Kamis, 6 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Suhu Baterai HP yang Tinggi

Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Suhu Baterai HP yang Tinggi

RANCAH POST – Pernah mendapatkan notifikasi yang berisi jika suhu baterai HP kamu terlalu tinggi sehingga pengisian daya menjadi terjeda? Apa sih alasannya, dan adakah cara mengatasi suhu baterai HP yang tinggi tersebut?

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika baterai menjadi salah satu hal penting pada Android. Pasalnya, tanpa adanya baterai sudah bisa dipastikan jika perangkat ponselmu tidak akan hidup karena sumber daya utama Android merupakan baterai.

Perlu kamu ketahui, jika baterai yang ada pada smartphone tak akan selalu normal, tentunya bisa saja akan terjadi beberapa masalah. Salah satunya yakni sering terjadi Battery Over Temperature atau suhu baterai tinggi.

Nah, untuk mengatasi permasalahan baterai Android ini, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Namun, cara mengatasi suhu baterai HP tinggi dengan mudah ini kemungkinan berpotensi berhasil.

Cara Mengatasi Suhu Baterai HP yang Tinggi

Mengganti Charger

Charger pada setiap ponsel tentunya akan mempunyai tegangan yang berbeda-beda. Biasanya, jika tegangannya tak sesuai akan menyebabkan beberapa masalah, salah satunya touchscreen bergerak dengan sendirinya atau bahkan bukan tak mungkin juga bisa saja menyebabkan masalah battery over temperature.

Oleh karena itu, pada saat kamu sedang melakukan pengisian daya, alangkah baiknya kamu menggunakan charger yang memang mempunyai tegangan output yang sama, atau jika perlu yang original ya, guys.

Dengan demikian, maka baterai Android yang kamu gunakan menjadi lebih tahan lama serta tak akan mudah mengalami masalah-masalah yang akan mengakibatkan baterai cepat rusak.

Selalu Bersihkan Konektor HP dan Baterai

Masalah suhu baterai yang tinggi bisa saja terjadi karena sensor dan juga konektor baterai kotor. Maka cara mengatasi suhu baterai HP tinggi yang bisa kamu coba yakni dengan membersihkan sensor dan konektor baterai tersebut.

Bahkan jika perlu, kamu juga bisa membersihkan kuningannya yang memang berguna untuk penghubung baterai ke HP Android. Jika sudah, silahkan hidupkan Android kamu dan lihat hasil yang akan kamu dapatkan.

Mengganti Baterai

Cara mengatasi suhu baterai HP tinggi yang satu ini hanya disarankan untuk smartphone dengan baterai yang bisa dilepas saja, ya. Yakni dengan mencoba terlebih dahulu menggunakan baterai yang lain namun tetap satu merek.

Jika ternyata berhasil, maka kamu dapat langsung menggantinya dengan yang baru. Jika perlu, kamu langsung membeli baterai yang original saja agar bisa bertahan lama dan tak menimbulkan masalah lagi.

Reset HP

Bukan hanya baterai dan juga chargernya saja yang bermasalah, sistem juga bisa menjadi masalah lho, guys. Hal ini disebabkan karena adanya kesalahan pembacaan suhu baterai HP pada sistem, sehingga muncul pesan tersebut.

Oleh karena itu, me-reset HP menjadi salah satu solusi yang bisa kamu lalukan sebab dengan reset HP kemungkinan besar kesalahan pembacaan tersebut akan menjadi hilang.

Lalu, jika masih ada bagaimana? Kamu bisa melakukan cara lain yakni dengan melakukan Flashing. Ini tentunya akan lebih advanced, sehingga sistem akan benar-benar berubah sekaligus fresh kembali.

Servis HP

Jika semua cara mengatasi suhu baterai HP tinggi di atas sudah kamu lakukan namun tidak berhasil juga, itu artinya memang ada penyebab lain yang memang berada di komponen ponselmu.

Karena pada HP terdapat sebuah komponen yang berguna untuk mendeteksi suhu yakni termistor. Umumnya kerusakan yang terjadi pada termistor ini disebabkan oleh beberapa hal. Namun, yang paling sering terjadi yakni memang karena HP yang terlalu sering overheat.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Baterai Tanam yang Bocor

Kerusakan termistor ini akan menyebabkan sensor menjadi tak bisa mendeteksi suhu dengan akurat, dan akan menjadikan HP hanya dapat mendeteksi suhu pada mode rendah atau tinggi saja.

Untuk memperbaikinya, kamu harus membongkar HP kamu dan mencabut serta mengganti komponen tersebut dengan membawanya ke service center terbaik.

Itulah sederet cara mengatasi suhu baterai Handphone tinggi yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,220FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan