerapkan solusi Cognitive Behavioural Therapy untuk mengenyahkan kebiasaan buruk menimbun tsb”

BACA JUGA: Ditinggal Berbulan-bulan Hingga Penuh Jamur, Kondisi Kamar Kos ini Bikin Syok

@AgusMagelangan, “Atau bisa juga karena memang malas dan jorok.Saya jg pernah di posisi yg hampir sama (nggak sekotor itu sih). Dan itu murni karena saya malas aja. Sy ga depresi sama sekali saat itu. Pekerjaan ada, pacar sayang, duit alhamdulillah, kawan2 baik semua,”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,226FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan