Rabu, 5 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik 2 Cara Mudah Menghapus Cache yang Ada di HP

2 Cara Mudah Menghapus Cache yang Ada di HP

RANCAH POST – HP kamu sering lemot? Jangan terburu-buru menghapus suatu aplikasi, ya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya cache yang ada di HP sehingga menjadikan ponselmu lemot. Oleh karena itu, kamu harus melakukan sederet cara menghapus cache di HP.

Mungkin semua pengguna smartphone pernah mengalami HP yang lemot, atau terdapat aplikasi yang tidak bekerja dengan baik. Nah, di sini kamu jangan terburu-buru me-reboot atau service karena bisa saja hal tersebut terjadi karena memang cache di HP sudah penuh.

Meskipun pada dasarnya cache memang mempunyai manfaat yang cukup besar di HP, apalagi dalam hal penyimpanan sementara data-datamu. Namun, jika sudah terlalu banyak tentu saja ponsel kamu itu akan menjadi lemot dan menjadikan beberapa aplikasi tidak bekerja secara maksimal.

Kendati demikian, kamu tak usah khawatir karena kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan tips dan langkah-langkah menghapus cache di HP yang bisa kamu gunakan berikut ini:

Cara Menghapus Cache di HP

Cara menghapus cache satu aplikasi di HP

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan membuka menu Settings/Pengaturan yang terdapat di Hp. Jika sudah, cari dan tap opsi Apps/Aplikasi (ada pula yang bernama Application Manager di beberapa HP).

Cara menghapus cache aplikasi Instagram

  • Pilih aplikasi yang akan kamu hapus cache-nya, khususnya yang kamu rasa cukup banyak memakan memori internal, misalnya Instagram. Maka kamu tinggal klik saja ikon aplikasi Instagram.

Tips dan trik menghapus cache

  • Maka kemudian kamu akan menemukan beberapa opsi. Silahkan klik opsi Storage.

Cara menghapus cache di Handphone

  • Setelah itu, maka kamu tap Clear Cache yang terdapat di sebelah kiri Clear Data.

Cara menghapus Cache dengan cepat

  • Selesai! Maka semua data cache kamu akan terhapus.

Tips menghapus cache smartphone

Cara menghapus cache semua aplikasi di HP

Tips menghapus cache di HP kali ini bisa kamu gunakan jika kamu ingin menghapus cache pada semua aplikasi dalam satu Hp sekaligus. Namun, cara ini akan membutuhkan bantuan pihak ketiga ya, guys.

Aplikasi ketiga yang akan digunakan kali ini ialah CCleaner yang bermanfaat untuk menghapus cache. Aplikasi ini pun sangatlah cocok untuk membersihkan RAM HP kamu.

Langsung aja, berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan, antara lain:

  • Pertama-tama download dan instal aplikasi CCleaner.
  • Jika sudah masuk, maka kamu akan dimintai untuk melakukan otorisasi beberapa izin. Ikuti saja langkah-langkah yang telah disediakan hingga kemudian muncul tanda centang ya, guys.
  • Jika sudah, maka kamu bisa langsung saja tap Start Cleaning.

Cara menghapus cache di HP menggunakan aplikasi

  • Kemudian cara menghapus cache di HP berikutnya ialah aplikasi CCleaner ini akan memproses data-data di HP kamu yang harus dihapus, salah satunya file cache ini.
  • Jika sudah, maka akan muncul notifikasi daftar file apa saja yang harus kamu hapus.

Cara menghapus cache di smartphone dengan CCleaner

  • Jika kamu sudah merasa yakin, tap Finish Cleaning yang terdapat dipaling bawah.
  • Selesai! Maka data file cache kamu sudah terhapus dengan keseluruhan deh! Dan kamu akan mendapatkan notifikasi seperti di bawah ini.

Tips mudah menghapus cache HP

BACA JUGA: Beragam Aplikasi Pembersih Untuk Android

  • Tak hanya cache saja, namun kamu pun akan diberikan pilihan untuk hibernasi aplikasi yang tidak terpakai dan menghapus foto-foto lama. Jika tertarik, maka silahkan tap Next, jika tidak tap simbol silang yang ada di pojok kiri atas.

Nah, demikianlah beberapa langkah dan cara menghapus cache di HP dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,226FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan